Nyeri Dada = Serangan Jantung ?(Kompas, Jumat 28/4/06-tulisan pertamaku di media..)

oleh M. Yusuf Suseno

Mungkin saat itu Anda tengah menonton final sepak bola piala dunia 2006, atau makan malam bersama seorang klien sangat penting, ketika tiba-tiba Anda merasa sensasi rasa nyeri pada dada. Anda berusaha melupakannya, tetapi ternyata rasa nyeri tersebut makin mengganggu. Saat itu mungkin sekali Anda mulai panik.

Apakah ini serangan jantung? Haruskah saya segera pergi ke UGD? Apa yang harus dilakukan selama perjalanan ke sana? Akankah saya bertahan? Bagaimana kalau rasa nyeri ini sebenarnya bukan apa-apa?

Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin saja menimpa diri kita suatu saat. Dan ternyata cukup sulit bukan menjawabnya? Selain karena kita tidak tahu, tetapi kadang karena kita terlalu takut. Kita tiap sore disuguhi sinetron di televisi, dan di sana kita melihat seorang tokoh jahat menggelepar di akhir episode sambil memegang dadanya, dan tamatlah sinetron itu dengan akhir yang bahagia. Akankah kita tamat seperti sang tokoh jahat di sinetron? Semoga tidak.

Nyeri dada atau chest pain sebenarnya adalah suatu sensasi rasa nyeri pada dada, suatu area antara leher dan perut, yang mengganggu seseorang.

Gejala ini sering menjadi alasan seseorang datang ke ruang UGD rumah sakit. Dan hampir setiap pasien datang dengan segumpal pertanyaan di kepala. Berita baiknya adalah : tidak setiap nyeri dada disebabkan karena serangan jantung.

Penyebab Nyeri Dada
Mengapa begitu? Karena rongga dada memang terdiri atas berbagai organ. Yang paling memakan tempat adalah paru-paru dan saluran napasnya, kemudian jantung, dan tentu saja saluran pencernaan atau dalam istilah medis disebut esofagus, yang menghubungkan kerongkongan dengan lambung kita. Dan jangan lupa, di luar itu terdapat otot, tulang, syaraf serta kulit yang membungkus rongga dada kita. Jadi memang sangat nalar apabila nyeri dada tidak selalu disebabkan oleh penyakit jantung.

Lantas bagaimana membedakan antara satu dengan yang lainnya? Tentu saja hal itu tidak mudah bagi seorang awam. Bahkan dokter pun perlu belajar bertahun-tahun, itu pun tidak selalu menjamin, bahwa ia bisa membedakan sumber penyebab nyeri dada pada pasiennya. Intinya adalah pada menyingkirkan diagnosis banding dari tiap gejala, hingga kita bisa mendapatkan suatu diagnosis yang paling sesuai dengan gejala dan tanda yang ada. Dan karena nyeri dada sebagian besar bersumber dari kelainan dalam dada, maka kita perlu tahu, bagaimana sifat nyeri dada yang terjadi bila masing-masing organ tersebut terganggu.

Cara Kerja Jantung
Jantung adalah organ yang secara normal terletak di dada bagian kiri, dan berfungsi bagaikan tukang pompa darah ke seluruh tubuh. Jantung sendiri juga membutuhkan suplai darah agar bisa bekerja dengan baik. Suplai darah untuk jantung dilakukan oleh pembuluh darah jantung yang disebut arteri koroner. Apabila terdapat kekurangan suplai darah ke salah satu bagian otot jantung, otot yang kekurangan darah tadi akan bereaksi nyeri di dada. teriakan otot jantung yang merasa dizhalimi tercermin dalam reaksi rasa nyeri di dada yang khas.

Nyeri akibat penyempitan maupun pembuntuan arteri koroner bersifat mendadak, terasa seperti mencengkeram, menekan, meremas, ataupun rasa terbakar. Kadang digambarkan seperti ditimpa benda berat, atau layaknya diikat oleh seutas tali di seputar dada. Serangan nyeri yang sangat khas tersebut sering disebut Angina.

Lokasi nyeri biasanya di bagian tengah dan kiri dada, sering dengan penyebaran ke lengan kiri, leher maupun dagu. Lama rasa nyeri bisa berlangsung kurang lebih sepuluh sampai dua puluh menit, dan sering timbul pada saat sedang melakukan aktifitas fisik maupun emosi. Karena kuantitas nyeri yang sangat, sering menimbulkan rasa cemas yang sangat pula. Anda yang pernah mengalami hal ini sebelumnya, mungkin akan lebih tenang. Apalagi bila pernah mendapat obat mujarab dari dokter bernama nitrogliserin atau isosorbid dinitrat. Anda boleh menaruhnya di bawah lidah, sambil duduk menenangkan diri.

Sayangnya ada beberapa kondisi dimana rasa nyeri terus berlanjut hingga lebih dari 20 menit. Hal tersebut menandakan bukan lagi sekadar penyempitan, tetapi telah terjadi penyumbatan arteri koroner yang terus berlanjut. Yang akhirnya menyebabkan terjadinya kerusakan pada otot jantung yang disebut sebagai serangan jantung atau Infark Miokard Akut.

Mari kita lihat diri Anda saat ini. Apakah Anda seorang perokok? Memiliki riwayat darah tinggi atau kencing manis? Anda seorang laki-laki usia lebih dari 40 tahun, berperawakan gemuk dan karena kesibukan kantor jarang berolahraga? Atau Anda wanita yang telah mengalami menopause? Dan ternyata, setelah diingat kembali, ada saudara dekat yang meninggal karena serangan jantung. Kalau salah satu jawabannya adalah ya, ada baiknya mulai berhati-hati. Semua itu adalah faktor-faktor resiko yang menunjang terjadinya serangan jantung.

Apa yang harus dilakukan apabila Anda mendapatkan nyeri dada seperti itu? Apalagi dengan faktor resiko yang memang belum sempat diperbaiki? Pertolongan yang cepat dan tepat dari dokter sangat dibutuhkan pada kondisi seperti ini. Telponlah ambulan, atau segeralah ke Unit Gawat Darurat (UGD) !

Dokter UGD akan melakukan wawancara sembari memeriksa kondisi Anda secara umum. Jangan berburuk sangka dengan menuduh dokter bersikap lambat dengan mewawancarai anda. Perlu Anda ketahui, bahwa hampir 80% diagnosis dapat ditegakkan melalui sebuah wawancara yang baik. Berikut hal-hal yang mungkin ditanyakan oleh dokter Anda.

Pertama, lokasi nyeri dan penyebarannya. Apakah nyeri berada di dada sebelah kiri dengan penyebaran ke leher, lengan kiri atau rahang? Kedua, sifat nyeri. Apakah bersifat seperti diremas-remas, seperti ditimpa beban berat, atau ditusuk-tusuk? Ketiga, lama dan frekuensi nyeri. Nyeri yang bersifat mendadak dan berat serta berlangsung lama biasanya berhubungan dengan kondisi yang cukup serius. Keempat, faktor-faktor yang mempengaruhi rasa nyeri. Apakah nyeri memberat pada aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga atau bekerja? Kelima adalah gejala lain yang menyertai nyeri dada. Keluhan penyerta yang dicari adalah adanya batuk, sesak, berdebar-debar, bengkak pada kaki, mual atau muntah.

Setelah itu akan dilakukan rekaman elektrokardiografi (EKG). EKG adalah rekaman dari arus listrik jantung. Rekaman ini akan memberi informasi kepada dokter kondisi secara umum dari jantung Anda.

Sayangnya ada beberapa kondisi kerusakan otot jantung yang tidak terwakili dari EKG. Untuk itu dokter perlu melakukan pemeriksaan laboratorium dari darah Anda, yakni diperiksa suatu enzim yang akan meningkat apabila terjadi kerusakan otot jantung. Enzim itu bernama Troponin dan Creatin Kinase-Myocardial Band (CKMB). Berdasar data itu seharusnya dokter telah bisa menentukan apakah nyeri dada Anda berasal dari gangguan jantung atau tidak. Apabila ya, maka diperlukan konsultasi dengan seorang ahli jantung atau cardiologist.

Pilihan terapi pada penyumbatan arteri koroner yang bersifat akut ada dua. Pertama adalah Percutaneus Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA) atau sering disebut stenting, yakni pelebaran secara mekanik dari pembuluh darah jantung. Kedua, adalah diberikan obat trombolitik. Yakni suatu jenis obat yang bertujuan mencairkan gumpalan darah (trombus) yang menyumbat pembuluh darah jantung. Pilihannya akan disesuaikan dengan kondisi fisik pasien, waktu, keuangan, dan sarana yang terdapat di RS tersebut. Jangan ragu-ragu untuk bertanya pada ahli jantung Anda.

Kadang jika kondisi memaksa, dokter jantung akan memberikan pilihan bedah jantung. Operasi ini disebut coronary artery bypass grafting (CABG). Namun tentu saja diperlukan pemetaan arteri jantung melalui angiografi koroner.

Paru-paru
Organ dalam rongga dada selanjutnya adalah paru-paru. Paru-paru Anda mengisi rongga dada dan berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dengan udara luar. Karenanya paru-paru cukup rentan mengalami iritasi dan infeksi. Apabila paru-paru mengalami infeksi, walaupun jarang, rasa nyeri bisa saja timbul. Tetapi tidaklah sedahsyat seperti pada serangan jantung.

Nyeri terutama saat batuk, disertai demam tinggi, dan dan terdapat dahak kental yang berwarna kuning kehijauan atau kemerahan seperti karat. Gejala seperti ini menjurus pada keradangan akibat infeksi pada paru-paru yang disebut pneumonia. Sedangkan infeksi pada bronkus atau pipa penyambung dari tenggorokan ke paru-paru disebut bronkitis. Pada kelainan ini dahak yang terbentuk biasanya masih putih dan nyeri terasa seperti adanya lecet di belakang tulang dada bagian tengah.

Paru-paru juga dilapisi oleh selaput tipis yang disebut pleura. Selaput ini berfungsi untuk memisahkan paru-paru dengan dinding dada dan organ lain di dalam rongga dada. Apabila terdapat nyeri dada yang bersifat tajam seperti diiris, bertambah saat bernapas dalam atau batuk, dan hanya menimpa salah satu sisi dada, maka bisa dicurigai terlah terjadi peradangan pada pleura atau pleuritis. Semua kelainan paru di atas seharusnya ditangani oleh dokter.

Silakan menelepon dokter keluarga Anda, tanyakan kapan Anda bisa bertemu. Mungkin diperlukan pemeriksaan foto dada dan konsultasi dengan seorang ahli paru atau pulmonologist untuk penyakit yang telah lanjut.

Pada kondisi lain yang agak jarang, bisa terjadi penyumbatan pembuluh darah di paru atau disebut dengan emboli paru. Sifat nyerinya datang secara mendadak, diikuti oleh penurunan tekanan darah dan sesak. Kondisi ini memang mirip dengan kelainan pembuntuan pembuluh darah pada jantung atau Infark Miokard Akut. Anda tidak perlu pusing memikirkannya. Segeralah ke UGD untuk mendapatkan pertolongan. Semakin cepat semakin baik.

Esofagus
Nyeri dada akibat peradangan esofagus disebut esofagitis. Gejalanya adalah rasa nyeri saat menelan makanan. Bisa juga nyeri terjadi akibat berlebihnya asam lambung, suatu kondisi yang sering disebut gastritis, dimana gejala yang tersering adalah nyeri ulu hati.

Pada beberapa kasus, rasa nyerinya dijalarkan ke bagian dada. Anda bisa mencoba mengurangi rasa nyeri akibat kelainan di atas dengan makan makanan yang lebih lembut, minum susu, maupun minum obat maag yang dijual bebas. Tetapi pada beberapa kondisi, terutama bila nyeri berlangsung lebih dari dua minggu, mungkin sekali diperlukan konsultasi dengan seorang dokter ahli saluran pencernaan atau gastroenterologist. Ia akan memberikan terapi tambahan, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi atau teropong lambung untuk melihat kelainan pada esofagus atau lambung Anda.

Penyebab Lain
Bagaimana bila nyeri terjadi setelah bekerja terlalu keras, olahraga berat atau terbentur sesuatu? Mungkin sekali nyeri dada Anda tersebut terjadi akibat kelainan pada otot dan tulang dinding dada.

Biasanya nyeri bertambah berat dengan pergerakan atau perubahan posisi tubuh. Anda boleh mencoba mengurangi nyeri tersebut dengan obat anti rasa nyeri yang biasa Anda minum. Tetapi bila nyeri menetap atau bertambah berat, ada baiknya Anda menemui dokter keluarga Anda. Mungkin diperlukan pemeriksaan rontgen dada dan tulang belakang, dan konsultasi pada seorang ahli tulang apabila terdapat kelainan tulang, atau seorang ahli bedah syaraf apabila terdapat syaraf yang tertekan.

Penyebab yang lain adalah kelainan kulit. Sebelumnya mungkin terdapat kelainan di kulit yang berbentuk seperti gelembung dengan dasar kemerahan yang mula-mula terasa pedih. Mungkin itu adalah nyeri akibat infeksi pada kulit akibat virus yang disebut Herpes Zoster. Sayangnya obat anti virus belum dijual secara bebas, tetapi sementara anda menunggu bertemu dengan dokter, Anda boleh mengurangi rasa nyeri dengan obat anti rasa sakit.

Penyebab nyeri dada yang juga cukup sering adalah faktor psikis. Salah satunya adalah serangan mendadak disertai nafas dangkal yang cepat, rasa tertekan di dada, dan mungkin didahului oleh stress emosional yang cukup berat. Apabila penderita masih muda dan tidak ada faktor resiko untuk terjadinya penyakit jantung, sangat mungkin ini adalah suatu kondisi hiperventilasi. Cobalah untuk duduk tenang, atur pernapasan, bila perlu gunakan kantong kertas kosong yang dikenakan secara longgar pada hidung dan mulut. Usahakan untuk bernapas secara perlahan. Apabila tidak berhasil, Anda perlu bertemu dengan dokter sesegera mungkin.

Nah, tidak sulit bukan? Cermati gejalanya, dan pikirkan penyebab yang paling sesuai. Kini Anda bisa menjadi ‘dokter’ untuk diri Anda sendiri. Bila masih ragu-ragu, langkah terbaik adalah luangkan waktu untuk bertemu dokter sungguhan. Apapun hasilnya, minimal Anda mendapatkan tidur yang nyenyak malam nanti. Amin.

http://kompas.com/kompas-cetak/0604/28/kesehatan/2612078.htm

246 Tanggapan

  1. terima kasih banyak. tulisan ini sangat membantu. saya berusia 29 tahun. sudah satu minggu ini saya terkena flu & batuk, lalu sejak kemarin sore sampai siang ini mengalami nyeri dada kiri atas terus menerus, rasanya seperti salah urat/ kecethit & ditimpa beban berat. memang tidak terlalu sakit, tetapi mengganggu aktivitas. sejujurnya saya takut untuk periksa ke dokter. salam.

  2. menurut saya lebih baik periksa ke dokter deh. nyeri dadanya mungkin karena nyeri otot karena terlalu sering batuk keras, atau karena ada sesuatu di paru2. semoga cepat sembuh… :)

  3. Trims atas infonya pak dokter penulis. Saya tadi pagi gendong anak di pundak, pas nurunin tau-tau dada kiri nyeri banget. Setelah baca tulisan bapak, semoga bukan jantung dan hanya kecethit saja. Saya juga sdg nunggu hasil EKG.

  4. Maaf saya wanita berumur 50 thn dalam masa monopause, bila saya merasa sakit dibagian kepala sblh kanan, pangkal tangan kanan, jari tangan kanan, tumit sblh kanan&dada bagian tengah. Itu penyakitny apa y dok? Saya tunggu jawabannya terimakasih

  5. Utk Ibu Fatmah.
    Nyeri yang Ibu rasakan sepertinya bukan suatu nyeri yang berasal dari jantung. Terutama karena hampir semua berhubungan dengan bagian kanan tubuh. Mulai dari kepala hingga tumit. Apa Ibu punya riwayat sakit migrain? Jika tidak, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. Semoga lekas sembuh.

  6. saya bermur 33 thn. bb 80kg, tb 173cm. saya mengalami nyeri dada sebelah kiri dan mual kadang di sertai muntah.saya sudah memeriksakan diri kpd dokter jantung dan hasil ekg saya normal.dan terakhir saya periksa dgn mggunakan echo, diketahui bahwa jantung saya mengalami kebocoran sedikit dan menurut dokter tidak berbahaya karena bawaan dari lahir. dari diagnosa dokter tersebut saya menderita gastritis.saya masih ragu apakah rasa nyeri yang saya rasakan akibat kebocoran atau gastritis sesuai dengan diagnosa dokter tersebut.mohon penjelasan dari dokter.dan apa terapi yang harus saya jalani.terima kasih atas penjelasannya.

  7. Mas zulferi, melihat dari usia, gejala, serta pemeriksaan EKG dan echo, memang sepertinya nyeri dada yang Mas rasakan tidak khas untuk suatu serangan jantung. Kebocoran jantung (katup jantung?) yang Mas alami, jarang menimbulkan rasa nyeri. Apalagi disertai dengan mual dan muntah. Semoga dengan terapi gastritis kondisi Mas membaik.

  8. saya gadis berusia 17 tahun, sering mwngalami nyeri di dada, tangan dan tlapak kaki saya juga sering berkeringet, juga ketika lelah saya sering merasa sesak. Apa mungkin ini sakit jantung?

  9. bisa ya bisa tidak. lebih baik periksa biar hati tidak bimbang :)

  10. terima kasih atas penjelasan yang telah dokter sampaikan mengenai penyakit saya..

  11. Dok, mau tanya neh seputar serangan jantung!
    Umur 26, TB 165, BB 67
    Malem takbiran tahun kemaren (2007), saya ngbonceng tmn saya pk sepeda, cape bgt, ngos2an, pulangnya (tngah malam) pas saya mo tidur tiba2 dada saya berdebar2, ada rasa ga jelas, mual2 hebat, keringat dingin, wkt itu saya kira masuk angin (dikerokin), dan dada terasa nyeri terutama kalo saya gerak
    menjelang pagi saya hanya telentang, dan paginya (krn ketidaktahuan saya), saya hanya ke klinik 24jam (ktimbang ke RS), wkt itu saya dikasih propranolol!
    Gejala yang saya alami itu serangan jantung ya dok? Kalo iya, bukankah serangan jantung itu berakibat kematian jika didiamkan? (dalam kasus saya terjadi tengah malam dan berobat pada pagi hari)
    Sekarang ne denyut jantung ga teratur, denyut cepat tapi lemah, dan sering kerasa kaya diremas (terutama pagi hari), tu kenapa dok?
    Apa saya sudah kena gagal jantung dok?

  12. Kalau melihat usia Anda dan kualitas nyerinya, sepertinya bukan serangan jantung Mas Buddy. Tapi karena ada denyut jantung yang tidak teratur, bisa saja itu suatu gangguan irama dari jantung.
    Ada baiknya Mas konsultasi dengan ahli jantung. Semoga lekas sehat.

  13. Dok, saya mo tanya lagi mengenai gagal jantung berhubung ada sodara yang divonis demikian:
    – biasanya dokter melakukan pemeriksaan apa aja c supaya ketahuan kalo pasiennya kena gagal jantung?
    – ada teman bilang kalo gagal jantung biasanya perutnya buncit coz ada cairan, benarkah dok? Trus ada perbedaan spesifik ga antara perut buncit gagal jantung (buncit cairan) dengan karena kelebihan lemak (buncit nimbun lemak)?
    – sodara saya kalo tidur ga bisa satu bantal, kepala nya puyeng katanya. Apa itu salah 1 gejala juga dok?
    – apakah gagal jantung bisa disembuhkan dok?
    Jujur aja, saya jadi takut juga mengingat setelah “serangan” itu, jantung saya jadi “gak beres”, denyut lemah, kadang ada nyeri kaya perih di dada!

  14. dok, saya ada keluhan ni..kalau dada dan tulang belakang sejajar dada terbentur benda keras..terasa sakit sekitar 5 menit…setelah itu hilang…dan begitu seterusnya…saya belum penah konsultasi ke dokter sih dok…karena menurut saya ini biasa..tapi lama-lama saya khawatir juga..mohon solusinya ya dok..

  15. pro Buddy : pemeriksaan mulai dari foto rontgen, sampai echocardiografi. ttg perut buncit, ada. tapi ya harus diperiksa dokter. tentang bantal, kadang memang demikian. harus tidur 1/2 duduk. gagal jantung bisa disembuhkan, asal penyebabnya cepat diketahui dan masih bisa diatasi.

    pro Jefri : sepertinya bukan serangan jantung. tapi gangguan otot dan tulang. mungkin ada baiknya periksa ke dokter.

  16. dok Beberapa Hari ini Dada saya terasa Sakit apabila bernapas, Saya Tidak Memiliki Penyakit Asma.
    Dan Apabila Dipakai MEnoleh Ke Belakang Sangat Sakit?

    Apakah Ini Termasuk Ciri Ciri Penyakit Jantung Dok??

  17. Dok, saya nanya: umur 27,bb 65, tb 163. Sy kelainan jantung bawaan VSD, alhamdulillah dr kecil sampai skg jrg ad mslh dgn jantung sy asal sy jgn lelah, tp sejak thn kmrn jantung mulai sakit, d ksh dokter V-block. Sjk thn kmrn 2 ginjal bengkak akbt ad sumbatan, sempat cuci darah 4 kali, kt doktr gjl,ginjalnya br satu yg sembuh, akbt kena ginjal itulah ngefek k jantung sy yg kdg2 nyeri, skg malah dada yg nyeri entah kanan atau kiri, mungkinkah paru2, d dada sblh kanan ad bekas benjolan bila d tekan sakit, apkh ad mslh dgn paru2 saya, tp bernapas sy normal? Mungkinkah dgn 1 ginjal kt bs brtahan hidup, slm stgh tahun ini creatinin sy selalu d bwh 2, biasanya selalu 1,5.?Trm ksh dok

  18. Dok, saya mau bertanya sudah 3 tahun dada bagian kiri dan kanan saya sakit saat menoleh kebelakang. Memang dulu saya pernah jatuh dari sepeda motor dengan posisi dada yang menyntuh aspal duluan. 6 bulan belakangan ini saya ada ikut terapi chyropractic. tapi tidak kunjung sembuh. Dan dalam 4 hari belakangan ini. dada bagian tengah saya sakit saat menelan makanan, dan terasa panas sekali saat bersendawa. semalam saya ada check ke dokter. katanya coba minum obat maag dulu. menurut dokter saya harus berkonsultasi ke dokter spesialis apa ya? ahli penyakit dalam atau ahli saluran pencernaan?

    Trims

  19. dok..
    saya mengalami keluhan nyeri dada sebelah kiri..nyerinya itu hilang seketika trus beberapa lama kemudian muncul lagi hilang lagi dan seterusnya…rasanya seperti ngilu gitu…saya coba istirahat sejenak…dan hilang…tapi besoknya begitu lagi..

    o iya…kok dada saya yg kiri kayaknya lebih besar dari yg kanan y?kenapa ya dok??

  20. Cheeza : sepertinya bukan.. lebih ke kelainan otot.

    Zailani : kita bisa hidup dengan satu ginjal. asal ia benar2 sehat. Semoga sehat terus. Rajin kontrol..

    Chandra : ada baiknya ke Internist yang khusus Gastroenterologi : SpPD-KGH

    liia : apa nyerinya berhubungan dengan masa menstruasi? apa ada benjolan? mungkin lebih baik kontrol ke dokter.

  21. kemarin saya tanya masalah nyeri dada dan penanggulangannya.

  22. pak dr,
    saya anita udah tanya kemarin mengenai nyeri dada.
    mohon agar saya dapat penjelasan.

  23. dear ibu Anita.
    adanya MR Ringan, AR Ringan, dan Fungsi LV terganggu memang menunjukkan kalau Ibu ada gangguan jantung. Tetapi sepertinya hal tersebut disebabkan karena proses bertambahnya usia, sering disebut sebagai proses degeneratif or aging.
    Tetap olah raga teratur, makan makanan sehat, berpikiran positif. Jika masih ada keluhan, segera kontrol ke dokter..

  24. dok, saya berusia 31 tahun jalan, mulai 6 bulan yang lalu dada saya tersa nyeri disebelah kiri pertama kali gejala nyeri itu seperti luka / pedih, saya bawa ke RS menjalani EKG hasilnya eskemik kata dokter, lalu saya menjalai rongen ternyata jantung saya normal, tapi rasa nyeri itu tetap terasa sampai sekarang, lalu saya periksa ke dokter ahli jantung, tetapi kata dokter saya maag aja, kenapa ya dok rasa nyeri itu belum hilang juga terkadang sesak seperti tertindih didada sebelah kiri terimakasih ya dokter.

  25. Ada banyak penyebab nyeri dada. Tidak selalu karena kelainan jantung. Mungkin coba Anda minta tes treadmill.

  26. selamat siang Bapak, saya berusia 26 tahun saya ingin bertanya.kenapa ya pak beberapa hari ini kerja saya sangat banyak, sehingga kadan2 tidur saya menjadi larut. hal itu membuat dada saya terasa sesak kadang sulit bernapas. batuk saya juga timbulnya pada tengah2 malam membuat saya jadi susah tidur. saya ingin bertanya mengapa jantung saya jadi sering berdetak kencang dan sesak sekitar dada. mohon bantuannya

  27. saya punya kenalan dia terkena penyakit jantung tapi saya tidak tega menyakan apa nama penyakitnya.

    apakah dokter bisa memberi tahu saya apa penyakitnya?

    dia pernah memberi tahu saya bahwa pernah mengalami hal – hal di bawah ini :

    pusing , perih , sesak di dada , badan panas dingin , kadang kejang – kejang , tidak bisa terlalu lelah , dan dia pernah tidak bisa menggerakan sebagian badannya .

    apa dokter bisa memberi tahu saya kira – kira apa penyakitnya?

    umur dia masih sekitar 14 – 15 thn .
    dia terkena penyakit tsb pada saat 10 thn .

  28. pro ilyas : ada banyak hal dimana yang menyebabkan dada sesak dan sulit bernapas. bisa karena kelainan paru maupun jantung. detak jantung yang cepat tidak selalu karena penyakit jantung. badan panas, psikis juga bisa.

    pro mita : sesak di dada, kejang2, tidak bisa menggerakkan dada. keluhannya terlalu general, kurang spesifik. bisa kelainan jantung, bisa juga syaraf. ada baiknya periksa ke dokter.

  29. dok,saya berusia 27 tahun,saya ingin bertanya,kalau saya marik nafas dalam dalam (sampai perut mengembung) dan menahannya beberapa detik, terasa sangat sakit sekali di bagian dada sebelah kiri, begitu juga kalau melepas nafas sampai habis akan sangat sakit sekali seperti diliit seutas tali. hal ini datang tiba tiba, sahabis bangun tidur pagi hari, satu hari sebelumnya saya begadang, dan keesokan harinya saya kerja seharian cukup berat. hal ini juga kadang terasa kalau saya olahraga lari (bernafas dan detak jantung cepat), nyeri di dada ini kadang terasa tapi tidak saya hiraukan. kira kira keluahan saya itu apa ya dok, apa ada kaitannya dengan sakit jantung atau paru?. terima kasih

  30. Dok, Saya perempuan usia 22. Dulu pernah dijelaskan kalau jantung saya agak lemah, tp belum pernah trjadi dampak seriusnya. 2 thn trakhir ini saya ketahuan ada sejenis tumor di belakang kepala sebelah kanan dan terjadi gangguan saraf akut (tetap tdk ada keluhan jantung) tapi alhamdulillah sdh jauh lbh baik. Beberapa minggu ini saya trjadi musibah pada saya yg membuat saya sgt tertekan secara psikis dan mengalami insomnia. Saya jd sering mengalami nyeri dada kiri dan jantung berdebar hebat. Tadi pagi saya tiba2 mengalami nyeri hebat, berdebar, napas tersenggal, dan gemetar/menggigil. Saya minum pereda nyeri dan berniat minum penenang kemudian. Apa ini murni penyakit jantung? Apa tindakan saya minum pereda nyeri sdh tepat? Apa ada obat lain untuk pertolongan pertama darurat sendiri dulu mengingat situasi saya agak sulit untuk bergerak cepat misal harus ke UGD.
    Mohon petunjuknya. Trims Dok.

  31. Saya laki-laki berumur 26 tahun, tinggi 163 cm, BB 55 Kg. Dalam 4 hari ini saya mengalami nyeri di bagian dada sebelah kiri. Tapi tidak pada bagian dalam. Rasa nyeri saya rasakan seperti pada bagian otot-otot dada. Pernah 2 tahun yang lalu saya kecelakaan dalam keadaan jatuh tengkurap, sehingga dada saya sakit. Tapi setelah saya pijat ke tukang pijat, rasa sakit berangsur hilang. Namun, rasa sakit yang kini saya rasakan gejalanya sama seperti yang saya rasakan waktu kecelakaan dulu.

    Meski dada terasa sakit, tapi nafas saya masih normal. Hanya saja ketika ambil nafas panjang rasa nyeri di dada terasa bahkan tidak hanya sebelah kiri, tapi juga dada tengah. Kira-kira apa ya dok penyebabnya. Apa yang harus saya lakukan.

  32. Pro :
    Herrie : sepertinya bukan nyeri dada karena serangan jantung. tapi ada baiknya diperiksa lengkap. silakan ke dokter.

    Lana : melihat usia Anda sepertinya belum ada faktor resiko utk serangan jantung. Kalo ada kesempatan silakan cek lengkap.

    Dimas Je : lebih cenderung ke nyeri karena otot. Jika dengan obat anti nyeri tidak berkurang, coba cek lengkap.

  33. dok,sya 25th,50kg,162cm, 2thn belakangan ini pnya keluhan didada sblh kiri..nyeri tp ga menusuk,kdng dpunggung jg spt rasa pegal dn nyeri..hidung sya jg ska mampet sblh,kl ada udara kotor lngsng bersin2..sya jg kerap bersendawa,menguap..bdn rasanya ska letih,lesu dn ga bergairah utk beraktivitas..mhn ptnjuknya dok,skt apa saya?jantung or yg lain?trims..

  34. dok, saya 29 tahun, 90kg,183 cm di balikpapan.
    6 bulan lalu (awal saya sakit) saya sempat bolak2 ke dokter syaraf karena saya menderita sakit kepala terus menerus sepanjang hari selama 1 bulan utamanya sekitar rahang dan ubun2. sempat nginap di rumah sakit 1 minggu dan sudah di CT scan kepala, tapi hasilnya tidak ada kelainan. dokter hanya mengambil kesimpulan mungkin karena saya terlalu sibuk dikantor dan terlalu lama di depan komputer, disamping itu kolesteol total saya sudah diatas normal (total 235 tapi HDL saya 50 an). sehingga saya dianjurkan untuk cuti. saya istrahat selama 1 bulan.

    sekarang saya sudah kerja lagi, sakit kepala saya sudah mulai jarang dan tidak terlalu mengangu lagi. tapi masalahnya saya masih sering pusing, dada kiri kadang nyeri, unjung jari tangan kiri terasa sakit, nafas pendek, dan perasaan mau pingsan. kejadiannya kadang datang tiba2 dan setelah tiduran biasanya hilang lagi walaupun kadang tidak. hal ini sangat mengganggu kualitas kerja saya dikantor.
    sebelumnya saya lumayan rajin olaraga utamanya badminton dan renang, tetapi setelah sakit 6 bulan terakhir ini saya membatasi aktifitas fisik yang berlebihan karena kalau saya beraktifitas lagi biasanya nafas saya ngos2an dan recoverynya sangat lama. saya sudah 2 kali treadmill test dgn 2 dr ahli jantung berbeda tapi hasilnya normal.

    pertanyaan saya, adakah tes lanjutan yang saya perlukan dan dimana, secara dikalimantan peralatan masih terbatas? sehingga saya dapat memastikan penyakit apa yang saya derita sehingga perasaan bertanya2 bisa hilang dan hidup menjadi tenang.
    thanks sebelumnya.

  35. Pro Ali : dari keluhan saja saya tidak bisa mendiagnosa. Silakan pergi ke dokter utk dilakukan tes selanjutnya seperti rekam jantung (EKG), maupun tes lain yang dianggap perlu.

    Pro Endix : untuk keluhan nyeri dada dan mudah sesak, bisa saja itu dari kelainan jantung, bisa saja tidak. Selain treadmill, bisa dilakukan echocardiografi (USG jantung) untuk memastikan. Langkah selanjutnya bila dipandang perlu, dokter bisa saja menganjurkan MSCT (CT scan jantung) atau angiografi koroner. Tapi dua pemeriksaan ini mahal dan bukannya tanpa efek samping.

  36. Dear Pak Yusuf,

    Saya wanita,24 tahun…sudah hampir 1 tahun lebih ini saya merasa nyeri dada (ditengah dada),pernah rontgen dan cek darah namun hasilnya baik2 saja.
    Awalnya nyeri itu hanya terjadi jika udara sangat dingin atau baru selesai naik motor. Cuma akhir2 ini nyeri dada itu datang lagi dan dalam keadaan tidak dingin pun nyeri-nya terasa bahkan jika saya menekan dada saya akan terasa makin sakit (tulangnya terasa nyeri).
    namun sakitnya tidak seperti tertekan benda berat atau pun menyebabkan sesak nafas, tidak juga membuat saya susah menelan makanan tapi sangat mengganggu karena jika kambuh,saya susah beraktifitas.
    kira2 penyebabnya apa ya,pakk?
    mohon bantuannya…
    terima kasih.

  37. Dok saya pria 31thn berat 80kg tinggi bdn 172. Sekitar 2bln (febuari 2009) lalu saya terkena bronkitis kemudian saya berobat sampai 4x ke dokter dan akhirnya sudah tidak batuk2 lagi. namun seminggu ini dada kiri saya terasa nyeri dan sakit panas waktu mengambil nafas dalam2. dan sekarang makin parah dok, kadang2 dada kiri bisa pegal dan panas sendiri tanpa mengambil napas dalam2. saya masih bingung dok, apakah ini gangguan paru ato jantung. soalnya waktu nyeri keadaan jantung jadi berdebar2 dok. mohon petunjuknya dok. terima kasih sebelumnya dok..

  38. pro Zee : sepertinya nyerinya berasal dari otot atau sendi..

    pro Timo : sakit saat bernapas dalam bisa dari berbagai hal. termasuk paru, kadang juga karena maag. silakan ke dokter utk check up.

  39. Trima kasih dok atas penjelannya, kmrn saya sempat bawa ke dokter jantung dan menurut dokter jantung hasil priksa darah saya menunjukan kalau kolestrol jahat saya tinggi dan oleh dokter saya diberi obat untuk memblok lemak di hati

  40. Dok, saya wanita 35 th, TB/BB 150/60, sering nyeri / tidak nyaman pada dada, biasanya di sebelah kiri, tapi juga sering berpindah ke tengah dan juga pada punggung sebelah kiri. Saya sudah tes EKG, rontgen dada, USG perut atas, tes darah, semuanya normal. sehingga dokter tidak menyarankan saya menemui spesialis. Namun nyeri itu masih ada,sehingga saya berpikir untuk mencari opini dari dokter lain.

    Kira2 test apalagi yg bisa dilakukan untuk memastikan saya tidak punya gangguan di jantung. Kalau misalnya sakit otot, apa bisa hilang hanya dengan minum neurofen? Atau haruskah menemui dokter lagi untuk mengobatinya?

    Trimakasih

  41. ada baiknya tes treadmill. selamat mencoba.

  42. Dok..
    Saya brusia 15th
    kadang pas waktu santai misal tiduran, dada kiri bawah saya terasa nyeri yang cukup mengganggu. Penyebabnya mungkin apa yah? Terima kasih

    insya Allah bukan sakit jantung mas. coba cek ke dokter.

  43. Dok…
    Saya berusia Pria 22th TB 160 BB 48 jarang berolahraga, tidak merokok, suka makan yang lemak-lemak, makan gak teratur, sering begadang.
    Dada sebelah kiri saya kadang-kadang sakit tiba-tiba tapi setelah 5 menit hilang rasa sakitnya.

    Kemarin habis ketawa kuat2 tiba-tiba dada sebelah kiri sakit, kirain sakitnya bentar kayak biasa tapi rupanya sakitnya sampe 20 menit. kalau bernapas kayak biasa terasa sakit jadi bernapasnya dikit-dikit dok biar gak sakit selama 20 ment.

    kira-kira masalahnya dibagian mana ya dok?
    Oh ya, telah mengikuti 2 kali pertemuan fitness (baru mau olahraga nih dk)
    makasih dk…

    bukan dari jantung mas. sepertinya dari otot atau organ lain

  44. dok..
    sy berusia 21 tahun pada tahun ini.
    akhir2 ini sy merasakan sakit pada bagian dada tengah..
    setiap mengencangkan badan, menarik nafas, dada tengah terasa sakit, seperti merasa tulang terkena “lebam”. terkadang sakitnya berpindah ke bagian dada kiri dan kanan.
    apakah ini pertanda serius dok?
    atau apakah hanya salah posisi tidur? sebab akhir2 ini sy sering tidur hanya ber-alas-kan kasur yg tipis.

    mungkin nyeri otot.

  45. Dok..

    Usia sy 31 tahun, BB 70 KG, TB 170 cm..saya perokok. Sekitar sebulan yg lalu..tiba2 saya mengalami suatu kecemasan luar biasa tanpa sy tau penyebabnya. Karena hal tsb sy terkadang sering was2 walaupun pemicunya sedikit. Sudah sktr 2 mgg ini dada sblh kiri, punggung, leher sering pegal2..kalo sys tekan bag. ketiak sblh kiri sy akan terasa sdkt ngilu..trus klo sy merasa sedkt cms telapak tangan kiri sy akan berkeringat, Sktr 2 bln yang lalu sy sempat cek darah dan test EKG. Hasilnya gula darah sy rendah, kolesterol LDL sy di 167, dan kolesterol HDL sy di 36 (kt dktr di bawah normal), smntara hasil test EKG kt dokter jantung sy normal..hingga saat ini sy belum pernah memeriksakannya ke dokter, karena blum smpt dengan alasan pekerjaan. Di samping itu sy sering pulang malam, dan sering pula ke AC, baik di mobil atau di ruangan. Mohon penjelasannya apakah sy ada gejala jantung ya dok..?

    Terus terang, hal ini membuat sy susah untuk fokus pd pekerjaan. Terima kasih dok atas jawabannya..

    Kalau melihat dari cerita Anda sepertinya belum. Tapi coba kurangi atau hentikan rokok dan tes treadmill

  46. Sore dok,
    Saya mau tanya dok,saya laki2 Umur: 27thn. thn,BB:70kg Tb:175kg.
    Saya sering mengalami sakit dada kiri tp hanya sebentar kira2 2 – 5 dtk tanpa keluhan apa2 lg.,skarang saya jg sering pusing dan merasa sesak dan kalo sendawa terasa lega tapi sesak blm pernah bareng sama sakit dada,,pernah di ekg 2bln yg lalu hasilnya normal.,saya jg sering merasakan dada kiri diatas puting berdenyut dnyut tanpa sakit dlm sehari bisa 5 kali..,apakah ada kelainan dijantung saya dok.,saya mohon jwbn dr dokter

    Sepertinya bukan suatu kelainan jantung Mas. Coba ke dokter untuk memastikan.

  47. Dear dokter

    Saya mau tanya tentang gejala jantung rematik dok,sya 26thn,70kg,178cm,akif berolah raga. Dada kiri saya suka sakit dok, sebelumny skitar 3bln yg lalu saya pernah sakit otot2, persendian,dan faringitis,dikasih antibiotik sama dokter dan sembuh.,apakah ada hubnganya dok dngan sakit dada kiri saya skrg,lokasi nyerinya berpindah pindah disekitar dada kiri.

    pernah mengalami faringitis dan bengkak sendi belum tentu pasti terkena penyakit jantung rematik.
    tapi kemungkinan itu memang ada.
    silakan kontrol ke dokter Mas..

  48. Siang Dokter,

    Saya koq mengalami gangguan yang sama ya? Nyeri dada kiri tengah, sakitnya sampai menembus kebelakang dan ke leher. Tangan kiri sering keram dan dada sering berdebar-debar. Sering kaget dan emosi kadang tidak terkontrol. Seminggu yang lalu bahkan dikantor saya tak sadarkan diri. Beberapa hari tangan dan kaki kiri saya (terutama tangan) terasa lemas dan tidak bertenaga. Tidur tidak nyaman terlentang, kebetulan dikantor saya dilantai 2, jadi kalau naik tangga terasa terengah-engah. Walaupun saya memang kadang merasa sesak napas dan sering merasa cemas. Sebetulnya teman ada yang menyarankan untuk periksa kedokter. Tapi saya koq takut ya. Memang kalau Penyakit Jantung bisa disembuhkan?
    Mohon Informasi dan bantuannya ya Dokter. Terimakasih.

  49. Siang Dokter,

    Menyambung Pertanyaan saya sebelumnya, saya seorang Lelaki berusia 33 Tahun. Hampir setahun tidak merokok, tapi dulu perokok dan selama setahun ini saya tidak pernah olah raga dikarenakan saya mengalami retak tulang belakang disertai syaraf yang terjepit, menurut istri saya dokter syaraf juga mengatakan saya terkena Trouma akibat jatuh dikamar mandi. Yang mana sampai saat ini saya tidak ingat kejadian masa lalu saya. Kalau saya mencoba mengingat saya merasakan sakit dikepala, padahal sepertinya saya mengenal kajadian itu. Kakak saya meninggal akibat Stroke yang diakibatkan Penyakit Jantung (waktu beliau meninggal usianya sekitar 32 tahun).
    Sekali lagi terimakasih.

    Mas edy memang punya faktor resiko penyakit jantung. a.l riwayat merokok dan keluarga. Ada baiknya mulai kini menjaga pola makan, mencegah berat badan lebih, jauhi rokok dan check up rutin..
    Lebih baik ke dokter Mas untuk kontrol..

  50. Sy umur 42 th bb 67 kg sudah 2 hari ini sy mengalami nyeri dada sebelah kanan dan suhu badan rada panas. Gejala penyakit apa ya Dok ? Mohon penjelasaan. Tks

    Nyeri dada kanan dan panas bisa disebabkan beberapa hal. Yang tersering infeksi paru-paru. Silakan ke dokter

  51. saya mengalami nyeri dada ( seperti habis dipukul), dan jika ditekan di dada rasanya agak nyeri. Selain itu disertai sesak nafas dan kadang pusing. Kira-kira apakah yang menyebabkan nyeri dada tersebut Dok?
    Terimakasih sebelumnya

    nyeri dada bisa disebabkan oleh kelainan jantung, paru maupun otot. kalau dada ditekan lantas nyeri, kemungkinan dari otot. tapi ada baiknya cek lengkap. silakan ke dokter.

  52. saya mengalami nyeri dada sebelah kanan, rasa nyeri itu saya rasakan tadi pagi setelah sarapan buras (Makanan khas orang bugis) dicampur santan, rasa nyeri yg menyiksa ini terkada juga menjalar di bagian ulu hati, jangankan untuk bergerak, untuk menarik nafas saja, rasanya nyeri sekali… hingga kurang lebih 1 jam lamanya, nyeri itu bernagsur membaik. namun ketia pukul 15.00 wita, saya kembali makan, namun belum habis, sayur bening, telur dan ikan yang saya makanan, ternyata sakit itu kambuh lagi, dengan gejala sakit di bagian yang sama…

    penyakit apa yang saya alami ini Dok, mohon petunjuknya…?

    melihat sifat nyeri dan hubungannya dengan makanan, sepertinya kelainannya berasal dari saluran pencernaan. bisa esofagus atau lambung. silakan ke dokter penyakit dalam untuk memastikan. trims.

  53. saya tambahkan sedikit, umur saya 25 tahun, berat badan 55 Kg, dan saya seorang perokok, tetapi tidak perokok berat, artinya dalam sehari paling bantar hanya menghisap 6-7 batang rokok, hal itu saya batasi karena memang ada niat saya untuk berhenti merokok, makanya secara perlahan saya kurangi…

  54. istri sy pernah tiba2 berdebar2 tanpa sebab n pandangan jd gelap.Stlh tarik napas panjng lalu normal lg.tp bbrp hari yg lalu dada kiri terasa nyeri n panas tdk disertai sesak nps.lokasi awalnya dr payudara kiri lalu menjalar ke tengah dada lalu ke payudara kanan.Ini berlangsung bbrp ment.Ini terjd 2x.Yg ke1 saat ia bangun tidur siang lalu bersin.Yg ke2 saat membasuh muka stlh bangun tidur pagi.Istri sy berusia 39 th n msh mengalami haid.apa sbnrnya yg terjd pd istri sy n bgmn mengatasinya?

    meskipun masih haid, bisa saja mengalami kelainan koroner. melihat dari keluhan nyeri dadanya memang tidak khas sekali untuk suatu nyeri dada karena serangan jantung, tapi hal itu bisa saja terjadi.
    lebih baik ke dokter untuk diperiksa lebih lengkap.

  55. Dok, saya wanita 40th, bb 58kg, tinggi 163, tidak merokok, bekerja, kurang olahraga tapi sangat menjaga asupan makanan. Dua tahun terakhir mengalami nyeri dada dengan sesak napas, sudah sempat konsultasi dengan cardiologist, tapi tidak ada masalah serius. Sempat kontrol tahun lalu, hasil tetap sama. Sudah tes EKG, treadmill dan USG jantung dan hasilnya baik. Tapi saya masih suka merasa nyeri dada, bahkan sampai berhari2 dan menjalar ke lengan kiri. Akhir2 ini sesak napas mengganggu, debar jantung agak keras, tapi bila sudah tidur lama, keluhan berkurang. Saya bingung apakah perlu cek ke dokter lain atau ada kemungkinan lain. Mohon masukan dari dokter. Terima kasih.

    Ada modalitas lain untuk memastikan ada tidaknya penyakit jantung koroner yakni MSCT. Mungkin bisa dipertimbangkan. Terutama bila keluhan terus ada sementara yang lain N.

  56. hi dok saya berusia 20 th, berat 43, tgi 158 ..
    Saya mempunyai keluhan tangan berkeringat , dan mempunyai keturunan asma dr ibu saya .. sebelumnya saya sempat tes tiroid dan ekg serta rontgen .. hasil rontgen menyatakan saya skiolosis , tiroid normal dan jantung normal tp agak cepet , hasil nya pun saya jg tidak jelas mengetahuinya ,an kmudian .. pada saat emosi saya meninggkat saya mengalami sesak nafas , yg menyebabkan badan saya kesemutan n dada saya sesak , tp setelah itu , akhir 2 ni saya mengalami sesak di dada bagian kiri terasa perih , tengah rasanya seperti di genggam dgan erat pokoknya sakit sekali. .. saya juga sering kesemutan terutama di bagian kaki dan tangan .. Terimakasi dok , saya mohon informasinya

    Melihat usia , kemungkinan penyakit jantung koroner sepertinya bukan. Silakan ke dokter spesialis jantung untuk cek lebih lanjut.

  57. Pak..
    Keluarga saya ada riwayat penyakit jantung..
    dari nenek (dari pihak ayah)
    nenek punya 3 anak laki2
    2 saudara ayah saya terkena penyakit jantung
    ayah saya sehat.
    sejak masih kecil saya merasakan sakit di sebelah kiri
    sakitnya seperti tertusuk benda tajam dan dalam
    sekitar 2-5 detik
    tapi itu jarang
    sewaktu sakit, saya tidak bisa bergerak untuk beberapa saat
    dan tidak bisa bernafas.. karena kalau saya tarik nafas.. terasa lebih sakit… jadi saya nafas pelan2
    itu dulu…
    sudah lama rasa sakit itu datang dan pergi.. tapi frekuensinya jarang
    namun akhir2 ini sakit di dada kiri mulai terasa lagi..
    tapi tidak sesakit dulu
    hanya sekarang frekuensinya mulai agak sering..
    periodnya 2-5 detik
    bisa terjadi pagi, siang atau malam.. tidak mesti.
    dan mendadak sakitnya…
    seperti malam2 ketika saya tidur kemarin.. rasa nyeri semalam itu terasa lama.. mungkin beberapa menit bukan beberapa detik seperti biasa
    kadang2 nyeri itu datang beberapa detik.. cuma sebentar.. sewaktu saya menulis ini pun.. rasa ketusuk di dada kiri terasa sakit walau hanya sebentar.. beberpa detik mungkin 2 detik.

    saya baru tahu ternyata keluarga dari ayah saya ada riwayat penyakit jantung
    pernah suatu kali sewaktu saya masih kecil mungkin sewaktu saya SMP saya kejang sendiri… periodnya beberpa detik.. saya tidak bisa mengendalikan tubuh saya
    tapi itu hanya terjadi sekali…
    saya heran, padahal dulu saya ikut taekwondo.. memang pernah ada serangan sesak nafas hebat 2 kali sewaktu latihan…
    sewaktu saya SMA dan Kuliah..
    itu terjadi karena saya terlalu capek.
    sekarang saya sudah berhenti berolahraga dan sedikit minum alkohol namun sering.. dicampur coca-cola, es, and beer hitam.. segelas atau sampai 5 gelas sehari.. kadang minum kadang tidak.. tidak mesti
    saya tidak merokok
    tidur saya cukup
    tapi memang agak stress masalah kerjaan dan sosial
    berat tubuh saya : 74/165
    saya perempuan.
    24 Tahun.

    Pertanyaan saya:
    1. Saya ada indikasi punya penyakit jantung atau tidak
    2. Bagaimana prosedur pemeriksaannya?
    3. Bisa saya konsultasi lebih pribadi pak?

    Faktor riwayat keluarga memang menentukan. Ada baiknya ke cardiologist. Mungkin perlu pemeriksaan EKG, dan echo.

  58. dok .umur saya 29 ,akhir2 ini bagian bwah dada kiri saya kayak gmn..trus kl habis naek motor kayak di kremes2 gt.kayk angin,itu sakti apa ya dok,tapi kl buat tiduran ga apa2 tapi kl buat duduk kayak gremet2 gt,tp setelah aku minum madu rada2 berkurrang gt

    Sepertinya bukan nyeri dada karena koroner. Tapi silakan ke dokter untuk memastikan.

  59. dok, mau ty..
    sdh bbrp hari ini saya mengalami nyeri dada di sblh kiri, sbg inf, saya perempuan, umur 27 thn, tinggi bdn 153 cm, berat 47 kg & tdk ada riwayat jantung di keluarga & tdk merokok. apakah mungkin saya menderita angina pectoris atau penyakit yg lain yg berhubungan dgn jantung?

    melihat usia mbak dan data yang ada, secara statistik kemungkinan koroner kecil. tapi bisa saja. silakan ke dokter untuk memastikan.

  60. dok, saya pria berusia 24 tahun, tinggi 160 berat 56 kg. beberapa hari terakhir ini saya sering mengalami nyeri di dada sebelah kiri dan jantung saya juga sering berdebar2 tanpa ada penyebabnya, sejak saat itu pula saya sring ketika hendak bersin selalu tidak jadi. hal ini membuat saya sering merasa tidak nyaman dan gelisah. saya sempat cek kolestrol kmrn hasil nya kolestrol total 213 dan ldl 30, kira2 kenapa ya dok ?

    diagnosis bandingnya banyak. perlu pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan.

  61. maksih ya atas infonya . tapi saya ingin bertanya saya flora usia saya 18 tahun . apa nyeri dada itu menyebabkan susahnya bernafas???

    saya merasakan nyeri dada di bagian kiri kalau saya kelelahan nyeri itu sering sekali muncul sampe saya tidak bisa bernapas . jujur saya takut ke dokter.

    makasih

    bisa saja susah bernapas kalau asalnya dari penyakit paru.

  62. dok, saya 27thn, tb 165 bb 80, sudah 3 bln ini saya mengalami nyeri di dada kiri, dan munculnya tidak menentu, sebagai informasi saya jarang melakukan aktifitas berat ataupun olahraga. Saya pernah k ugd dan dilakukan ekg dan hasilnya normal sja. mohon petunjuk apa yang harus dilakukan?

    coba foto thorax, jika perlu treadmill. kurangi BB dg olah raga.

  63. siang dok.setelah saya baca artikel dokter sy jd ingin bertanya,
    usia saya 32 thn sejak dahulu saya sering mengalami gejala masuk angin, tp belakangan ini dada saya sering nyeri, dan berpindah pindah kadang di kiri kadang di kanan dan juga seringa timbul keram ( kesemutan ) kalau saya ambil napas dalam juga agak sedikit batuk.pernah saya amabil napas dalam dada kiri saya terasa panas dan lalu keram ( kesemutan ) hingga keleher dan muka saya apakah saya terkena penyakit jantung koroner atau gmana dok.,saya pernah rongent di dada d gambar terdapat banyak angin ( kabut ).blakangan ini saya coba berobat ke alternatif untuk menayakan keluhan saya dia bilang saya sedang dapat maslah dengan rekan kerja ( saya dikerjain dengan cara magic).saya butuh saran dari dokter terima kasih.

    silakan ke dokter jantung, bila perlu meminta pemeriksaan foto thorax, ekg dan treadmill.

  64. pak dokter….saya ingin bertanya…..

    suami saya mengalami nyeri dada yg sangat mengganggu….
    dulu kami pernah memeriksanya ke dokter…tetapi setelah melalukan rotgen tidak terdapat penyakit jantung….rasa nyeri sempat hilang beberapa bulan setelah pemeriksaan…namun sekitar 4 bulan kemudian kambuh lagi…

    seperti ada pergeseran tulang iga…apakah berbahaya.? bagaimana solusinya….

    terima kasih banyak….

    silakan ke ahli jantung untuk dilakukan general check up..

  65. dokter,

    teman saya (wanita) 22thn kerap mengalami nyeri di dada. awalnya muncul di bawah payudara sebelah kanan, lalu belakangan ini rasa nyeri tsb muncul dibawah payudara kiri. kenapa ya dok, apa mungkin krn jantung/paru? ato mungkin krn pengaruh haid jg bisa?

    gejala ini muncul sejak awal taun 2009 kemarin

    klo mau periksa ke RS maka harus ke bagian apa?bedah umum dan lsg di-USG? terima kasih.

    ahli bedah atau dokter ahli onkologi pun bisa.

  66. dokter, sy laki2 usia 27, punya keluhan nyeri dada kiri, ketegangan kepala, kepala bag belakang pusing, telinga terasa penuh kayak di jewer, tenmgkuk terasa tegang, sering limbung/puyeng, klo solat gruyah-gruyuh (keseimbangan tubuh berkurang). hasil tes darah lengkap semua normal kecuali asam urat > 7 dan trigleserida agak melebihi batas sedikit.
    saya pernah periksa ekg ke 4 rumah sakit berbeda hasilnya normal. lalu pernah treadmil hasilnya juga normal. sy sering pindah2 dokter smp dikatai shoping dokter. bahkan samapi di ketawai dokter ” anda ini sehat, bla-bla,bla….., akhirnya di rujuk ke bagian psikologis, hasilnya histerianya terlalu tinggi (Psikosomatis) akhirnya dsuruh ke Psikiatri (kayak org gila ya), cuma dikasih obat penenang sj.

    suatu ketika sy ke dua dokter syaraf yg berbeda untuk cek “limbung/puyeng” yg saya alami, dan normal. akhirnya salah satu dokter tsb mengecek kondisi gigi bungsu sy. dan beliau menemukan impaksi dan katanya banyak pasien beliau yg punya keluhan yg sama dan sembuh lantara penyebabnya impaksi gigi. sekarang gigi yg sudah dioperasi 3 biji kurang satu, alhamdulillah nyeri dada berkurang (tp masih), puyengnya dan ketegangan masih terasa.

    belakangan ini sering lemes.
    terkait dengan nyeri dada kiri tersebut, sy juga pernah mencoba periksa ke dokter rehab medis, dan hasil ronsen tulang belakang terjadi spasme otot, jd harus dipanasi (bahasa saya).

    saya pernah mengalami ketakutan yg berlebihan terhadap suatu penyakit, sakit pinggang langsung sy fonis ginjal, padahal sy blm periksa ke dokter. akhirnya dedegan, waswas, pernah kena imsomnia.

    akhirnya sy bingung. ikhtiar apalagi yg bisa sy kerjakan. sy cuma ingin jumpa dengan seorang dokter, dan tanya sepuasnya ttg musibah kesehatan yg saya hadapi.

    saat ini, hari2 sy lalui dengan baca tausiyah robbaniyah, dengeirn ceramah, kalo perasaan itu datang langsung sy alihkan (bisa kemesjid, dzikir, menangis,). setelah sy pikir ulang, kenapa sy harus takut penyakit, setiap kita pasti akan mati dengan cara apapun terserah Allah swt. bukankah Dia pemilik setiap kejadian, kenapa tidak minta kpdNya. dan banyak lagi.

    semoga dengan blog ini, menjadikan amal jariyah bagi dokter dan keluarga

    Amin ya Allah….

  67. dokter, saya laki2 usia 39 tahun, bb 72, tb 167, tidak merokok, agak jarang olah raga, tekanan darah sering naik turun seringnya di 130/90, kolestrol LDL sy agak tinggi-180, orang tua sy keduanya hipertensi, belakangan ini sy sering mengalami nyeri dada sebelah kiri, kadang2 samar beberapa detik, kadang2 agak terasa dan bisa 1-2 menit, tapi kalo sy merubah posisi badan dengan membungkuk atau posisi tertentu agak berkurang nyerinya, saya sudah melakukan ekg hasilnya normal, kalo saya oleh raga agak berat dada tidak terasa nyeri ataupun sesak napas, pakah saya sudah terkena penyakit jantung dok?, dan apakah dengan tensi yg 130/90 sy harus minum obat hipertensi? terimakasih dok.

    melihat karakteristik nyeri dadanya mungkin bukan. tapi untuk memastikan silakan ke dokter jantung dan minta tes treadmill…semoga sehat.

  68. Dokter, saya pria usia 21 tahun, tinggi 173cm, berat badan 83 kg, perokok pasif, jarang olahraga, dan dikeluarga tidak ada riwayat penyakit jantung…

    Sekarang ini saya sedang batuk dan flu.
    Yang saya rasakan mengapa denyut jantung saya berdetak lebih cepat dari biasanya.
    dan juga jemari saya terkadang gemetar ringan…
    apakah karena sedang sakit batuk flu ?

    dan kemarin dada sebelah kanan saya,tapi bukan di dalam. melainkan sakit dibawah kulit, sempat sakit rasanya snut snut gitu..tapi hilang beberapa saat kemudian..
    dan saya sering sekali bersendawa dok..
    apakah ini normal Dok ?

    gak pa pa mas… semoga cepat sembuh dari flu…

  69. Kemarin malam saya merasakan nyeri di dada sebelah kiri,tetapi rasa itu datengnya gak nentu apa itu harus diperiksakan dengan segera ya??itu termasuk gejala juga kah???

    bisa saja.

  70. dok saya pria 16 tahun, tidak merokok, dan keluarga saya mempunyai riwayat penyakit jantung turunan, belakangan ini saya sering mengalami nyeri di dada bagian kiri, saya juga sering merasa sesak kalau terlalu lelah beraktifitas. menurut dokter apa yang harus saya lakukan?

    coba ke dokter umum dulu…

  71. Dok,
    saya umur 39,pria, TB 167, BB 77.
    Waktu saya berumur 21an, saya suka merasakan tidak enak di dada kiri, badan terasa lemas. Waktu itu saya bolak balik ke dokter (gonta ganti), takut sakit jantung. Dokter semua berkesimpulan tidak ada masalah dengan jantung saya, mungkin psikosomatis saja. Waktu itu saya juga ke dokter jantung katanya ada sedikit penebalan di serambi (?)kiri, tapi katanya nggak usah dicemaskan.
    Setahun ini saya merasa tidak nyaman di dada kiri, jantung berdebar, kadang2 agak nyeri. Sudah ke dokter, EKG dan treadmill dan bahkan CTScan 64 slices, katanya jantung tidak masalah. Tes lab CMKB juga sudah, hasilnya faal jantung normal. Tapi saya sekarang suka merasa limbung, kadang2 ada nyeri di dada kiri. Saya minum obat tensi karena tensi saya sempat tinggi 160/100.
    Apa yang harus saya lakukan?

    Mas Budi, alhamdulillah hingga saat ini Anda dikaruniai jantung yang sehat. Setidaknya melalui treadmill dan MSCT, jika memang ada kelainan koroner biasanya akan terlihat. Mungkin perlu dicari penyebab lain. Mungkin dari paru-paru atau lambung? Apakah ada peningkatan kadar asam urat? Semoga sehat…

  72. Dok..
    Mohon bantuanya penjelasanya ttg penyakit saya..
    saya umur 25 th, pria, TB 163, BB 65 dan penderita maag/lambung..akhir2 ini tangan/pundak/kaki punggung kiri sering kaku ngilu2 .disertai kepala agak limbung(pusing)…terasa nyeri di dada kiri (jantung serasa berdebar2)..saya sudah periksa ke dokter penyakit dalam tensi saya normal. Untuk diagnosa yg diperoleh ada saraf kejepit di pundak/punggung kiri dan diberikan obat maag serta linu2 kemudian dirujuk ke bagian psioteraphi..tp setelah saya ikuti tidak ada perkembangan yang lebih baik..saya belom pernah test treadmil dan ekg..kira dokter apa yg harus saya lakukan ? terima kasih sebelumnya…

    kalau melihat usia dan sifat nyeri Anda, sepertinya nyerinya bukan karena kelainan koroner.
    namun ada baiknya untuk cek uo jantung, minimal EKG.
    silakan kembali ke dokter keluarga Anda…

  73. Dada sebelah kiri sy sering terasa nyeri dan kdg terasa menjalar. Tapi hanya berlangsung beberapa detik. Dan anggota tubuh sy sebelah kiri baik tangan, kaki sering merasa kesemutan dan pegel2. Kenapa ya dok?

    Usia berapa? Namun kalau hanya beberapa detik biasanya bukan suatu kelainan koroner..

  74. Pada setahun belakangan ini saya merasakan nyeri di dada kiri, sudah check up EKG sebulan sekali dan dokter mengatakan jantung saya normal. Tekanan darah 120/80 untuk seusia saya yang 57 tahun saya kira cukup normal. Apa penyebab rasa nyeri yang kadang sampe lengan kiri serasa kesemutan? Terima kasih atas bantuan pak dokter.
    Salam dari saya.


    Ada banyak hal yang memicu nyeri dada. Antara lain berasal dari jantung. Coba kontrol ke dokter jantung, minta pemeriksaan treadmill.

  75. Dokter, saya laki-laki berusia 33 tahun, BB= 75 Kg, tinggi 169 cm. Sejak dua hari yang lalu saya merasakan dada sebelah kiri saya agak sedikit nyeri terus menerus. Nyeri ini timbul bersamaan karena saya terkena radang tenggorokan dan teling sebelah kiri saya sakit. Kebetulan ada riwayat penderita jantung di keluarga saya (bapak).
    Mohon petunjuk dokter apa yang harus saya lakukan.

    Terimakasih,
    Dhani

  76. Salam. Dokter, saya laki-laki usia 51 tahun TB/BB 165/74.
    Waktu lulus sekolah usia 24 tahun TB/BB 164/45. Waktu sekolah cenderung ngantukan kecuali pelajaran yang disukai. Makan agak dibatasi sesuai kemampuan kantong. Tekanan darah hampir berkisar 60-80/100-120 (sampai sekarang). HB berkisar 10-13 (terakhir 13,8). Sejak kecil kalau lari mudah terengah-engah, mudah lelah, nyeri di dada.

    Ada riwayat kencing manis keluarga, Pak Lik (1 dari 7 bersaudara), Pak De (1 orang 1 dari 6) baik dari pihak Ayah maupun Ibu.

    Ketika awal masuk PNS tahun 1985, sudah diduga gula dalam darah/kencing agak tinggi. Sekarang habis periksa lab kondisi abnormalnya: keton positip 1, Gamma GT 141, trigliseride 358, HDL DC 37, LDL CD 159, Ratio C/H 6.2, Ratio LDL/HDL 4,3, Asam urat 5,9, Glukosa Puasa 200, Glukosa pasca makan 235. EKG normal.

    Rasa nyeri dada sering muncul ketika tidak pernah olah raga. Jalan baru 1 km atau 100 m tergesa-gesa sudah nyeri tak tertahan dan harus berhenti atau berjalan sangat pelan atau duduk sambil nafas panjang. Tetapi apabila dipakai berjalan biasa terus sampai enam km tidak ada masalah malah rasa nyeri hilang atau berkurang.

    Pernah mencoba menerapkan resep cina (jamur hitam putih) untuk atherosclerosis karena nasihat teman. Baru enam hari malah mual-mual dan muntah, saya hentikan dan periksa dokter SPD, diberi resep. dengan hasil leb seperti di atas. Diet 2000 kalori. Hasil agak berkurang setelah 2 minggu. Namun nyeri dada masih ada.

    Pertanyaan:
    1. Penyakit/kelainan saya apa (selain DM)?
    2. Sebaiknya periksa ke dokter ahli apa?
    3. Apakah jika DM bisa diatasi dengan diet dan berolah raga, rasa nyeri tadi tetap akan ada?

    Terima kasih, Dok.
    Salam.

  77. pro mas dhani : melihat usia Anda, sepertinya resiko penyakit jantung koroner masih rendah. Tapi dengan adanya riwayat keluarga, dan faktor lain yang belum terungkap, kemungkinan bisa saja itu gejala angina. Silakan ke dokter jantung untuk memeriksakan diri…

    pro Pak Budhi :
    1. Jelas ada gangguan fungsi lemak Pak. Dan perlu diketahui, 80 % pasien DM mengalami masalah aterosklerosis. Dengan hipertrigliserida dan DM tak terkontrol, resikonya bertambah.
    2. Dokter Penyakit Dalam atau Jantung.
    3. Bisa ya bisa tidak. Namun yang jelas dengan DM yang terkontrol semoga membaik.

  78. doter yg baik hati, sy laki2 38th,
    kemarin tgl 25 des pas bangun pagi dada sebelah kanan sy sakit sprt nyut nyutan kemudian sekarang kalo untuk nelan terasa agak sakit, mohon kira2 kenapa dok

  79. tamabaha keluha dok untuk bicara keras juga sakit

    Pak Budi, nyeri dada sebelah kanan antara lain bisa karena kelainan di otot, paru-paru, kadang2 jantung.
    Tapi jika berhubungan dengan menelan sakit, mungkin bisa kelainannya ada di esofagus(saluran pencernaan atas). Atau kalau nyerinya di tenggorok mungkin infeksi tenggorokan.
    Silahkan ke dokter keluarga untuk diperiksa..

  80. Kalo saya satu tahun kebelakang ini sering merasakan nyeri dada tapi terpusat di satu titik. seperti meremas kedalam. Kadang-kadang jika tangan direntangkan terdengar bunyi “tek” sperti ada otot bergerak, setelah itu nyeri dada agak berkurang… Saya memiliki Ashma tapi tidak parah

    Melihat cerita Anda, kemungkinan suatu nyeri karena jantung sepertinya bukan. Lebih cocok nyeri otot. Namun ada baiknya periksa ke dokter.

  81. dok,
    saya laki-laki masih berumur 16 tahun . .
    saya sering mengalami nyeri seperti tertusuk-tusuk di dada kiri saya, biasanya nyeri terjadi selama beberapa detik saja atau kadang smpai 1menitan . .
    tetapi saya pernah 1 kali mengalami nyeri yg lama sekali dan amat menusuk ketika mau tidur, pagi stelah bangung smpai di skolah pun masih terasa, setelah beberapa jam dskolah baru sakit mulai hilang . .
    saya blm pernah konsultasi pada dokter . .
    menurut anda ini gejala penyakit? ataukah tulang?

    Melihat usia dan sifat nyeri, sepertinya bukan jantung..

