Surat Eyang Eni (teruntuk Sri 29/4/1980)

Almarhumah Eyang Eni, Sri Eni Soesatyo is my grandmother.

She is a beautiful mother, a strong and wise woman for her children. And for me, even I only know her for about 5 years, I still remember her. From many ways, she influence me a lot.

This morning I found this letter, a letter that she wrote for my auntie, just 2 month before she passed away. It’s full of love.

This post is dedicated for her.

Semarang, 29-4-80

Sri, anakku sajang

Lajangmu+ duwit Rp 4000 wis tak tompo. Bijen  jo  wis tompo Rp 2000 nang jero lajang.  Jo tak enggo tuku brangkal lan papan.
Ibu ketrimo banget, anak2ku podo ngerti karo Ibu.
Ibu dikabari jen Sri  biso nerusake nang Lampung, jo melu seneng dadi isih biso nerusake sampai biso dadi sardjana.
Sri arep njambi njambut gawe jo sjukur, dadi jen bajarane akeh biso ngirimi Ibu kanggo tuku kangkung lan beras jen duwite Sri turah.
Kapan Sri lan Mas Budi tekan Semarang, bulan Mei?
Mb Gige isih nang Semarang.
O jo, lali ngabari jen Jusuf wis nduwe adik lanang, tgl 3 April djenenge Mohamad Wicaksono
Mb Gige slamet ora opo2 naliko nglahirake adik tjilik si Wicaksono,  tgl 10 Mei bali Plantungan, amargo wis rodo kuwat.
Sri soal beaja SPP kepriye?
Opo jo mbajare isih akeh banget? Ibu mundut kabar.
Sjukur  jen  biso ngabari sak durunge  tgl 8 Mei, dadi Mb Gige biso ngerti soal kebutuhanmu SPP.
Temenan  jo Sri, jen mrene karo Mas Boedi dadi biso plesir Plantungan.
Wis jo Sri, awakmu didjogo supojo sehat2.
Soentjes untuk Mb Nen lan adik.
Untuk Sri dari Ibu, Mas Moch, Mb Gige, Dudi, Jusuf lan adik tjilik.

Ibu Tresno

Sri Eni

Iki ono kirimane Jusuf, gambaran, deweke sing mulas.
Dikirimake Tante Sri, amargo Jusuf wis sekolah TK ketjil di Plantungan

5 Tanggapan

  1. subhanallah..kasih ibu tiada duanya, kasih sayangnya tertanam kuat dlm sanubari kel.besar eyang (membaca coretan tinta eyang Eni spt ikut merasakan era tempoe doeloe)

  2. Yusuf,

    Sebelum om membuka kuitpan surat eyang putri ini … emosi Om udah merasakan kalau om bkala gak tahan membacanya . Yaah bener juga ….. walau sebenarnya isi surat itu sangat biasa dan wajar … ungkapan seorang ibu dalam perjuangan kepada anak nya yang terciinta .. seorang ibu yang menerima kiriman uang dari putri tercinta nya … sangat biasa ..tapai sungguuuhh … dalaam artinya. Om tak kuasa menahan cucuran air mata . Yaah mungkin karena om merasakan kehidupan itu ,… dan belum sempat membahagiakan eyang putri.

    Yusuf… sebenarnya om juga ada beberapa surat eyang putri … nanti kapan – kapan Omm upload ya …

    Semoga teladan Eyang putri dijadikan panutan bagi putra – putri dan cucu dan cicit nya . Amiin

  3. terharu…
    terharu karena aku nggak ngerti bahasanya.
    Jangankan artinya, bacanya aja nggak bisa.. hehehe..
    Untung ada Ibu, jadinya dibacain sekalian diterjemahin sama ibu..
    makasih ya bu…

    Satu hal yang bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua dari isi surat eyang..
    Begitu cepat nilai mata uang itu berfluktuasi..
    Jadi,, hemat-hemat dari sekarang yah..

    ^____^

  4. Hanya satu yang terucap saat baca surat ini, terucap rasa syukur punya Eyang yang begitu besar peranannya dalam membentuk kehidupan kita saat ini.
    Seorang Eyang yang punya perhatian dan upaya besar terhadap pendidikan anak-anaknya dan tentu saja berpengaruh terhadap cucu-cucunya.
    Terlantun doa untuk Eyang Eni Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT.

  5. When i read this I Could not hold my tears.
    Eyang semoga diberikan tempat yang terbaik ya di sisi Allah SWT. Doa cucumu Mohammad Wisaksono buat Eyang. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: