Pingsan, Jangan Dianggap Remeh!(SUARA PEMBARUAN 10/12/2006)

oleh dr. M. Yusuf Suseno

Anda pernah pingsan? Hati-hati. Menurut sebuah studi, seseorang yang pernah mengalami episode pingsan memiliki resiko kematian akibat serangan jantung 1,3 kali lipat dari yang tidak pernah pingsan. Sedangkan apabila riwayat pingsan tersebut benar-benar karena kelainan jantung maka peningkatan risiko kematian dalam satu tahun mendatang meningkat 2 kali lipat! Nah, sekarang Anda boleh menebak, kira-kira apa komentar kebanyakan orang ketika mendengar teman sekantor digosipkan pingsan saat hendak berangkat kerja pada pagi hari?

Lima dari 10 orang mengatakan, ia pingsan karena belum sarapan alias lapar, kurang tidur, dan kecapekan. Sebagian yang lain mengira itu hanya taktik untuk mencari perhatian suaminya yang sudah lama pisah ranjang.

Satu orang berpikir bahwa itu akibat salah minum obat tidur. Dua orang terakhir mengatakan kalau itu gejala lemah jantung. Jadi hampir sebagian besar tidak memikirkan kelainan jantung sebagai masalah utama. Bagaimana menurut Anda?

Mungkin memang Andalah yang benar. Lho, kok bisa? Apa pun jawaban Anda, itu adalah salah satu diagnosis banding yang harus dipikirkan. Karena memang tidak mudah untuk mengetahui penyebab pingsan hanya dari data sekilas info, apalagi gosip.

Dan harus dipastikan kalau teman sekantor Anda memang benar-benar pingsan. Banyak peristiwa yang disebut pingsan, tetapi sebenarnya hanya “pingsan”.

Pingsan didefinisikan sebagai gejala hilangnya kesadaran yang mendadak dan sementara, plus kelemahan otot penyangga tubuh yang kembali normal secara spontan. Vertigo alias pusing tujuh keliling yang menyebabkan jatuh, kepala terasa ringan, perasaan lemah “mau pingsan”, kejang- kejang, semua itu tidak bisa disebut pingsan.

Bahkan setelah dilakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan penunjang pun, masih ada 34 persen dari pingsan yang digolongkan tak diketahui sebabnya (unknown cause). Mengapa? Karena otak adalah organ yang sangat unik. Otak mengonsumsi oksigen secara terus menerus dan membutuhkan sekitar 3,6 ml oksigen per 100 gram jaringan otak per menit. Dan lagi, otak tidak dapat menyimpan energi.

Akibatnya ia tergantung pada kelancaran dan suplai dari pembuluh darah di otak. Ketika aliran darah di otak terganggu, kesadaran akan hilang dalam waktu 10 detik. Ada beberapa mekanisme yang menyebabkan aliran darah di otak terganggu.

Pertama, gangguan dari organ yang bertugas memompa darah, yakni jantung. Kedua, gangguan pada pipa penyalurnya, yakni pembuluh darah. Tidak seperti pipa PDAM yang tidak elastis, diameter pembuluh darah bisa melebar dan menyempit. Apabila terjadi penurunan tahanan yang mendadak, diameternya bisa melebar seketika.

Akibatnya darah tidak tersalurkan dengan baik ke otak, karena terkumpul di tempat lain. Begitu juga kalau ada sumbatan sementara pada pembuluh darah di otak atau penurunan volume darah tubuh. Semuanya menyebabkan aliran darah ke otak berkurang.

Penyebab
Nah, secara garis besar, penyebab pingsan dibagi menjadi dua. Akibat kelainan jantung (cardiac syncope) dan penyebab bukan kelainan jantung. Pembagian ini sangat penting, karena berhubungan dengan tingkat risiko kematian selanjutnya seperti yang telah disebut di atas.Studi yang sama juga menunjukkan bahwa pada pingsan akibat kelainan jantung, tingkat kematian dalam satu tahun mencapai 18-33 persen. Bandingkan dengan pingsan sebab kelainan bukan jantung yang hanya 0-12 persen. Karena itu, meskipun kelainan jantung hanya mendasari sekitar 20 persen dari keseluruhan kasus pingsan, tetapi sejak awal langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyingkirkan ada tidaknya kelainan jantung yang mendasari.Bagaimana caranya? Dari wawancara yang baik, pemeriksaan fisik dan elektrokardiografi (EKG), bisa diduga kemungkinan kelainan jantung yang mendasari. Riwayat penyakit jantung apapun sebelumnya, pingsan yang terjadi saat aktivitas ekstra berat, atau malah sebaliknya saat santai dalam posisi tidur, diawali dengan berdebar-debar, sering sesak napas sebelumnya, dan riwayat keluarga meninggal mendadak, semuanya menjurus ke penyebab dari jantung.
Apalagi bila didapatkan kelainan jantung dari pemeriksaan fisik dan EKG. Ada dua kelainan jantung yang sering menjadi penyebab pingsan.Pertama adanya hambatan pada aliran darah di pompa jantung. Seperti pada pompa air yang katupnya rusak, fungsi pompa jantung pun bisa terganggu dan volume darah yang dihasilkan menurun.Penurunan jumlah darah yang dikeluarkan oleh jantung ini akan menyebabkan penurunan perfusi otak dan memicu pingsan. Hal ini terjadi pada kondisi penyempitan katup- katup jantung, kelainan otot jantung, penumpukan cairan di selaput jantung, tumor dalam jantung, dan lain-lain.

Kedua adalah gangguan irama jantung (aritmia). Bayangkan apabila irama jantung tiba-tiba melambat. Tentu saja terjadi penurunan aliran darah di otak. Begitu pula jika ia memompa terlalu cepat. Pengisian ruang-ruang jantung menjadi tidak maksimal, dan kekuatan pompa menurun drastis. Contoh melambatnya irama adalah sick sinus syndrome (SSS).

Pada SSS terjadi kerusakan sinus, suatu titik dengan otoritas tertinggi dari jantung yang bertugas mengatur irama jantung. Kerusakan ini bisa terjadi akibat proses menua, penurunan pasokan oksigen, atau infeksi. Apabila si jendral pengatur sakit, maka ada beberapa saat di mana irama jantung melambat atau malah terlalu cepat. Saat jantung berhenti berdetak beberapa saat itulah pingsan menjelma.

Karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui seberapa besar risiko jadinya gangguan irama jantung pada seseorang yang mengalami episode pingsan. Adanya riwayat penyakit jantung koroner, gagal jantung, kelainan katup, pemakaian alat pacu jantung atau kelainan jantung bawaan memperkuat dugaan bahwa penyebab pingsan berasal dari kelainan jantung.

Begitu juga faktor lain seperti hipertensi, diabetes, dan riwayat anggota keluarga dengan penyakit jantung atau meninggal mendadak. Perlu dipikirkan juga gangguan irama jantung yang disebabkan obat-obatan jantung yang dikonsumsi.

Pingsan dengan kecurigaan akibat kelainan jantung memerlukan pemeriksaan lanjutan. Konsultasi dengan dokter jantung sangat mendesak. Ekhokardiografi, monitor EKG, dan pemeriksaan elektrofisiologi mungkin diperlukan untuk memastikan diag-nosa dan menentukan terapi selanjutnya.

Bukan Jantung

Bagaimana bila dari hasil wawancara, pemeriksaan fisik dan EKG tidak mengarah ke kelainan jantung? Maka langkah diagnostik akan ditujukan pada sebab lain. Pingsan bisa disebabkan oleh mekanisme vasovagal (vasovagal syncope) atau disebut neurocardiogenic syncope.

Prosesnya terjadi akibat stimulasi berlebihan dan keliru dari sistem saraf vagus (saraf ke-10), yang mengakibatkan respon penurunan tekanan darah secara tiba-tiba dengan atau tanpa berkurangnya frekuensi denyut jantung.

Tiadanya riwayat penyakit jantung, pingsan yang berulang-ulang, terdapat episode kepala terasa ringan, pandangan kabur dan mual muntah 1-2 menit sebelumnya mengarahkan pada pingsan jenis ini.

Contohnya pada kondisi stres emosional, nyeri yang sangat, berdiri terlalu lama, aktivitas di lingkungan yang terlalu panas, batuk, serta saat buang air kecil dan besar. Pingsan jenis ini juga terjadi akibat terlalu pekanya sinus karotis pada leher hingga merangsang reflek saraf vagus, misalnya pada penggunaan baju dengan kerah yang terlalu ketat.

Hipotensi ortostatik, suatu kondisi penurunan tekanan darah dengan perubahan posisi, menjadi salah satu sebab terbanyak dari pingsan. Terutama pada usia muda dan tanpa riwayat penyakit jantung. Saat kita berdiri, lebih dari 0,5 liter darah berpindah ke perut dan kaki.

Seharusnya tubuh merespon penurunan volume darah tersebut dengan meningkatkan kontraktilitas otot jantung, penambahan frekuensi denyut jantung, dan peningkatan tahanan pembuluh darah. Proses menua, diabetes, gagal ginjal, alkohol, infeksi, kekurangan vitamin B12, dan obat-obat tertentu menganggu proses adaptasi tersebut.

Apalagi bila didapatkan penurunan volume cairan tubuh seperti pada kondisi diare, atau peningkatan dosis obat anti hipertensi. Kemungkinan penyebab pingsan yang lain masih sangat banyak.

Kelainan pembuluh darah di otak yang menyebabkan sumbatan sementara bisa memunculkan gejala awal sebagai pingsan.

Penurunan kadar gula darah, kekurangan oksigen, dan hiperventilasi yang ditandai napas cepat dan dalam yang biasanya berhubungan dengan faktor psikologis juga menjadi pemicu pingsan.

Pertolongan Pertama

Apa yang harus dilakukan bila teman sekantor anda pingsan lagi di kantor? Berikut tips pertolongan pertamanya. Baringkan penderita di lantai atau tempat tidur dengan posisi kepala miring. Apabila terjadi di lapangan upacara, carilah tempat yang teduh. Tinggikan tungkainya kurang lebih 20 cm.

Longgarkan pakaian yang ketat agar aliran darahnya tak terganggu. Jangan memberikan apa pun lewat mulut apabila penderita belum sadar. Pastikan bahwa jalan napasnya terbuka, napasnya lancar, dan denyut nadinya teraba kuat dan teratur.

Setelah ia membaik, sarankan untuk menemui dokter keluarga atau ke ruang gawat darurat rumah sakit terdekat. Tetapi bila dalam waktu 10 menit penderita belum mulai sadar, segeralah panggil ambulan atau dokter.

Nah, lepas dari semua mekanisme yang sampai sekarang belum jelas benar, adalah sangat perlu untuk tidak menganggap sepele kejadian pingsan pada seseorang. Risiko kematian yang tinggi pada pingsan akibat kelainan jantung perlu disingkirkan terlebih dulu, hingga terapi yang tepat bisa diberikan sejak dini. Apabila ternyata jantung oke-oke saja, bukankah hati lebih tenang?

About these ads

63 Tanggapan

  1. saya mempunyai skt syncope..
    bgaimana cara menyembuhkannya???????

    putri, sebelum disembuhkan, kan perlu didiagnosis dulu. bisa kirim data lebih lengkap ke : ksatriacahaya @ gmail.com (hilangkan spasi di antara ksatriacahaya dan gmail).

  2. kerena DM saya mengaalami : tekanan darah rendah , hiperventilasi .
    apa penyebab yg saya akan alami bela : tekanan darah rendah dan hiperventilasi

  3. saya mengalami pusing-pusing sejak sd, tetapi frekuensinya jarang, sampai kelas 3 sma (usia 17 tahun) saya pingsan ketika baru bangun dari tidur. Setelah itu saya sering pusing, terkadang sampai pingsan sampai dengan sekarang. saya sering berobat dan konsultasi ke dokter, baik itu internist maupun spesialis syaraf, tapi saya tidak mengerti dan tidak paham, dikatakan oleh internis saya pingsan karena maag, padahal saya makan dengan teratur, bahkan nafsu makan saya tergolong baik. Oleh dokter syaraf saya pernah diperiksa dengan EEG, dan beliau bilang ada fungsi syaraf di otak saya yang terganggu (saya lupa/tidak mengerti bahasa kedokterannya) dan saya diharuskan di cek setiap 6 bulan sekali dan sementara itu saya meminum obat, tapi karena kesibukan kuliah di luar kota saya tidak pernah melakukan re-check sampai dengan saya bekerja sekarang, tetapi yang lebih aneh ketika ke dokter syaraf yang lain +/- 2 tahun yang lalu, beliau cuma bilang saya tidak apa-apa dan ini cuma penyakit wanita yang belum menikah dan akan sembuh sendiri kalau sudah menikah, saya bingung, memang dokter bisa diagnosis seperti itu ya? jadi sampai sekarang (usia 27) pusing dan pingsan seperti sudah jadi makanan sehari-hari, saya tidak tahun persis penyakit saya apa, saya tidak pernah coba ke dokter jantung, yang saya bisa sekarang cuma menjaga agar tidak terlalu lelah bekerja dan menjaga asupan makanan (tidak makan ber-vetsin, mengurangi junk food, dll). Tapi saya ingin sekali sembuh, bagaimana caranya ya?

  4. ada baiknya diperiksakan ke dokter jantung. setidaknya untuk dilihat apakah ada gangguan irama jantung…

  5. dokter, saya mahasiswi umur 22 tahun.begini ceritanya..ketika sy mengikuti ibadah di gereja, tiba-tiba ketika dalam posisi berlutut, sy tak sadarkan diri…tapi hanya dalam waktu sekitar 5 menit saja,,, ketika diangkat pun saya setengah sadar..yg mjd pertanyaan sy, apakah dampaknya dari pernah pingsan? lalu adakah kemungkinan ns pingsan dikemudian hari ?
    trima kasih atas jawaban dokter…

  6. dampak dari pingsan : kalo tidak ada trauma tidak apa2. hanya saja perlu dicari sebabnya. karena hal ini berkaitan dengan mungkin tidaknya pingsan itu berulang.. moga2 nggak lagi ya mbak…

  7. saya pernah pingsan 2 kali baru-baru ini,
    saya sendiri tidak tahu sebabnya, tetapi pada saat
    itu saya sedang flu dan merasa sulit bernafas
    sampai saat ini pun saya masih suka pusing dan
    merasa melayang jika berjalan.

  8. umurku 18thn pertamanya pingsan jarang2 lama2 sering .akhirnya pergi ke dokter syaraf dan kata dokter tsb harus minum obat selama 2thn.akhirnya kita pergi ke dokter jantung dan dokter bilang itu sakit jantung .jantung tersebut harus di operasi tiap 10thn sekali.kata dokter tersebut jantung ini sekarang seperti baterai hanphone yang udah drop dan harus di chas 10thn sekali.sedangkan aku tak ada turunan penyakit jantung.

  9. apa ada solusi lain untuk penyakit tersebut? apa ini benar2 sakit jantung ,karena saya tdk ada ciri2 penyakit jantung tersebut? dan apa jenis penyakit jantung tersebut.mungkinkah diagnosa dokter itu salah?
    saya cek-up di RS Mahkota malaysia

  10. melihat dari ceritanya, mungkin pena menderita penyakit jantung katup. tetapi, ini baru mungkin.
    akan lebih baik kalau pena bisa cerita lebih detail tentang diagnosa dokter tersebut.
    thx.

  11. umur saya 17th.sudah dua X saya mengalami pingsan mendadak. dan itu dikarenakan saya ribut sm cewek saya, tapi saya tidak pernah marah sama ce’ saya, dibenak saya hanya takut kehilangan dia,saya merasa kalo ce’ saya marah sama saya,tubuh saya langsung ngedrop dan tidak sadarkan diri.selain itu juga saya punya penyakit gejala tipus.
    yang saya tanyakan apa saay ada kemungkinan lemah jantung?lalu apa yang harus saya lakukan?

  12. hasil lab :
    HAEMATOLOGY

    WBC = 7.1 IO^3/UL
    RBC = 5.38 IO^6/UL
    Hb

  13. hasil lab :
    HAEMATOLOGY DIFERENTIAL COUNT

    WBC = 7.1 IO^3/UL Neutrophilis 48 %
    RBC = 5.38 IO^6/UL Lymphocytes 38%
    Hb=11.9 g/dl Monocytes 11%
    HCT/DCV = 37.3% Eosnophilis 4%
    MCV =69.3 FI Busophils 0%
    MCH=22.1 pg ABo4Rh-D Typing O Positif
    MCHC = 31.9 g/dl Esr =15 mm/nv
    Platelet Count 300 IO^3/UL RDW = 15.7 %

    SEROLOGY

    TSH 20uIU/Ml
    FT4 13.5 Pmol/L

    * Thalassamia trait
    * Suggest Hb Electrophoress
    apa artinya ? dan apa benar harus pasang alat bantu ?

  14. pena, hasil lab saja tidak cukup untuk mendiagnosa seseorang sakit jantung, apalagi perlu alat bantu.
    apa ada modalitas lain, seperti ECG dan echo ?
    send via email saja ke ksatriacahaya @ gmail.com (hilangkan spasi antara @ )
    semoga membantu :)

  15. saya sering mengalami pingsan ketika habis mandi,udah lima kali saya alami hal ini,pertanyaan saya apa kira-kira yang menyebabkan saya seperti itu,dan bagaimana cara menyembuhkannya,terimakasih .saya tunggu jawabannya.

  16. pingsan habis mandi.
    cuma habis mandi mbak?
    ada gejala yang dirasa sebelum pingsan?
    sudah pernah ke dokter sebelumnya?
    mungkin mandinya kelamaan ?
    just kidding :)

  17. Anak saya umur 17 tahun, setahun belakangan ini sering pingsang. bulan Mei Juni mengalami pingsang ± 6 kali kebanyakan setelah pulang sekolah. Saya belum sempat ke dokter. kira-kira penyebabnya apa?

  18. penyebab pingsan banyak bu. mulai dari masalah jantung, saraf, sampai problem psikologis. maaf, saya tidak bisa menentukan dengan tepat berdasar data yang ibu sampaikan.
    semoga lekas membaik..

  19. Saya mengalami pingsan mendadak hampir 2 kali, saya belum pernah sama sekali mengalami pingsan?saya sudah check darah dan memang Hb saya rendah, tapi setelah 2weeks perawatan, hasilnya masih dibawah normal, tapi trombosit saya naik sampai 461rb, leukosit saya menurun (masih dalam batas normal seh), hematokrit masih dbawah normal..kira2 saya kenapa yach?apakah jantung saya bermasalah?saya pernah EKG sekitar 3-4 bln lalu dengan hasil tidak ada yg mencurigakan..terima kasih

  20. Saya wanita umur 41 tahun, kira-kira 1 tahun yang lalu disaat ke Bank ada keperluan dengan teman-teman tiba tiba saya mendadak mau pingsan (belum pingsan beneran) pikiran sudah melayang tetepai saya sempet minta dibuatkan minum teh manis setelah saya minum kembali normal, 2 hari yg lalu saya kembali mengalami hampir pingsan pikiran sudah melayang, tetapi saya sempat meminta dibuatkan teh manis hangat sama petugas bank (kebetulan posisi saya di bank dan sendirian)
    Apa yang harus saya lakukan …

  21. @ Ndeeth : Salah satu penyebab pingsan adalah karena oksigen ke otak yang menurun oleh karena sebab apapun. Bisa pompanya(jantung), jalannya (pembuluh darah) atau pembawa oksigennya (darah). Mungkin Hb yang rendah menjadi salah satu faktor. Hb yang rendah harus dicari faktor penyebabnya dan diatasi. Semoga cepat membaik.

    @ Mariana : Pada usia 41 ada baiknya melakukan general check up. Laborat, foto, EKG, bila perlu treadmill. Semoga mendapat jawaban.

  22. saya sering mengalami pusing-pusing ketika bangun tidur,sejak kelas 1 smp sampai sekarang kelas 2 smp (13 tahun) tetapi belum pernah pingsan sekalipun, pernah waktu itu hampir pingsan sehabis suntik imunisasi saat kelas 6 SD,sampai skrng blm diperiksakan ke dokter,kata orang tua saya darah rendah. kira kira penyakit apa dok? kalo boleh jawabanya Email ke dikkipunks@gmail.com atau radityadikki@mig33.com terimakasih jawabannya

  23. saya siswi berumur 16 thn,waktu smp dulu saya pernah jatuh dari kereta karena di bonceng kakak saya.Waktu itu pagi2 mau pergi sekolah,terus kereta kami mau diserempet mobil jantung saya saat itu berdetak sangat kencang,secara gak sadar saya udah ada di atas aspal jadi saya jatuh donk dari kereta sementara kakak sayamasih di atas kereta.semenjak saat itu kalau ada sesuatu yang saya rasa tidak nyaman maka secara otomatis jantung saya berdetak sangat cepat dan aliran darah saya rasanya juga lebih cepat mengallir.menurut dokter saya kenapa ya?apa saya terkene kelainan jantung? karena selain itu tangan dan kaki saya juga sering basah…tu ada hubungannya gak? tolong ya dokter dijawab…

  24. @ Dikki S : sering pusing yang dialami belum tentu karena darah rendah atau penyakit jantung. Bisa karena kelainan sistemik maupun saraf, atau psikologis. Atau cuma karena kelelahan. Coba deh periksa ke dokter.

    @ Hani : Denyut jantung sering berdebar kalau ada stressor itu wajar saja. Tidak usah khawatir. Tentang kaki dan tangan yang berkeringat saat ada stressor, bisa saja.

  25. dok, minggu lalu saya hampir mengalami pingsan setelah sebelumnya sedang mengantri panjang di teller bank. Gejalanya badan tiba2 merasa dingin dan mual2 serta darah serasa naik ke kepala..dan mata sudah berkunang2..saya segera mencari tempat duduk, dan keringat dingin langsung mengucur …Saya ingin menanyakan apakah ini ada kaitannya dengan jantung saya ?atau hanya karena riwayat tekanan darah saya yang rendah?mohon penjelasannya Dok. Terimakasih.

  26. gini ceritanya…baru aja tadi malem saya pingsan di kamar mandi…saya kebangun pas jam 3 dinin hari…gara2 kebelet pengen buang air kecil… namanya kebelet..yah saya langsung bangun n berjalan membabi buta ke kmara mandi…eh pas lagi buang air..tiba2 saya kerasa lemes banget…dan sadar2 saya udah di lantai kamar mandi…sadar tanpa ada yang nolongin lagi padahal ada yang denger gedubrak gitu..tapi kirain mereka ada yang kepleset….. menurut laporan teman saya, saya pingsan berdurasi sekitar 45 menit..( wow.. crazy exprnce )… saya cuma pengen tau…kira2 kenapa ya saya kok pingsan gitu…padahal sebelumnya gak pernah sama sekali lho….
    mudah2 an bisa membantu!! terimakasih

  27. apa ada hubungan pingsan dengan epilepsi (pingsan tanpa kejang)

  28. saya suka pingsan (1-2 kali tiap tahunnya) sudah medical cek up lengkap s/d mri hasilnya bagus kecuali hasil eeg, dan dikatakan epilepsi (padahal pingsanya tanpa kejang) dan pada artikel epilepsi yg saya baca (lebih dari 10) tidak ada 1 pun yang mengatakan gejala epilepsi adalah pingsan. saya pengen tau bagaimana dg kondisi ini?

  29. Rina : bisa karena jantung, bisa juga tidak. Ada baiknya periksa ke dokter. Btw, Anda sedang sakit saat itu, atau belum sarapan?

    Misban : tidak sadar yang cukup lama, lebih baik dicek lengkap. Ke dokter spesialis saraf dan jantung saja.

    Cewek : Terus terang saya tidak begitu ahli tentang epilepsi. Mohon konsultasi dengan ahli saraf ya..

  30. saya mau tanya?
    kalau orang dalam sehari bisa pingsan 5 sampai 10 kali…itu penyebabnya apa?
    apalagi kalau dibawa melamun pasti langsung jatuh pingsan…anehnya ga sampai 5 menit sudah sadar lagi…mohon penjelasan…email saya : kokareyan@gmail.com

  31. penyebab pingsan banyak.
    bisa karena gangguan jantung, bisa syaraf, bisa cuma karena kurang makan (hipoglikemia)
    melamun pasti langsung pingsan?
    ke dokter saja ya.. siapa tahu nggak melamun lagi.. :)

  32. aq sering bgt pingsan,knp ya???
    kadang2 d awali dgn detak jantung yg sangat kencang kemudian melemah dan akhirnya pingsan……….
    trus kadang2 d awali dgn sakit kepala dan sdh ada firasat kalau sebentar lg sy bakal pingsan……
    padahal sy sudah berusaha untuk berfikir positif sy tdk akan pingsan,tp ujung2nya sy pingsan jg………….
    itu knp ya????
    tx be4;)

  33. oya hehe kl bs tlg balas k email ku ya pak dokter yg baik……………
    id_muslimah@yahoo.com

  34. apa bener ada org yg begitu melihat darah sendiri bisa pingsan ?

  35. umur saya 20 th sekarang kuliah semester 4..dari SMA kelas2 saya mulai mengalami pingsan,awalnya jarang tapi makin lama makin sering dan sudah menjadi makanan sehari-hari. setiap berobat, kata dokter itu tidak apa-apa. baru minggu kemarin saya dianjurkan untuk berobat ke dokter saraf dan dinyatakan menderita epilepsi. yang saya bingungkan saya hanya pingsan dengan frekuensi yang sangat sering dan tidak disertai dengan kejang-kejang.
    gejala yang saya rasakan itu kepala saya sering pusing dan sakit, tangan dan kaki dingin, kesemutan, dan pandangan menjadi gelap ketika saya mau pingsan.
    selain itu saya menjadi orang yang pelupa, semakin saya ingat kepala saya akan semakin sakit.
    pertanyaan saya, sebenarnya saya sakit apa??

    pro resi : ada baiknya resi pergi ke dokter lain untuk meminta second opinion jika ragu2.. ke spesialis saraf atau neurolog. thx.

  36. salam kenal. Kalo saya bukan dokter tapi insan yang mencoba mencari tahu tentang ilmu kedokteran, boleh kan? mohon ijin untuk menyunting tulisan ini ke dalam blog saya yeah,… yeah,.. yeah,….

  37. dok,saya wanita 17 tahun. Akhir-akhir ini saya sering merasa sesak napas dan akhirnya kepala saya pusing sekali disertai dengan rasa mual. Padahal dulu saya tidak pernah mengalami gejala seperti itu. Tolong dijawab ya dok. Terima kasih

    ada banyak hal yang menyebabkan sesak nafas disertai pusing dan mual. bisa kecapekan. bisa kurang darah (anemi), dll. coba cek ke dokter biar tahu apa penyebabnya…

  38. dok..adik saya perempuan usia dia 19 thn.dia sering sekali pingsan,apalagi kalau lagi sakit pasti sering banget.pernah saya bawa dia ke dokter saraf dan di periksa ke lab dan hasilnya normal.lalu apa yang di derita penyakit adik saya sampai sering banget pingsan..terima kasih.

    coba periksa jantung. siapa tahu ada gangguan..

  39. iiihhhh cuman cari perhatian doank gt supaya digendong

  40. mau tau dunkz 3 modalitas pemeriksaan ekho yang terdiri dari
    2 dimensi, M-mode, sama doppler

  41. Dok……usia saya 14 tahun. Sekarang saya kelas 3 smp. Padahal dari sulu hingga kelas 1 smp saya belum pernah merasakan pingsan. Tapi baru setahun 1/2 terakhir ini saya merasakan 2x pingsan. Pertama saat saya sedang upacar di sekolah ( wajar), lalu saat sedang belajar sambil duduk, tiba-tiba pingsan. Saya belum mencoba periksa ke dokter. Tapi jika terasa hampir pingsan sih sering. Terutama saat bangun tidur dan setelah duduk/jongkok. Setelah itu, kepala saya terasa ringan, terasa terbang, dan pandangan gelap serta kabur. Namun saya berusaha untuk tetap tenang dan bertumpu pada pegangan yang ada. Kata orang2 sih, itu gejala kurang darah, tapi..ya bisa dibenarkan juga bisa disalahkan. Tolong dijawab ya, dok. Terima kasih….

    Saya rasa ada baiknya Dik Ajizah pergi ke dokter. Insya Allah mendapatkan jawaban…

  42. @Ajizah: gejalamu sama kaya aku…

  43. Assalamu’alaikum wr..wb doc…
    wah saya sangat senang sekali dengan adanya blog ini..sangat bermanfaat.
    doc, saya mempunyai 2 teman bisa dikatakan penggemar pingsan. hampir tiap hari selalu pingsan, bisa dikatakan 5 dari 7 hari selalu pingan. tekadang bisa2 kali sehari. saya sudah menyarankan untuk pergi ke dokter, tapi menurut teman saya berdasar diagnosis dokter tidak apa2, hanya . kurang makan sayur. saya bingung harus meminta diangnosis dokter apa, karena menurut saya ini tidak wajar. adakah hubungan antara pingsan dengan kebiasaan gonta-ganti “pasangan”?terima kasih sebelumnya atas sarannya ya doc…
    wassalam……….

    @amel : coba ke dokter spesialis saraf. mungkin bisa mendapat jawaban. dan tidak ada hubungannya dengan ganti2 pasangan…

  44. Assalamu’alaikum wr..wb

    Dok, saya punya teman laki-laki, jika ada masalah berat tiba-tiba dia pusing dan sering ditahan sampai-sampai gigit lidahnya sampai lidahnya berlubang karena digigit terus pingsan dan lama pingsan sampai 30 menit bahkan bisa 1 jam.Ayahnya penderita asma,,,sebenarnya di punya penyakit apa ya dok….

    Wa’alaikum salam…
    Sepertinya ada hubungannya dengan kondisi psikologis.. Coba ke dokter umum untuk diperiksa, jika secara fisik normal, bisa ke psikolog atau psikiater..

  45. tadi aku pingsan,kata teman teman aku awalnya kaget. terus kata temanku pingsanku itu pertama sesak nafas…itu terjadi setiap aku pingsan.gimana nih,apa penyebabnya????

    mungkin karena psikis. silakan ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut..

  46. RASA TAKUT YANG BERLEBIHAN TERHADAP JARUM SUNTIK APAKAH BISA MENYEBABKAN PINGSAN.
    KALAU BISA MENGAKIBATKAN PINGSAN ,KO BISA?BAGAIMANA PROSES TERJADINYA PINGSAN

    @AYNI : bisa saja. namanya pingsan psikogenik. prosesnya karena vasodilatasi pembuluh darah tiba2..

  47. Kemarin lusa teman saya asmanya kambuh dan langsung pingsan. esoknya, dengan orang yang sama, dia merasa da2 nya sakit dan langsung pingsan gituh…
    penyebabnya apa ya?? pencegahan supaya ndak pingsan gimana yach?? Thx yang dokk

    Fhydha Tazkia Angraini Fortuna

    sepertinya bersifat psikis, tapi bisa juga lebih serius. silakan ke dokter ya..(bisa penyakit dalam or neurolog)

  48. Dok, saya prnah pingsan 2 kali di dlam kamar mandi..
    Saya merasa krna posisi yg brubah dari jongkok lalu berdiri, stelah itu lngsung saya pusing,nafas sesak, pandangan gelap, lalu jatuh dan tak sdarkan diri (namun hnya kurang dari 1 menit)..

    Saya jg sring mrasakan hal yg sama, ketika bangun dari posisi tidur atau duduk,namun tidak sampai jatuh hanya sampai pndangn gelap..

    Saya jg sering mrasa sakit di bag. Sekitar dada & jantung, sngat sakit apalagi jika mnarik nafas…
    Kira2 saya sakit apa?
    Thnks dok..

    dear kiki, pingsan tersebut bisa karena respon perubahan tekanan darah yang kurang baik. coba jaga kesehatan, makan dan minum yang bergizi.

  49. Hallo dokter…
    Dari kecil saya sering pingsan tiba-tiba. Gejalanya yaitu jantung berdebar-debar kemudian merasa dingin di tengkuk lalu semuanya menjadi gelap. Saat konsultasi ke dokter, hanya didiagnosis sebagai kelelahan, tapi saya pernah pingsan juga meski dalam kondisi yang tidak lelah dan baik-baik saja, bahkan saya pernah pingsan saat posisi duduk. Benarkah pingsan ada kaintannya dengan penyakit lupus dok? saya jadi takut karena saya juga sering merasa nyeri di punggung…
    thx.

    pasien lupus bisa mengalami pingsan. misalnya jika ada anemia, gangguan jantung dll. jika sering berdebar dan nadi tak teratur, silakan ke dokter jantung..

  50. Saya senang membaca karena saya pernah juga pingsan

  51. aslm.
    dok saya mau tanya ni soal tmn saya,dia cwe mnrt critanya sjak sekolah dlu dia sering pingsan dok.nah stlah pingsan yg terakhir pda bulan lalu juli 2010 lngsng dibwa ke RS ternyata dia (+) usus buntu.nah lngsng tu dok tmn sya dioperasi,next selang 1 bulan kemudian dia pingsan lg dok.nah pas dicek ke dokter lg katanya cuma demam biasa dok. mnrt dokter dia msh mnyimpan kelainan pnyakit lg gak ya dok?
    sblmnyA terima kasih dok. ditunggu jwbanya dok.

    tiyo, penyakit usus buntu jika ditangani di saat yang tepat biasanya tuntas dan tidak membawa gejala sisa.

  52. gini ceritanya…baru aja tadi malem saya pingsan di kamar mandi…saya kebangun pas jam 3 dinin hari…gara2 kebelet pengen buang air kecil… namanya kebelet..yah saya langsung bangun n berjalan ke kmr mandi…eh pas lagi mau buang air kecil tiba2 saya kerasa dada saya sesek tp saya sempet pegangan bak kmr mandi,,keringet dingin keluar …dan sadar2 saya udah di lantai kamar mandi…sadar tanpa ada yang nolongin lagi padahal ada yang denger gedubrak gitu..tapi kirain mereka ada yg nabrak ember….. menurut istri saya, saya pingsan sekitar 5 menit..… saya cuma pengen tau…kira2 kenapa ya saya kok pingsan gitu…padahal sebelumnya gak pernah sama sekali lho….
    terimakasih

    biasanya ini yang disebut vasovagal syncope. biasanya tidak terlalu berbahaya. namun jika hal ini berulang, silakan periksa ke cardiologist/neurologist.