  82. Siang Dokter..

    Saya wanita berusia 29 th. BB/TB 53 /160 cm..
    Tgl 02 Jan 10, badan saya kejang &semutan..dan di daerah dada terasa sangat sakit seperti diremas..semenjak badan saya kejang tsb sampai hari ini (8 Hari) dada saya terasa berat..saya sdh kedokter dan hasil EKGnya normal, dokter hanya menganalisa hal tersebut disebabkan oleh asam lambung yang meningkat dan faktor stress dalam pekerjaan..dan saya diberikan obat utk lambung..walaupun saya sudah minum obat tersebut tetapi dada saya masih terasa berat..kira2 penyebab dada saya masih berat apakah karena asam lambung atau ada kemungkinan kelainan pada jantung saya dok ??

    Thnks

    vina

    Melihat gejala yang dikeluhkan, nyeri dada yang terus menerus hingga 8 hari biasanya berasal dari penyebab bukan jantung. Jika dari kelainan koroner biasanya kumat2an dan tidak terus menerus.
    Hasil EKG normal bukan berarti jantung benar2 normal. Tapi melihat usia Anda, seharusnya resiko koroner masih kecil.
    Silakan ke dokter jantung untuk memastikan diagnosa..
    Semoga cepat sehat…

  83. wah-wah thx infonya…
    Penderita penyakit jantung juga bisa mengalami sesak napas atau seperti tercekik, berkeringat dingin, lemah, berdebar-debar, dan jatuh pingsan. Keluhan fisik itu akan berkurang dengan istirahat dan tambah berat ketika penderita beraktivitas. ”Jika terjadi kondisi nyeri dada, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah baringkan penderita, istirahatkan sampai nyeri berkurang atau hilang, lakukan pemberian oksigen, kemudian panggil dokter, dan bawa ke rumah sakit yang terdekat,” ujarnya. Jika pertolongan awal terlambat, begitu ada gejala penyakit jantung, pengobatan tidak akan bisa optimal, bahkan bisa berakibat fatal bagi penderita.

  84. Malem Dokter,
    saya lelaki usia 28 tahun BB: 48KG TB: 162cm sudah sekitar seminggu ini dada sebelah kiri sakit jika menarik napas panjang namun sekarang sakit nya sampai tembus belakang (punggung, bahu), apakah saya mengidap penyakit jantung? apa yangharus saya lakukan?

    sepertinya bukan mas. mungkin cenderung ke kelainan paru-paru, atau malah sakit maag..
    kalau memang punya sakit maag coba minum obat maag dulu..
    silakan ke dokter untuk diperiksa…

  85. Pak Dokter…. Dada pas di atas lambung terasa sakit apalagi kalau di tekan sedikit . dan lebih sakit lagi apabila saya pas bersin atau batuk. ngak tahan rasa sakitnya dok. Saya sendiri ngak menderita batuk. Nafsu makannya normal. Tapi saya cepat lelah dan napas seperti tergopoh-gopoh kalau saya berkerja terlalu cepat. Dan juga kalau tidur saya harus mencari posisi yg pas karna terasa sakit juga. Tlng Dok minta penjelasanya. Mksh.

    Mas Khoirul, sayang sekali Anda tidak menyebut usia dan faktor resiko lain. Tapi kalau melihat sifat nyerinya, rasanya bukan dari gangguan jantung. Paling mungkin dari paru, maag/lambung atau otot. Silakan ke dokter utk diperiksa…

  86. Pak Dokter melanjutkan pertanyaan saya. Usia saya 38 thn. . Hampir 3 thn ini Dok saya sering ke dokter dengan berbagai macam Keluhan. mulai dari perut, pinggang,mata,gigi. tapi yg sering menjadi keluhan saya selama ini di perut.
    1. Hampir 3 thn ini Saya medical chek up sudah 6 x rongsen juga 6 x. Untuk hasil normal.
    2. Untuk pinggang kadang saya kerumah sakit untuk terapi.
    3.Terakhir kemaren periksa untuk mata saya min 0,75
    4. Gigi graham udah saya cabut.
    5. Saya sering kesemutan terutama kaki dan tangan.
    6. Untuk masalah perut saya sudah periksakan dengan alat semacan selang yg di masukan ke mulut sampek tembus ke perut sebanyak 2 x. Yang pertama hasil fotonya agak parah ada semacam koreng di lambung. Selang 4 bln saya periksa lagi hasil fotonya sudah agak mendingan sampek sekarang. Tapi kadang2 masih timbul rasa senep/seban. trus perut menjadi agak keras di sertai napas agak sesak.
    7. YANG SEKARANG SAYA ALAMI. Sakit di dada di tengah2 antar dua buah dada saya. kalk saya rasakan di tulang atau di antara tulang dan kulit. tapi kadang terasa gatal. Saya sudah ke dokter 2 x dan di rongsen dari depan dan samping tapi hasilnya tidak apa normal aja. SAYA TIDAK BATUK…. TAPI KALOK BUAT BATUK, BERSIN, SISI(Bahasa jawa) trus buat ketawa ngakak sampek ke pingkel2 juga sakit, BUAT TIDUR DADA JUGA TERASA SAKIT. JADI KALOK MAU BANGUN HARUS NGULING DULU. KLK SPONTA BANGUN LANGSUNG DUDUK SAKIT SEKALI DOK.
    8. Ahir2 ini saya sering ANTOP(bahasa jawa dok) terutama klk hbs makan.
    9. Saya tidak merokok sejak kecil.
    10. sudah 2 thn ini saya berhenti total minum-minuman keras, minuman suplement, Minuman yg bersoda, Es, susu serta kopi. Jadi sekarang saya cuma minum air putih saja. untuk buah2han jeruk saya hindari karna gigi saya sering linu klk makan jeruk.
    11. Untuk nafsu makan normal. 4 sehat.
    12. Mungkin itu aja dulu dok…crita panjang lebar saya makasih sebelumnya serta tak tunggu saranya.

  87. Pagi dok, nama saya Rafi 38 th, BB 85 kg, tinggi 175 cm beberapa hari ini dada kiri dekat ketiak kadang nyeri, terlebih kalau batuk. Kalau tidur terlentang agak sakit, lebih nyaman tidur miring. Info ortu saya Jantung Koroner, apakah ini awal gejala jantung ? Bagaimana mengantisipasinya ?
    Terimaksih sebelumnya.

    @ PAk RAfi : kalo melihat sifat nyerinya sepertinya bukan. TApi silakan ke dokter untuk memastikan..

  88. Pagi dok maaf ganggu, fathur 34th, gni dok sejak 1than ini aku pnya asam lambung tinggi sering sendawa dan tiap mau tdur mnta ampun susahnya mau kentut sbb prut trasa sprt mau kentut tp dak bisa2 klau pgi pas bangun alhamdulilah kentut kras dan sering bsa2 smpai 10x, dan akhir2 ini dkat ptg dada kiri saya trasa sakit (snuuut, snuut) trasanya kaya nmpel kult, tdk ssak cmn pas sendawa bnyak nafas kaya terganggu spt dak plong, kdang trasa smpai lher bgian kiri dok, kra2 apa dan sbb apa dok,,dan apa yg sy lkukan, (aku 1thnan yang pkerja sles sring krja smpai mlm skrg alhamdulilah ada sles yg bantu),trimah kasih atas bntuanya,

    @Pak Fathur : kemungkinan nyeri dadanya karena maag kronis. tapi belum bisa memastikan bukan koroner. silakan ke dokter jantung ngggih..

  89. dok, saya budi mo menyambung comment/keluhan saya (comment no.11)
    Dok, setelah kejadian itu, sekarang ini:
    – tersengal2 jika bicara banyak
    – denyut saya sering berdebar2 n kadang tidak teratur
    – jantung terasa nyer2an jika capek tangan (mis. membawa barang)
    – ulu hati saya terasa sakit/perih ketika bangun tidur n baru beraktivitas sedikit (mis. BAB), dan ulu hati saya terasa hangat/panas dan terasa kaya diremes2
    – gampang banget letih n klo dah gitu terasa mual, mo ga mo saya jadi sering menghabiskan waktu dengan istirahat
    – akhir2 ini sering pusing kliyengan
    – klo saya mengangkat tangan kiri (ato kadang kanan), di dada saya terasa kaya “kedempet/kehimpit”, ini juga saya rasakan jika saya tidur menyamping
    – dada saya kadang ada nyeri di tengah, kadang di daerah kiri
    Dokter, sebenarnya saya kena penyakit jantung apa c? Saya pernah periksa ke puskesmas, tapi karena tidak ada unit jantung saya hanya periksa thorax dmn kata dokternya ukurannya normal (waktu itu saya kuatir klo jantung saya ada pembesaran)
    Jika nanti saya ingin ke dokter jantung, pemeriksaan apa saja yang akan saya lakukan dok (mungkin jadi ketauan apkah penyempitan, sumbatan, otot jantung saya kenapa2, dll)?
    Segitu dl dok, terimakasih atas jawabannya!

  90. Dokter saya mau meminta tolong 2 minggu yang lalu tiba tiba dada saya merasa nyeri dan seperti sesak nafas. Dan dada rasanya berdebar debar. Ketika saya menarik nafas dalam dalam langsung kepala saya pusing seperti dingin.

    Langsung saya bawa ke UGD dan hasilnya saya harus opname

    Tetapi setelah opname dan dichek up oleh dokter jantung tidak terjadi kelainan apa apa dan katanya jantung saya normal

    Anehnya setelah pulang masih aja terjadi rasa nyeri berdebar2 dan panas didada itu. Bahkan sampai sekarang masih terasa. Rasanya bisa sedikit mereda bila saya langsung melahap makanan.

    Dan biasanya kejadian ini diawali dengan dada terasa kesulitan bersendawa. Dan leher seperti terasa mengganjall

    Tolong dok kira2 apa saya hanya terkena masalah psikis aja? Atau emang bener2 ada masalah dengan jantung saya

  91. Oh iya rekomendasi opname itu saya dapatkan dari dokter jaga setelah melakukan rekam jantung. Dan juga gejalanya lebih sering terjadi ketika sore, malam atau pagi. Tolong didiagnosa dok.

  92. Dokter, sekedar menambahkan (komentar no.89)
    Selama itu saya merasa(ga tau ne ada hubungannya ato ga):
    – leher saya sebelah kanan aga membesar, dalam arti klo saya raba kaya ada urat yang membesar (dokter yg dipuskesmas jg blg bgt, katanya leher saya gde sebelah)
    – suka pusing n di daerah sekitar muka terasa kaya ditekan ma jari (mis deket alis, tengah hidung daerah dahi
    – kaki sebelah kiri selalu kesemutan
    – sering ngerasa sesak nafas
    – sering merasa terengah2 padahal lgi ga ngapa2in

    @Buddy : silakan ke dokter jantung saja Mas. Mungkin akan dianjurkan untuk EKG, treadmill dan bisa juga plus echo…

  93. Dok perkenalkan usia saya 21 tahun, 2 minggu yang lalu saya mengalami dada berdebar disertai nyeri dan rasa panas disekitar dada, lalu tenggorokan saya seperti terganjal dan mengalami sesak napas ketika saya mengambil napas panjang langsung mengalami pusing seperti kepala mengalami ousing seperti dingin

    Setelah itu saya bawa ke UGD setelah diberi rekam jantung hasilnya adalah positif serangan jantung dan diharuskan opname. tapi ketik dichek up seluruh hasilnya maka dipastikan bahwa saya tidak mengalami apa2 atau kondisi jantung saya dalam keadaan baik.

    Tapi saya masih takut karena gejala itu masih saja sering muncul bahkan ketika malam tiba atau pagi menjelang. disertai dengan sendawa yang terus menerus dan biasanya sedikit mereda setelah diberi makanan.

    Dan saya juga mendengar tentang kewaspadaan terhadap sindrom koroner akut yang menyebabkan kematian mendadak tolong dok apa kira2 penyebabnya??

    Tolong didiagnosa ya dok kira2 apa penyakitnya????

    @Jumadi : Alhamdulilah bukan serangan jantung. Sepertinya usia 21 memang masih jarang. Silakan ke dokter jantung untuk di cek. Mungkin minimal perlu pemeriksaan treadmill dan echo untuk memastikan diagnosa..

  94. saya pria berusia 24 tahun, pkrjaan saya seorang jurnalis, sudah sejak desmber dada saya sakit seperti ditekan, mual, dan nafas terasa sesak, saya sudah cek ke dokter penyakit dalam, dokter jantung (tes ekg), dan rontgen tetapi menurut dokter paru2 dan jantung saya bagus. apa penyebab penyakit sayaya? apa mungkin dari maag kronis yang sudah lama saya derita?thnkz

    maag kronis memang bisa menyebabkan nyeri dada. silakan mencari second opinion..

  95. dok umur saya 24,bb 43 TD biasanya 90/60 mmhg
    bbrpa bln ni sya mngalami nyeri dada kira5x scara tiba2.rasanya sprti diremas dan trasa sesak.slama 10-20mnt.pdhl sya sdng tdk mlakukan aktfitas berat….sya msti px lmn y dok?kira2 peny sya apa? mksih y dok

    @Dina : check up saja ya. ke dokter, periksa foto rontgen dada dan ekg.
    dengan usia 24 tahun memang penyakit jantung koroner masih jarang.

  96. saya ma

  97. dok, saya selama 2 minggu terakhir, merasa nyeri di dada, jantung serasa diremas2, dan tangan kiri juga kadang ngerasa pegal.

    saya udah tes ekg 2 kali, baik ketika saya ngerasa baik2 saja, dan pas saya lagi ngerasa sakit, dan keduanya normal.
    tes darah, juga normal, hanya memang hematokrit saya sedikit lebih tinggi dari normal.
    tes kolesterol juga normal.

    nah, waktu saya periksa ke dokter spes penyakit dalam, saya diperiksa, dan dinyatakan menderita kostokondritis, nyeri di sendi di bagian dada, dan saya juga katanya ada maag juga.

    saya diberi obat betalans, disflatyl, dan ultracet.

    yg mau saya tanya apakah kostokondritis berbahaya?
    penyebabnya apa? karena saya gak pernah merasa ada benturan di bagian dada.
    apakah ultracet itu hanya penghilang rasa sakit? dan tidak mengobati penyakit saya?

    terimakasih sebelumnya dokter.

    Pak MArtin, kostochondritis biasanya tidak berbahaya. Sering terjadi karena gerakan yang berlebihan sehingga mengganggu kerja tulang rawan dan sendi.
    Ultracet memang mengurangi rasa sakit. Coba dibarengi dg istirahat cukup.

  98. malam dokter… dok umur saya 37 tahun, saya memang menderita obesitas… dada saya sebelah kiri rasanya nyeri, sampai ke punggung, tangan kiri terasa pegal… keluarga memang punya riwayat penyakit jantung, kakek, bapak dan kakak… saya kadang bingung dok rasa ini datangnya dimana payudara atau daerah dada yang juga kadang panas rasanya.. knapa ya dok saya? tks dok

    karena ada faktor resiko, silakan cek up saja ke dokter jantung..

  99. Yth Pak Dokter

    Bapak saya usia 56 tahun , tinggi 170cm, berat 80 cm. Beliau memiliki
    riwayat penyakit jantung mu;lai tahun 2006, dan sekitar 3 kali kena
    serangan jantung di tahun 2006 (penyempitan pembuluh darah) dan pernah
    mengalami angioplasti/kateterisasi di akhir tahun 2006 di RS dr Sutomo
    Surabaya (hanya di balon dan tidak dipasang stern/ring). Tahun
    2007-2009 beliau dapat beraktifitas relatif normal bahkan melakukan
    hobi aktifitas olahraga bersepeda onthel.

    Tanggal 6 pebruari 2010 tadi beliau mengeluh sakit dada setelah
    setelah bersepeda di pagi hari, saya langsung membawa beliau ke rg IDG
    RSU Daerah Ulin Banjarmasin, dan setelah beberapa saat di ruang iccu
    kondisi beliau sempat drop dan harus dibantu dengan defibliator,
    sekarang sudah hampir 1 bulan beliau dirawat di iccu saya mendapat
    info diagnosa dari dokter beliau mengalami penyakit jantung iskemik
    kronis (cronic ischemic heart desease).. sekarang beliau dirawat di
    ruang rawat inap jantung, setelah 25 hari di iccu.

    Adapun kondisi beliau sekarang sangat lemah dan selalu kepayahan,
    tekanan darah masih rendah, kisaran 80-90/60 mmhg, dan nadi yang cepat
    dan lemah, sekitar 140-150..

    Yang ingin saya tanyakan, apakah kondisi bapak saya bisa disebut gagal
    jantung? apakah ada kemungkinan kami minta di rujuk untuk di rawat di
    RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita? mengingat kondisi kami yang di
    Banjarmasin, yang terbaik sekarang apakah menunggu kondisi beliau
    membaik dulu atau ada masukan lain? Saat ini dokter spesialis jantung
    RSUD ulin terus melakukan terapi obat-obatan kepada beliau..

    Atas perhatian dan masukan dokter saya ucapkan terimakasih…

    Wassalam,

    Akhmad Faisal

    Yth Mas Faisal.
    Saya percaya dokter di Banjarmasin sudah berusaha memberikan terapi terbaik.
    Kondisi Bapak memang cukup berat. Bisa disebut gagal jantung. Untuk dirujuk ke Jakarta, memang selalu ada resiko dalam fase transportasi. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda..

  100. Pagi dok,

    Begini dok, sekitar 1 minggu lalu dada kanan saya terbentur stang motor, ngga terlalu kencang sih, tapi sakit juga..

    Nah, kira2 1-2 jam setelah itu kalau nafas panjang mulai terasa sakit.. itu berlanjut hingga sekarang(sudah 1 minggu) dan malahan sekarang ini rasa sakit ke belakang punggung.
    tapi kalau diraba atau ditekan di dada hanya sakit sedikit, (tidak seperti saat bernafas (seperti ditusuk).

    Apa yang harus saya lakukan dok ?
    Apakah harus di rontgen ?

    Terima kasih atas jawabannya dok…

    Bisa diberi gel penghilang rasa nyeri. Jika tidak berkurang, silakan pergi ke dokter untuk diperiksa..

  101. Selamat siang Dok…
    2 tahun lalu saya pernah merasakan nyeri dada & sesak nafas, kemudian saya ke dokter, dokter menyarankan agar saya di EKG & Echo, setelah melakukan Echo diketahui katup jantung saya bermasalah (MPV ringan tanpa MR), selain itu saya juga melakukan endoscopy, hasilnya ada gastritis erosive, selain itu saya juga menderita GERD, saya masih penasaran dok, apakah sesak nafas yang saya derita sampai sekarang ini disebabkan oleh MVP atau gastritis/GERD? dada rasanya penuh & kadang kalo berjalan saya suka limbung seperti orang mau jatuh…. apakah MPV ringan berbahaya dok?
    terima kasih atas jawabannya

    Mitral Valve Prolaps yang ringan tanpa MR tidak berbahaya. Tidak membutuhkan terapi intervensi maupun operasi. Silakan kontrol ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut penyebab sesak napasnya.

  102. matur suwun, semoga buuuukannnnn jantung…..

  103. Selamat pagi Dok,

    Suami saya sering mengeluh nyeri di dada kiri seperti ditusuk2. Biasanya hanya 10 menit-an. Tapi kali ini sejak sore hingga pagi sakit masih terasa. Nafasnya juga agak tersengal, tapi nyeri tidak menjalar ke leher dan tangan. Nyerinya terasa seperti tembus sampai ke punggung.
    Tinggi dan berat suami proporsional dan selalu olah raga dengan rutin.

    Apakah nyeri seperti tertusuk salah satu ciri penyakit jantung?

    Terima kasih atas jawabannya dok

    ening

    Yth Ibu Ening.
    Nyeri di dada kiri yang khas jantung biasanya nyeri tumpul, seperti ditimpa beban berat atau dihimpit.
    Untuk lebih pastinya, silakan ke dokter ya..

  104. selamat sore dok
    saya perempuan usia 20 tahun
    Merasakan nyeri dada pada sebelah kiri areanya seperi di letak jantung bawah saat bernafas.Nyeri timbul secara mendadak biasanya lebih dari 20 menit, kadang-kadang 10 menit. Pernah merasakan nyeri 1 minggu tidak berhenti. Umumnya dalam waktu 2 minggu pasti merasakan nyeri. Nyeri dirasakan mendadak, saya tidak mengetahui faktor memperberat dan memperingannya. Punya riwayat sakit jantung pada kakek dan nenek saya.Punya mag.
    Saya pernah ke dokter umum,katanya otot intercostalis saya yang terganggu dan diberikan obat asam mefenamat
    Pertanyaan saya, sebenarnya saya sakit apa dok, mengapa yang diberikan asam mefenamat???
    Apakah ada cara penyembuhannya kecuali dengan minum obat??????
    Terimakasih atas jawabannya

    Ni2..
    Melihat usia dan sifat nyerinya, sepertinya bukan sakit jantung. Bisa saja dari otot dada atau gejala maag.
    Coba makan teratur dan hindari pedas, zat pengawet dan makanan lain yg terlalu merangsang.
    Semoga membaik.

  105. Ass…
    malam dok…
    Dada kiri saya terasa seprti ditusuk2 tapi ritmenya hanya 1-5x.
    saya juga mengalami sulit bernafas jika terlalu tegang n didada saya sesak.
    apakah itu termasuk jantung?
    Dan bgmn pengobatannya?
    Saya pun memiliki history sakit maag.
    Terima kasih…
    Wass…

    Wass..
    Melihat sifat nyerinya sepertinya bukan sakit jantung.
    Tapi untuk pastinya silakan ke dokter ya…

  106. Dok, saya 45, bb 110kg, 175cm, dada saya suka terasa panas (bukan nyeri dan tdk sakit) dan pindah ke tangan dan bagian badan lainnya. Saya sedang terkena psoriasis hampir seluruh badan. Apakah saya sakit jantung atau krn psoriasis? Saya juga kena DB sejak 2005.

    sepertinya bukan karena jantung. tapi silakan cek lebih lanjut ..

  107. selamat siang dok , saya 54 th jarang olah raga dada kiri bila bangun dari sujud ketika salat sakit sebentar kalau dipijat enak kaya orang masuk angin asam urat saya 7 kolesyterol agak tinggi juga trigliserida agak tinggi belum ekg sih apa ada gejala penyempitan atau apa terima kasih

    mungkin saja Pak. silakan cek ekg, bila normal, treadmill.

  108. ass. dok

    di dlam kamar mandi..
    Saya merasa krna posisi yg brubah dari jongkok lalu berdiri, stelah itu lngsung saya pusing,nafas sesak, pandangan gelap, lalu jatuh dan tak sdarkan diri (namun hnya kurang dari 1 menit)..

    Saya jg sring mrasakan hal yg sama, ketika bangun dari posisi tidur atau duduk,namun tidak sampai jatuh hanya sampai pndangn gelap..

    Saya jg sering mrasa sakit di bag. Sekitar dada & jantung, sngat sakit apalagi jika mnarik nafas…, say ajg sering nyeri di bag kepala dan mata….
    Kira2 saya sakit apa dok?
    Thnks dok..

    Wa’alaikum salam. Mbak Kiki lebih baik periksa ke dokter saja ya. Cek tekanan darah, dan pemeriksaan fisik lain…

  109. dok, saya wanita berusia 31 tahun, sudah 3 mgg ini, saya menjalani perawatan gigi, tgl 15 april 2010,graham saya rencanany amau dicabut tapi karena masih sakit, drg menyarankan saya untuk mengkonsumsi antibiotik aprolic 150mg. tanggal 17 April 2010, saya menrasakan nyeri di dada tengah ke kiri, rasanya seperti tebentur. suami saya menyarankan saya menghentikan antibiotik dulu, saya sulit menelan dok, apakah ini termasuk gangguan lambung. saya harus berkonsultasi ke dokter apa,dok? apakah pencabutan graham juga mempengaruhi. terima kasih, dok.

    sepertinya nyeri yang terjadi karena gangguan lambung, atau kerongkongan. antibiotik coba dihentikan dulu. silakan ke dokter penyakit dalam…

  110. Dok, pacar saya usia 26 tahun, porokok dan hobi minum kopi.
    sudah 2 hari ini dia merasa nyeri dada kiri yang sangat. dan skrng katanya rasanya sudah menjalar sampai ke ulu hati.
    awalnya saya kira iya hanya masuk angin biasa, setelah dikerok dan diurut tak kunjung hilang juga rasa sakitnya dok.
    apakah itu serangan jantung dok ??
    mohon penjelasannya dok, trims.

    melihat usia, sebenarnya resiko serangan jantung masih kecil. tapi bisa saja ada faktor resiko lain selain merokok. jika nyeri dadanya terkait dengan aktifitas akan lebih menyokong gejala serangan jantung. jika tidak pun, ada baiknya ke dokter untuk memastikan..
    semoga cepat sehat..

  111. Ass. WR. WB..
    Selamat Malam Dok..
    Saya laki-laki usia 28 Tahun dengan berat badan 45-50 KG, Perokok, suka minum kopi,sering begadang (melek malam) dan jarang berolah raga, merasakan sakit nyeri dada sebelah kiri.. nyeri ini akan lebih terasa kalau menarik nafas dan batuk.
    Nyeri juga akan terasa meningkat jika dilakukan penekaan pada bagian dada yang sakit.. kadang terasa mual disaat makan,
    Pertanyaannya :
    1. Mohon Infonya apa yang saya alami?
    2. obat penghilang rasa sakitnya?
    3. Terima Kasih..

    Salam..

    (Nevi Bence)
    email : nevi_plo@yahoo.com)

    Mas Nevi, melihat sifat nyerinya, sepertinya nyerinya terkait dengan otot. Bukan kelainan jantung. Silakan dicoba obat anti nyeri yang dijual bebas. Bila tidak berkurang, silakan pergi ke dokter..

  112. Dok…saya wanita 35 thn..knp ya..dada atas mo ke arah ketiak sering senut2?kaya rasa masuk angin…trus punggung jg pegel kaya msk angin…apa ini gara2 saya sering pake tas di taruh di tgn kiri?..pernah saya begitu trus ke dokter umum katanya asam lambung saya lg naek..ohya trus klo saya dikagetin lsg jantung deg2an en rasanya pyur2an en lsg lemez…apa ini jantung ya?…

    melihat sifat nyerinya, kok tidak terlalu khas untuk kelainan jantung. begitu juga dengan deg2an kalo dikageti. itu wajar. silakan ke dokter untuk diperiksa termasuk rekam jantung..

  113. nyeri dada versi Saya selalu terjadi ketika saya bangun pagi…entah kenapa yang jelas dada saya tidak hanya terasa nyeri tapi juga sesak. Saya konsumtif kopi..kira2 ada penggaruhnya tidak???

    Meskipun jarang, kopi bisa saja memicu nyeri dada, terutama jika setelah minum kopi terjadi takikardi atau peningkatan denyut jantung yang melebihi normal..

  114. Dok saya berumur 21 Tahun, beberapa saat ini saya sering mengalami hidung mampet, kemudia sesak napas, tenggorokan seperti ada yang mengganjal dan nyeri nyut2an seperti ditusuk ringan di bagian dada kiri atas dan bisep tangan kiri. Apakah itu ada masalah dengan jantung saya ? Tetapi denyut jantung tidak pernah berdebar2 dan hasil check medis rekam jantung saya normal

    Melihat usia dan sifat nyerinya, kemungkinan serangan jantung kecil. Untuk pastinya, silakan ke dokter..

  115. Saya pria 37 tahun, tinggi 172, dengan berat 55. tekanan darah biasanya antara 100 sampai 110. Saya perokok ringan (sebungkus sehari), minuman kadar alkohol 5 % paling 2 kali seminggu. Bangun tidur senin pagi (21/6) lalu, tiba-tiba dada bagian kiri terasa nyeri sepanjang hari, meskipun sya masih bisa beraktivitas. Saya ke dokter, tensi darah saya katanya 150, seumur-umur baru kali ini tensi saya tinggi dokk. Riwayat medis Keluarga saya darah rendah semua. ini hari ketiga masih nyeri dok.. Saya sakit apa dok, mohon sarannya..

    Mas Fajar, sebungkus sehari itu bukan perokok ringan lho..
    Ada baiknya Mas Fajar segera ke dokter spesialis jantung.

  116. Selamat pagi Dok,ini keluhan yg saya alami adalah nyeri otot di dada di bawah puting sebelah kiri,usia saya 34 tahun bb 78 tinggi 169cm,baru terasa nyeri dalam 2 hari ini,sebelumnya seminggu ini saya terkena asam lambung..saya perokok aktif dan juga setiap pagi jogging dan treadmill 30menit hingga 1 jam,tiap 6 bulan sekali saya full medical check up,mohon saran dan infonya,maturnuwun

    Pagi Mas Dendy..
    Sayangnya deskripsi nyeri dadanya kurang jelas. Kalau jelas terkait dengan ototnya(ditekan sakit, dibuat gerakan tertentu tambah nyeri, dst), sepertinya bukan masalah jantung. Tapi Anda memang punya faktor resiko, yaitu perokok. Jika nyeri dadanya sangat mengganggu, ada baiknya cek rekam jantung ke rumah sakit.

  117. Nyeri nya di otot Dok cuma kalo ditekan saja kalo dibuat gerakan tertentu tidak sakit,kegiatan jogging tetap 30 menit setiap hari tanpa masalah,saya terakhir tes rekam jantung 6 bulan lalu normal,rontgen normal kebetulan saya pilot jadi tiap 6 bulan sekali selalu medical check up,history genetic jantung dari keluarga tidak ada,masalah nyeri ini apa ada hubungan dengan asam lambung ??maturnuwun

    Nyeri yang jelas lokasinya, terkait otot dan makin nyeri dengan ditekan biasanya memang tidak berhubungan dengan asam lambung. Silakan ke dokter untuk memastikan.

  118. selamat malam Dok, saat ini saya kerja di tokyo, saya ngalami nyeri dada kiri bawah selama 1 minggu ini, mkin lama intensitas nyerinya makin sering. setelah 1 minggu ini, ternyata saya baru tahu, klo setiap hbis mkn/ minum, terasa sakit, jga saat kerja, kira2 ini gejala apa dok? nyeri, perih ini sangat mengganggu saya , mohon saran nya, teria kasih.

    nyeri saat selesai makan minum dan aktifitas kerja bisa dikarenakan sakit jantung. tapi definisi “perih” kok agak kurang pas. jadi bisa saja dari gejala sakit maag. silakan ke dokter..

  119. Dear dokter,

    Usia saya 29 tahun, BB 42 kg, Tinggi 156 cm. Saya ibu bekerja. Saya sering kali mengalami sakit dada bagian kanan atas, di bawah tulang bahu. Sebagai info tambahan, saya memang sering kali juga punya masalah dengan pencernaan, yaitu dengan gas berlebih. Beberapa tahun lalu saya pernah konsultasi ke internist karena kolik di usus akibat gas berlebih tsb. Apakah mungkin sakit dada (rasanya seperti ditonjok, dan kalau sedang kambuh, paling sakit kalau menarik nafas dalam) kanan saya karena faktor gas tsb?
    Terima kasih

    Sepertinya tidak berhubungan Bu. Apalagi letaknya di bawah bahu kanan. Coba kontrol ke dokter lagi..

  120. Dear dokter……
    sy mau tanya apakah penyakit jantung bawaan/kebocoran jantung,terjadi pada ayah saya,harus selalu minum obat rutin?ayah sy umur 54 tahun,setahun terakhir ini,px keluhan disekitar dada & sulit bernapas/sesak nafas kadang2,setelah diperiksa kt dktr ayah sy menderita kebocoran pada klep jantung & penyebabnya adalah,jantung bawaan sejak lahir,tapi baru setahun ini ayah sy merasakannya,sebelumnya tidak pernah,mengapa bisa demikian dok?Thanks

    Mbak Yanti, kalau memang ada kelainan bawaan, biasanya pelan-pelan terjadi perubahan pada jantung. Dulu mungkin perubahan itu tidak menimbulkan gejala. Namun saat ini tahap perubahannya sudah agak berat, sehingga mengganggu fungsi jantung.
    Sebaiknya obat sesuai saran dokter. Jika ragu, silakan mencari second opinion..

  121. dokter yth.
    dr hsl foto rontsen paru paru saya dibilang ” broncho … pneumonia” stlh minum pbat sekitar 1 minggu terasa sakit didada kanan kdng juga terasa kram dan jantung berdebar debar. kira2 apa penyebabnya ? thanks

    nursia, sebab dada kanan nyeri bisa terkait dengan infeksi bronkopneumonia, sedang berdebar bisa karena sebab lain. coba kontrol ke dokter..

  122. dok, saya 20thn, BB 45 TB 153 ,dada kanan saya nyeri dan trasa berat, apalagi setelah menarik nafas, batuk, bersin dan menguap..

    bahkan sakitnya sampai di punggung, pundak, dan bawah dada..
    ada apa dgn saya ya dok?

    nova, sepertinya nyeri dadanya bukan dari jantung. arahnya lebih ke kelainan otot, atau yang lain. coba ke dokter. adakah riwayat sakit magg?

  123. Dokter yang baik,
    Saya pria 40 tahun. Kenapa dada kiri saya suka terasa tidak nyaman. Kadang2 jantung saya suka berdenyut lebih keras beberapa kali. Kalau saya olahraga, senam misalnya, jantung kadang2 gledak gleduk satu atau dua kali, terus normal lagi. Kenapa ya saya? Saya takut ini gejala “gagal jantung”kah? soalnya saya mengidap hipertensi dan minum normotten 10 ml tiap hari (pagi) dan sore minum pelambat denyut. Apa yang harus saya lakukan? 2008 sudah EKG, Treadmill dan MSCT hasilnya normal…apakah perlu echo? Tks

    Pak Budi.
    melihat gejalanya, ini yang disebut jantung berdebar atau palpitasi. Sering karena gangguan irama jantung. Coba ke dokter untuk memastikan. Pertama dilakukan EKG, dan langkah lebih lanjut bisa saja holter monitor ata echo sesuai saran dokter.

  124. Dokter, saya wanita umur 26 tahun,
    Obesitas, dan ada riwayat hipertensi,
    Nyeri di dada kiri kadang ke kanan, kadang di tengah, sekarang kadang di pundang dan ketiak kiri, rasanya kaya pegel gtu… Jantung berdebar2… Napas pendek2
    sempet di cek ekg, di 3 RS, hasil normal, cek darah normal, sempet ada peningkatan enzim, tapi dokter bilang masih batas normal,usg perut normal, rongen normal…
    Riwayat jantung keluarga gag ada, kolesterol n gula darah juga normal…
    Kira-kira saya kenapa ya dok?

    Mbak Devi.
    Melihat sifat nyeri dadanya, usia, dan EKG yang normal sepertinya bukan suatu kelainan jantung. Namun jika Mb Devi masih terus terganggu, bisa dilakukan treadmill test. Terutama karena ada faktor resiko obesitas dan hipertensi.
    KEmungkinan lain bisa saja karena nyeri otot biasa…

  125. ass…
    dok..saya wanita berusia 24 tahun..saya sering mengalami nyeri pada dada sebelah kanan, dan sakitnya tembus ke belakang sebelah kanan juga, akhir akhir ini nyerinya sampai ke tangan kanan dan terasa agak berat.mohon penjelasanya..thax…
    wss….

    Mbak Nilam, nyeri dada bisa disebabkan banyak hal. Kalau melihat usia dan sifat nyerinya, kemungkinan penyebab dari jantung agaknya kecil. SIlakan ke dokter untuk diperiksa ya..

  126. ass. dok..usia saya 33 tahun, jarang olahraga, perut agak buncit, akhir-akhir ini punya gejala nyeri dada, kadang sesak, sudah EKG hasilnya normal, kadang tenggorokan terasa penuh habis makan, apa yang saya alami dok? mohon dijelaskan.

    Wa’alaikum salam Mas Gafar. Penyakit jantung makin lama memang makin dini muncul. Namun melihat sifat nyeri dada dan tenggorokan rasa penuh sehabis makan, keluhan itu cenderung berhubungan gangguan pada sistem pencernaan. Coba kurangi pedas dan makanan yang merangsang. Obat maag mungkin membantu. Silakan konsultasi ke dokter utk langkah selanjutnya..

  127. doc…sy berusia 23thn…sy rasa sakit di bahagian kiri bawah payudara sy..sudah berlarutan 2minggu.. dan sakitnyer hanya 5minit ke 10 minit sahaja..adakah ia berkaitan dengan jantung sy atau apa? terima kasih

    Putri, sayangnya deskripsi rasa nyerinya kurang lengkap. Kalau ada hubungan dengan waktu makan, saat perut kosong misal, bisa karena sakit magg atau lambung. Kalau ada benjolan di payudara bisa karena benjolan tsb. BIsa juga karena nyeri otot biasa.

  128. dok..
    Saya laki-laki 23 tahun dada saya terasa nyeri terutama di bagian jantung rasanya seperti dibakar dan di tusuk-tusuk. Saya punya sakit maag yang sering kambuh padahal sudah makan teratur. Apa sakit maag saya yang mempengaruhi nyeri di dada saya dok?
    Kalau iya bagaimana cara pengobatan yang sederhana tanpa perlu rontgen?

    @pro : mas budi. sepertinya memang dari magg. coba makan teratur, hindari pedas dan kopi, minum obat magg kalau perlu.

  129. dear dokter,

    saya umur 25, berat ideal, dan slama ini ga pernah ada sakit serius..
    6 bln belakangan punggung kiri atas saya sakit,,, dan sebulan terakhir spt menjalar ke dada kiri saya kdg suka nyut2an (posisinya di atas pydra saya)… saat ini lengan kiri saya tidak pernah saya gunakan lg utk angkat beban apapun biar ga smkin pegel2, dan saya ga nyaman tidur mghadap kiri krn menekan punggung/dada kiri saya, saya pun sering sesak napas kalau duduk di bis atau tidur, rasanya lebih lega kalau dibawa jalan. Apalagi 2 bln terakhir saya ada mslh dan sptnya sakitnya semakin berasa.

    saya ingin periksa, tp baiknya ke dokter apa ya dok? dan di jkt dimana?

    Gimana pendapat dokter thd apa yang saya alami ini?
    terimakasih atas perhatiannya.

    dear sinta,
    ada baiknya dicek lengkap ke dokter penyakit dalam. mungkin perlu foto rontgen. ada banyak diagnosis banding. bisa dari paru-paru, atau otot.

  130. saya wanita berumur 20 tahun,. saya ingin bertanya tentang penyebab pada sakit di dada saya sebelah kiri(rasa sakit seperti sakit bekas dipukul), disertai dengan rasa sesak, apalagi ketika tertidur. selain itu tulsng belakang sampai keatas pundak pun terasa sakit seperti terbebani sesuatu. dulu saya pernah meroko tapi itu tidak terlalu sering, dan pernah juga mengkonsumsi minuman beralkohol. rasa sakit ini mulai saya rasakan belakangan ini dengan kondisi badan yang capek, kurang tidur, dan seringnya berkendaraan menggunakan motor. Rasa sakit yang saya alami ini di sebabkan apa? dan apa yang harus dilakukan? saya belum berani untuk pergi periksa ke dokter.

    dear pipit. sepertinya lebih baik periksa ke dokter. penyebabnya harus dicari benar2. bisa karena sakit paru-paru, atau kelainan otot saja.

  131. saya sering terasa capek / nyeri dada
    saat naik tangga ataupun olahraga
    kadang” juga terasa capek sendiri
    Kok bisa gitu y?
    umur 20

    @mas tono : terasa capek bisa karena memang latihan fisik yang kurang, atau karena ada kelainan di tubuh. kelainan paru-paru dan jantung akan mengurangi kapasitas latihan tubuh.

  132. Salam kenal, Dok.

    Begini,akhir2 ini sy mudah terkejut dengan bunyi2an, walaupn bunyi tsb tdk terlalu keras. Saat kaget, jantung sy langsung berdebar tak beraturan, dada terasa agak nyeri dan badan biasanya langsung lemas.

    Perlu diketahui, secara fisik sy termasuk underweight, dok.
    Tinggi sy 165 cm, dengan berat hanya 39 kg.
    Berat badan sy ini menurun drastis sejak beberapa bulan lalu.

    Oya Dok, kalau sedang emosi, dada sy terasa sangan nyeri, kemudian tangan mati rasa. Pernah sy sedang bicara di telepon lalu emosi sy terpancing, tiba2 tangan sy terasa kesemutan dan HP terjatuh dengan sendirinya.

    Apakah itu gejala sakit jantung, Dok?

    Mohon penjelasannya..

    dear Novelia,
    gejala yang diderita bisa karena sakit jantung, bisa juga tidak. tapi kok rasanya sangat terkait dg kondisi psikologis ya? coba deh ke dokter agar diperiksa..

  133. Thanks a lot for the post it’s really helpful

  134. Pak dokter, maaf saya mau tanya umur saya 43th, 3 minggu kemarin test EKG tdk ada masalah, tetapi saya skrng dada kiri dan area belikat kiri nyeri seperti habis terpukul. tangan tdk berkeringat, saya punya penyakit asma..kata teman saya, itu gejala awal jantung coroner..terus bgaimana ya mencegahnya dan supaya pulih saya hrs makan dan melakukan kegiatan apa ya..tolong ya Dok..

    @mas januarr : yang terpenting diagnosa ditegakkan dulu mas. Makanan gorengan dan lemak dihindari dan serta olah raga.

  135. dok, maaf sya mo tnya. sya umur 31 berat 68 kg. pada malam hari tiba2 tangan sya seperti kram dari ketiak sampai dada sebelah kiri trs sampai belakang lalu keleher belakang kepala. kalau lg kram sakit sekali. memang saya kadang2 seperti itu. sakitnya seperti kram, ditusuk dan kaku.dan kalau sakit itu sampai tulang belakang dan pinggang.kadang kl sya baca kelamaan pun seperti mual dan tegang. apa itu termasuk ciri-ciri sakit jantung. thx dok

    @mas siauw : bisa saja mas. ada baiknya cek up ke ahli jantung.

  136. permisi dok mau ikutan nanya ya. :)
    “tadi pagi abis sahur tiba2 saya merasa nyeri di dada sebelah kanan saat bernapas dalam, namun tidak terasa nyeri saat bernafas biasa.
    kalo kayak gini ada masalah dimananya ya dok?

    rasa nyeri itu terjadi saat saya sedang bermain laptop diatas kasur sambil tengkurap.

    terima kasih.

    mas soleh, kemungkinan paling besar adalah rasa nyerinya berasal dari otot. silakan istirahat cukup, jika masih nyeri minum obat anti nyeri yang dijual bebas. jika tidak berkurang, seilakan ke dokter.

  137. Hallo dok saya 31thn, saya tidak merokok, dada saya sering sakit apabila habis membawa tas ransel yg rada berat atau sehabis tiduran tanpa bantal, jadi rata.. Apakah ini hanya otot ? Saya pernah rekam jantung tp dokter bilang normal jantungnya, tp itu saya rekam 5 bulan yg lalu, apakah perlu rekam lagi ? Ohya kadang2 jantung saya berdebar2 kalau habis jongkok trus berdiri walaupun tidak selalau, Thanks dok

    @steven : sepertinya bukan dari jantung. tapi nyeri otot.

  138. Dok, umur sy perempuan dg usia 18th. Sy sering mengalami nyeri dada tp hanya di bag dada sebelah kiri, rasanya seperti ditusuk-tusuk dan tambah sakit saat menarik/mengeluarkn nafas, tapi nyeri ini biasa trjd dlm 10-30 detik. Telapak tangan sy jd seringkali mjd dingin malah hmpr setiap hari,
    Sy memang pny pny maag yg srg kambuh,
    Yg ingin sy tanyakn apakah nyeri tsb krn maag sy atau gejala pnykt jantung?
    Terimakasih.

    @kristin : melihat umur dan kualitas nyeri, sepertinya lebih cenderung karena magg. coba hindari makanan pedas dan berpengawt, juga kopi. minum obat magg yang dijual bebas.

  139. dok umur sy 30 thn, sy divonis hipertiroid, sudh 6 bln rutin konsumsi obat PTU dan concor 2,5 mg.
    dari 6 bln yang lalu dada di sebelah kiri sy sering nyeri, dan bertmbh nyeri ketika suhu atau cuaca agak dingin. jantung sy jg sering berdebar tidk teratur, apakah sy mngidap pnyakit jantung? tks tuk penjelasannya

    ada dugaan ke arah thyroid heart disease. coba silakan cek ke dokter jantung terdekat.

  140. Dok saya umur 31 thn, TB 165, BB 55, sudah 1 minggu ini merasa sakit / nyeri di dada sebelah kiri, akan terasa sakit ketika bangun tidur tapi ketika melakukan aktivitas biasa sudah mulai berkurang rasa sakit / nyeri nya

    kira-kira kenapa dok?

    Thx

    @Mas Rihart : nyeri saat posisi tidur salah satunya bisa disebabkan gangguan pada asam lambung. biasanya akan berkurang dengan posisi duduk.

  141. terimaksih atas informasinya, tp saya masih bingung dengan nyeri dada yg saya rasakan, rasa nyeri tdk terlalau di dada sebelah kiri bawah saat menarik nafas dan leher terasa kaku dan pegal sekali..mohon penjelasanya. terimaksih

    @ Yunus : nyeri dada saat menarik napas bisa disebabkan karena gangguan pada paru, lambung atau otot. silakan ke dokter untuk memastikan…

  142. dear dokter penulis,

    mertua saya umur 54, wanita, kmrn dipriksa ke dokter katanya kena maag akut.. setelah 2 hari minum obat beliau merasakan dada kiri nyeri, punggung ngilu, kepala sakit. mohon bantuannya. trims

    @Evie: ada banyak faktor mengapa sekarang timbul gejala tersebut. silakan kembali ke dokter yang merawat..

  143. Salam saya pak dokter,
    Pak saya pria umur 49th bb 51kg tb 155cm, saya sdh 3 bln lebih berhenti merokok. tapi justru akhir2 ini dada saya sering nyeri/panas, kadang disertai mual, dan puyeng (mau pingsan). Pernah sakit sampai seharian. Please advis pak. Terima kasih

    @Steven : silakan ke dokter jantung untuk diperiksa lebih lanjut.. Semoga tidak serius..

  144. Selamat pagi pak dokter, saya ingin menanyakan masalah yang terjadi dengan saya terkait urain Bapak diatas. Saya ceritakan dulu kronologisnya ya pak
    Pada pertengahan Bulan Ramadhan yang lalu, saya minum obat cina herbal untuk kesehatan wanita saat menjelang makan sahur, lalu pada siang harinya tiba-tiba tenggorokan saya rasanya kering n haus, dada bagian kiri saya sakit sesak, mau bicara saja saya harus tarik napas dengan tidakeluasa seperti biasanya, dada kiri dibawah payudara rasanya seperti dipukul palu, mau senyum n tertawa saja sulit, lalu saya pulang k rumah untuk berbuka dan minum air yg banyak tetapi sakit dada kiri tidak juga hilang. Saat saya sedang belajar jam 12 malam, sesaknya semakin menjadi mau duduk n berdiri n tertawa kok rasanya sulit sekali akhirnya saya k IGD dini hari itu juga, walhasil saya diinjeksi kiri dan kanan melalui lengan saya n berangsur-angsur nyeri di dada itu hilang dan saya diberikan obat maag oleh dokter.
    Nah..pagi ini sejak tadi malam tepatnya saat saya sedang menonton film tiba-tiba sesak dada kiri itu menyerang lagi, mau tidur saja untuk hadap kiri or hadap kanan saya harus hati-hati karena terasa sakit di dada kiri itu. Sampai dengan pagi ini saya belum k dokter d UGD, tetapi, saya tanya lewat ‘paman gogle’ ini dan saya menemukan tulisan pak dokter.
    Bagaimana menurut Bapak, apa yang terjadi dengan saya ini? Ohya saya Ibu rumah tangga n pegawai negri, usia 32 tahun, anak sudah 2.
    Demikian curhat saya pak dokter, mohon ditanggapi. Terima kasih.

    @Yuneth : bisa dicoba minum obat maagg yang dulu diresepkan dokter. jika tidak berkurang, ada baiknya kontrol..

  145. dokter, saya pria berumur 22 tahun, tinggi saya 170cm dengan berat 55kg.. Saya bukan perokok, jarang olahraga, pengendara motor, makan tidak teratur.. Dari dulu saya sering merasa nyeri pada dada sebelah kiri.. Tapi belakangan ini rasa nyeri itu menjadi sering hampir setiap hari.. Badan saya juga pegal-pegal.. Aktifitas saya menjadi terganggu karena memikirkan hal ini, dan saya menjadi was-was takut jantung saya bermasalah.. Parahnya lagi saya paranoid terhadap suatu penyakit, saya takut ke dokter karena takut di vonis sesuatu, dan saya takut kerumah sakit, apa lagi sama jarum suntik. Tolong dokter, berikan saya pencerahan agar saya bisa tenang. Terimakasih.

    mas dani, kalau melihat usia, sepertinya nyeri dada yang diderita bukan karena koroner. tapi lebih baik cek ke dokter. belum tentu disuntik kok..

  146. bln agst-sept dada kiri saya terasa nyeri, terutama saat ambil napas dalam. akhir2 ini rasa nyeri itu terus ada, dan semakin terasa pas ambil napas panjang/dalam, tepatnya di dada kiri agak ke bawah.
    td sy periksa ke puskemas dan ktnya maag.
    bgmn dok, sy takut klo kena serangan jantung mengingat sy masih 33th, dan anak sy masih kecil2.
    tolong sy ya dok..
    terimakasih..

    mas ugik, kalau melihat sifat nyerinya sepertinya bukan serangan jantung. bisa berasal dari maag atau kelainan paru. jika belum sembuh, silakan ke dokter semula..

  147. dok saya perempuan berusia 23 tahun, akhir-akhir ini sering merasakan sakit di tulang dada sebelah kiri & itu terjadi dalam waktu yang cukup lama. dada terasa tertekan benda berat & kalo bernafas panjang terasa berat serta telapak tangan & kaki keluar keringat dingin…itu gejala apa ya dok?

    melihat gejalanya, memang ada kemungkinan mengarah ke gangguan jantung. tapi usia Anda masih 23. so ada baiknya periksa ke dokter. semoga bukan gejala yang serius.

  148. Assalamualaikum…
    Dok, usia saya 32th hampir 3 minggu sy batuk dan gak sembuh-sembuh, terakhir disertai nyeri didada kiri dengan lokasi berpindah kadang di tengah, kadang diatas n kadang dekat ketiak, oleh dokter disarankan setelah obat habis dilakukan rontgent untuk mengetahui kondisi lebih lanjut. Untuk cek jantung diperlukan juga gak ya…………..wassalam

    mas Anton, sepertinya memang nyeri dadanya terkait dengan batuk Anda. foto rontgen dada adalah yang paling diperlukan saat ini. setelah melihat hasilnya baru direncanakan terapi dan pemeriksaan lanjutan..

  149. Dear Pak Dokter,
    Nama saya bonnie, umur 31 th, saya penderita diabetes, pada tahun 2007 saya pernah kena jantung coroner , waktu kata dokter disebabkan oleh diabetes saya, sejak saat itu saya selalu menjaga kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol saya, tapi saya suka merasakan nyeri seperti di cubit di dada tengah bagian kiri, memang beda rasa nyerinya seperti yg saya alami pas serangan dulu, tapi apakah itu tanda-tanda serangan lagi dok?? saya juga udah 3 minggu batuk tidak sembuh-sembuh, apakah ini juga gejala serangan juga dok?? mohon saran nya, terima kasih

    mas bonnie, rasa dicubit yang berlangsung sebentar tidak khas untuk serangan jantung. tapi karena anda penderita diabetes, kadang memang gejalanya tidak khas. tentang batuk, kecuali kalau sudah terjadi gagal jantung, biasanya tidak terkait serangan jantung.
    ada baiknya periksa ke dokter.

  150. dear pak dokter,
    suami saya 35 tahun TB 160 cm BB 60 Kg, sudah 6 bulan & 2x cek lab, hasilnya kadar trigliseridanya tinggi (204 dan 211), asam urat tinggi (7,8 dan 8,2),total kolesterol, HDL dan LDL semua msih dalam batas normal.
    sudah 4 hari ini, dia mengeluh sakit nyeri/pegal di dada kiri menembus sampai ke belakang, apalagi jika dipakai membungkuk/tidur miring.
    apakah itu gangguan jantung?
    setelah itu dia membatasi konsumsi nasi, hanya makan buah&oatmeal,minum suplemen minyak ikan&blackcurrant seed,olie oil dan mengonsumsi obat penurun trigliserida dg merek modallim.
    bagaimana menghilangkan nyeri menembus k blkg itu ya dok?saya khawatir dia overworried akibat nyeri yg entah kenapa& yg justru malah memicu gangguan psikis

    tolong ya dok, saya sangat mengharapkan jawabannya, mengingat kami tinggal di Banjarbaru yg akses d dr.spesialis jantungnya tdk mudah.trmksh bnyk

    -nove-

    dear nove.. melihat sifat nyerinya, kok tidak terlalu khas untuk gangguan jantung ya. masih ada kemungkinan sakit maag. bisa dicoba minum obat maag yang dijual bebas. kalau belum membaik, bisa ke dokter jantung terdekat, atau ke dokter penyakit dalam..

  151. dok nama saya alfi TG168 BB69 kg umur 19 th.
    saya suka sakit di dada sebelah kiri rasanya kaya diremas..
    saya suka merokok dan naek motor..
    boleh minta solusinya?

    @alfi : coba stop merokok dan start berolahraga..

  152. dok, saya dani yang pernah komentar sebelumnya tentang nyeri dada kiri dan sesak nafas.. karena suatu malam saya sesak nafas, saya semakin khawatir dan pergi ke klinik, dan dokter klinik mengatakan saya radang tenggorokan, asam lambung dan indikasi terkena tifus… lalu saya diberi obat ranitidin(lambung), antibiotik, obat batuk dan teosal… setelah saya konsumsi teosal jantung saya berdetak sangat hebat.. saya takut sekali waktu itu (dan saya baru tahu kalo teosal obat asma, padahal saya tidak asma)… hingga saya menghentikan pemakaian teosal.. tiga hari keluhan saya tidak terobati.. dan akhirnya saya pergi ke puskesmas, dokter puskesmas berkata asam lambung saya tinggi hingga menyebabkan sesak nafas, saat saya minta tes darah beliau menolak dan sangat yakin kalau hanya asam lambung tinggi, dan saya diberi paracetamol, ranitidin dan beberapa vitamin… setelah dari puskesmas akhirnya sesak nafas dan nyeri dada saya berkurang dan hampir sembuh… tapi beberapa hari kemudian setelah obat habis rasanya dada saya sesak lagi dan nyeri datang lagi, ditambah kadang dada kiri saya terasa kesemutan… dan saya kembali stress karena takut saya terkena penyakit berbahaya… saya pun selalu mengkonsumsi ranitidin sebelum makan.

    yang mau saya tanya,
    1. apa benar asam lambung tinggi menyebabkan sesak nafas dan nyeri dada kiri??
    gejalanya bisa seperti itu.

    2. setelah dokter memeriksa jantung saya dengan stetoskop, beliau berkata kalau saya kurang olahraga, dan saya memang jarang olah raga ditambah musim hujan.. apa olahraga berpengaruh terhadap kesehatan jantung??
    betul

    3. apa ada efek samping selalu mengkonsumsi ranittidin sebelum makan??
    sebaiknya tidak terus menerus

    4. setiap saya naik tangga gedung kampus hingga lantai 3 sampai 4, jantung saya berdetak lebih kencang.. apa itu wajar???
    wajar. olah raga ya..
    mohon jawabannya ya dokter, kiranya saya mohon maaf jika merepotkan.. karena jujur saya selalu stress memikirkan penyakit..

  153. dok, saya ika, umur 26 thn, berat 45 kg, tinggi 160 cm.
    ketika berdiri lama tanpa bergerak, kdang saya pingsan.

    pernah juga ketika tidur malm, dada kiri atas sakit, untuk menarik nafas jg sakit…

    mohon penjelasannya dok.. trims.

    pingsan karena berdiri lama tidak selalu karena kelainan jantung. coba makan dan istirahat cukup, juga oleh raga. utk nyeri dadanya, bisa karena magg (coba hindari makanan pedas) atau sakit paru2.. kalau perlu ke dokter..

  154. Dokter, saya umur 33 th, tinggi badan 174, berat 74 kg. 2 hari yang lalu jantung saya berdebar debar sejak sore sampai saya tidak bisa tidur. pagi2 saya ke dokter keluarga, kata dokter tidak apa apa. saya sering mengalami dada kiri terasa tidak enak dan tembus sampe punggung kiri. kadang didada kanan dan punggung kanan, tapi lebih banyak yg sebelah kiri. awal bulan nov 10 saya endoscopy dan ada radang pada lambung. tekanan darah saya selalu normal, saya tidak merokok dan tidak minum minuman keras. olah raga tenis.
    bulan okt 10 saya juga sempat check up, hasilnya kolesterol total 241.
    hasilnya saya beritahukan ke dokter internis dan saya diberi cholestat (30 hari 1 hari sekali).

    saya pernah threadmill agustus th 2009 hasilnya menurut dokter internis masih normal walaupun ada loncatan. rontgen normal.

    sebelumnya saya pernah hampir pingsan karena sesak napas, ulu hati sakit dan terasa penuh. pas waktu ke klinik saya diberi obat untuk maag.

    yang ingin saya tanyakan mengapa saya sering berdebar debar? dan dada kiri terasa tidak enak. apakah saya perlu melakukan tes jantung yang lain?

    mohon penjelasannya. terima kasih banyak.

    Mas Luke, berdebar-debar bisa terjadi karena denyut jantung yang cepat atau ‘perasaan’ saja. silakan dihitung nadinya kalau saat serangan terjadi. Sebaiknya konsultasi dengan cardiologist. Ada beberapa modalitas lain utk evaluasi gejala Anda.

  155. Saya wanita, umur 33thn, berat 73kg, tinggi 165cm. Baru partus spontan 1bln lalu, 3 hr ini saya mengalami nyeri daerah uluhati , kadang nyeri kearah sblah kiri uluhati juga, Sampai tembus ke punggungnya sperti nyeri otot atau salah urat. Bersendawa sperti sakit maag, mual, trutama kalau menarik nafas dalam2 terasa nyeri dan mau muntah. Tiap detak jantung seolah lebih terasa krna seolah brsentuhan dgn area yg nyeri. Saya Sudah coba makan obat maag tp nyerinya hanya berkurang dikit kdg ga brkurang sama sekali. Penyakit apa kira2 dok?
    Trimakasih sebelumnya Dan salut atas kesediaan dokter menjawab, jrg Ada dokter mau meluangkan waktunya begini. Smoga Tuhan membalas kebaikan dokter. Tq

    dear Anna, gejalanya memang khas untuk magg. Kalau dengan obat magg yang dijual bebas belum berkurang, ada baiknya ke dokter untuk mendapat terapi magg yang lebih baik.. Atau siapa tahu ada penyebab nyeri lain yang perlu dievaluasi. Thx.

  156. Dok. sy Pria usia 23 thn. Mau tanya kalau misalkan pada saat menelan makanan atau minuman, dada sy terasa sesak itu gejala apa ia Dok. ? dan cara penanggulangan’y bagaimana ?
    Mohon Informasinya. .
    Terima Kasih

    mas Gagum, nyeri dan sesak saat menelan sering disebabkan karena gangguan pada kerongkongan atau esofagus. kalau dengan obat magg biasa belum membaik, silakan ke dokter..

  157. Dok, akhir bulan oktober dada saya terasa penuh lalu saya rontgen dan hasilnya paru-paru saya bersih dan tidak ada KP aktif. Awal november saya batuk berdahak lalu saya ke dokter dan cek LED,dahak dan tes mantouk dan dokter bilang hasilnya semua baik. Setelah minum obat dari dokter batuk saya jauh berkurang tapi masih batuk sampai sekarang (dan batuknya berdahak tapi jarang) dan sekarang dada saya terasa penuh (seperti ada makanan yang nyangkut di dada) dan juga dada bagian kanan sakit. Apa saya perlu rontgen lagi atau apakah ini cuma masuk angin aja? Makasih dok

    rasa seperti makanan yang nyangkut bisa saja karena gangguan lambung atau esofagus. nyeri dada kanan memang tidak begitu khas untuk gangguan jantung. saya kira lebih baik periksa ke dokter dulu, baru ditentukan pemeriksaan yang diperlukan..

  158. malam dok,
    saya perempuan usia 22 tahun berat 57 kg dan berat badan 157 cm,
    sudah seminggu ini dada kiri saya sering terasa sakit apalagi ketika mengambil nafas panjang,
    dan kadang merambah pegal ke pangkal leher kiri,dan lengan, hingga graham saya dok,
    itu sering terjadi ketika saya kelelahan atau meluap2 emosi,
    sy sgt tkt dok krena mcari informsi di google dng ciri2 sprti ini adalah gejala jantung koroner,
    dn akhrny sy menemukan artikel ini yg sedikit menenangkan saya,
    nenek dan kakak sya pengidam asma,
    dan lambung saya sangat sensitif setelah minum kopi,
    kira2 di sebabkan ap keluhan ini dok?sy blm pernah periksa k dokter untuk hal ini,
    thx b4 dokter yg baik hati :)

  159. malam dok,
    saya perempuan usia 22 tahun berat 57 kg dan berat badan 157 cm,
    sudah seminggu ini dada kiri saya sering terasa sakit apalagi ketika mengambil nafas panjang,dan terasa sakit dalam waktu lama seperti satu harian.
    dan kadang merambah pegal ke pangkal leher kiri,dan lengan, hingga graham saya dok,
    itu sering terjadi ketika saya kelelahan atau meluap2 emosi,
    sy sgt tkt dok krena mcari informsi di google dng ciri2 sprti ini adalah gejala jantung koroner,
    dn akhrny sy menemukan artikel ini yg sedikit menenangkan saya,
    nenek dan kakak sya pengidam asma,
    dan lambung saya sangat sensitif setelah minum kopi,
    kira2 di sebabkan ap keluhan ini dok?sy blm pernah periksa k dokter untuk hal ini,
    thx b4 dokter yg baik hati :)

    mb astri, melihat sifat nyerinya yang meningkat dengan menarik napas serta berlangsung dalam 1 hari kok tidak terlalu khas untuk koroner. bisa karena nyeri otot maupun penyebab lain. termasuk magg.
    silakan ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.. semoga cepat sehat.

  160. ass. dok
    Saya perempuan umur 21 tahun . Saya sudah menikah , dan punya 1 anak.
    Dok sekitar 6 yang lalu saya pernah minum sulami (obat diet) dan saya tidak cocok, obat itu bikin jantung berdebar, seluruh badab seperti mau pingsan, mulut kering , kepala dan tengkuk pegal, dan maag saya menjadi kronis. Akhirnya saya di bawa ke rs, dan dinyatakan keracunan berat lalu dikasi obat dan sembuh. Yang mau saya perjelas dan saya mau tanyakan adalah : setelah sembuh maag saya kambuh lagi, hingga saya lemas dan sesak dok, sampe sya menagis karena tidak tahan lagi, berkali2 ke rs dengan dokter yg berbeda, sampai pada akhirnya, maag saya berangsur2 membaik sampai hari ini. Tetapi..
    Baru td malam saya mmerasa mual , saya pikir masuk angin biasa , minta dikerok. Setelah itu makin parah sampai jantung saya berdetak sangat cepat sekali dok, disertai muntah2 , tangan kiri saya lemas , kaki dingin disertai keringat dingin dok, apakah karena maag saya atau ada hubungannya dengan jantung dok? Dan pagi hari saya merasa enakan, tetapi ada rasa snut2 yang kadang muncul, saya jd takut klo selama ini bukan hanya maag saja. Tolong jawabanya dok.. Teerima kasih

  161. oia dok hanya ingin menambahkan setiap merasa mual dan terkena maag kaki dan tangan saya juga terasa geli seperti lemas, sebelum mengkonsumsi sulami obat diet itu saya tidak pernah mempunyai keluhan apapun dok dalam masalah kesehatan, apakah keracunan saya blom sembuh?

  162. terima kasih dokter untuk jawabannya,
    saya periksa ke dokter dan di bilang sakit nyeri otot,
    kemarin2 sya sudah tidak merasakan sakit,
    tapi kenapa skrg saya mengalami sakit yang sama ya dok?
    ap karena mengangkat barang2 berat itu berpengaruh dok??
    thx b4 dok

  163. Siang Dok,
    Saya wanita, menikah, 38 thn, 163 cm, 58 kg. Papa saya meninggal krn serangan jantung (penyempitan). Mohon bantuannya utk menjelaskan mengenai kasus saya : 2 hari lalu, sewaktu mau tidur, dada (dibawah payudara) sblh kiri ngilu, seperti otot tegang, senut2 gitu, sekitar 10 menitan. Saya baru selesai menstruasi hari Sabtu (4 hr lalu). Apakah penyebabnya krn stlh selesai menstruasi ? Hal ini jarang terjadi, tidak selalu sakit setelah mens. Terkadang hanya sebentar, beberapa detik. Tetapi, 2 hari itu yg terlama.
    Saya coba bernafas dalam2, tidak masalah. Hanya saya harus pelan2 berhembusnya. Sebelumnya posisi tidur saya terlentang, lalu saya ganti posisi tidur ke sblh kanan, tidak apa2, baru saya bisa tidur nyenyak.
    Saya tunggu penjelasannya. Terima kasih.

    Salam,
    Nanny

    Salam Bu Nanny.. Saya kira ada baiknya cek jantung. Diagnosa bandingnya cukup banyak. Namun kemungkinan koroner tetap ada. Apalagi ada faktor keturunan..

  164. malam dok……saya mnta bantuannya…dada tengah saya terasa nyeri dan panas kemudian punggung tengah saya jg kadang terasa tertusuk linggis……kadang kadang gejala ini hilang tp kadang muncul lagi……kira kira knp ya dok….????

    Penyebabnya banyak Mas… Bisa karena jantung, bisa yang lain..

  165. dokter maaf klw sy byk tanya,
    hr ni sy periksa lagi k dokter umum lain,
    karena nyeri di dada tidak kunjung sembuh,
    lalu dokter itu bertanya apa pernah ada tanda biru di tubuh tapi bukan karena luka benturan,
    sy jawb iya pernah sesekali dan sangat jarang,
    dokter it blang ada kmungkinan sakitnya dari jantung,
    saya sangat takut dok,
    apa yg harus sya lakukan?
    terima kash byk seblumnya dok

    Silakan konsultasi langsung ke dokter jantung saja. Agar kecemasan Anda berkurang :)

  166. Met sore dok,
    saya perempuan umur 25 tahun
    gIni keluhan saya,,nyeri di dada kiri kadang kadang di kanan,mulut asam,air liur berlebihan,perut bunyi,periH di tenggorokan,perut panas,mual, punggung dan tangan pegal pegal..
    Sudah 4 dokter yg saya kunjungi ,terakhir ini dokter ahli penyakit dalam
    katanya asam lambung tinggi….

    Kalau melihat gejalanya sepertinya memang gejala magg…

  167. pagi dok,

    saya pria, 24 tahun, 58kg, 171cm

    kemarin minggu 26 Des 10, saya berolahraga futsal, di tengah-tengah permainan saya merasa berat saat bernafas, padahal di minggu-minggu sebelumnya saya tidak pernah merasa seperti ini.
    Setelah merasakan sesak itu, saya langsung minum teh hangat dan mengoleskan balsem pada dada saya, dan rasanya agak mendingan.
    Setelah mendingan, saya makan bersama teman-teman, pada saat makan saya merasa aneh, makanan yang saya makan berasa lewat di dada (biasanya tidak pernah seperti itu)
    Hal ini berkelanjutan sampai sekarang,
    kira-kira kenapa y, dok? apakah saya terkena radang paru atau hanya panas dalam saja?
    (tenggorokan juga agak sakit)
    Apa yang harus saya lakuin ya, dok…
    Terima kasih atas jawaban dan sarannya, dok.

    @Tirto : Jika ada keluhannya berhubungan dengan proses menelan, bisa disebabkan karena gangguan di lambung atau esofagus. Silakan ke dokter..

  168. DoktEr…saya wanita brusia