  53. Halo dok, saya Vita yang mengirim pertanyaan pada tanggal 14 April..kalo saya ingin melakukan medical check up, jenis medical check up apa yang harus saya ambil..terima kasih

    untuk mendeteksi adanya gangguan jantung biasanya diperlukan cek pemeriksaan fisik, ekg, foto toraks dan treadmill.

  54. Saya punya kakak sudah punya anak 2, usia kakak saya itu 43 tahun, akhir2 ini sering pingsan tiba2. dan seringnya itu di kamar mandi..pernah tahun lalu di toilet gedung pernikahan saudara, yang terakhir di kamar mandi rumahnya itu sekitar 3 hari lalu..sudah pernah medical check up tapi ga ada apa2 katanya..kira2 kakak saya itu kenapa ya Dok ? dan sering kakinya atau pahanya biru2, katanya sih itu muncul kalau dia kecapean..aku takutnya dia penyakit jantung tapi ga ketahuan…

    ada riwayat turunan dari ibu memang darah tinggi..

    mohon infonya dok..terimakasih

    @Rita : pingsan saat di toilet lebih sering bukan karena penyakut jantung. bisa saja suatu vsaovagal syncope.

  55. Dok, saya pny tmn dia prnh suatu hari pingsan sampe hampir 3 hari, mnrt anda itu di sebabkan karena apa? dan termasuk penyakit apa?

  56. dok, saya berusia 18 tahun skrng, sejak 3 taun yg lalu saya sakit dan hrs dicek drh, dll. kta dokternya pd waktu itu, saya sakit ginjal. smnjak itu saya ga bs brenti mnum obt. saya sering pinsan, dlm sblulan, kmungkinan pingsan bs 7 kali atw lbh.. smnjak itu saya sering sakit2n, kalau pingsan, ga prnah sbntar, saya sampai serasa mati. krn nafas saya ga beraturan, sblum pingsan, yg saya rasakan perut saya sakit bgt, jantung saya berdebar cpt sprti habis lari, trus tb2 melemah, pndngan kabur dan gelap, pusing.. badan saya sprti melayang tak bertenaga. bbrapa bln kemarin saya dipaksa berobat ke dokter internis. kta’y pada saat itu, magh saya sudah kronis, utk kesembuhan sangat kecil. dan sudah sampai ke lever. dan kmudian saya hrs minum obt tiap hari. tp saya suka bandel krn saya cape mnum obat trus.. sedangkan sakit pada perut dan dada masih sering trjadi.. sebenernya saya sakit apa yah dok? dan akhir2 ini saya tdk nafsu makan krn mual.. mohon jawabannya..terimakasih

  57. Ass
    dok saya berumur 13thn, saya selalu pingsan dan setelah pingsan itu tiba-tiba saya selalu merasa sesak nafas,dan saya jga suka pusing tiba-tiba,dalam sebln saya bisa pingsan 6x, apa kah itu juga termasuk penyakit jantung?

    dan jantung saya juga suka tiba-tiba menjadi berdetak cepat dan saya juga merasa lemas, dan jika saya melakukan aktivitas yg tdk terasa berat tetapi saya selalu merasa letih terkadang saya juga tiba-tiba menjadi sesek nafas gitu loh dok, apakah ada kaitan nya dok dengan penyakit jantung??
    tolong yah dok, terimakasih.

  58. dokter,usia saya 22 th, 2 hari yg lalu saya pingsan ketka pidato dikelas, disebaabkan grogi, pingsan itu adalah kejadian ke 6 kali dalam diri saya setap kali jantung saya berdetak cepat,,selama ini saya belum pernah periksa ke dokter,,hal apakah yang harus saya lakukan agar jantung saya tidak mudah berdetak sangat cepat, sehingga saya tidak mudah pingsan dok?

  59. usia saya 16 tahun, sejak kelas dua smp, saya menjadi seirng pusing lalu pingsan, apalagi jika terlalu lelah, saya jg kurang bisa berkonsentrasi keras, kira2 penyebabnya apa ya? terimakasih

  60. usia ank sy skrg 7thn, dr usia 3thn ank sy mengalami pingsan sudah 4x ,2x mengalami kejang tetapi cuma sebentar ,sesudah pingsan bangun segar kembali ,ada apakah dgn ank sy ya dok.. apa sy harus prikasa ke dokter saraf? terima kasih sebelumnya..

    Ke Spesialis Neurologi Anak bu..

  61. kalo aku pingsan waktu liat darah…kakakku(Bryan) pernah ngliat film horor yang ada adegan pembunuhan yang tiba-tiba aja mengalir darah, nah kebetulan aku ikut liat filmnya. ngga tau kenapa, kepalaku langsung pusing banget, ya langsung aja pingsan, kok bisa kaya’ gitu ya????

  62. usia saya 23 tahun….2 tahun terakhir saya sering pingsan.. tapi 4 bulan belakangan ini saya kerap sekali pingsan dalam 1 minggu bisa pingsan 3x…dan kepala saya tersa sakit,,saya takut mau periksa ke dokter saraf..trima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 809 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: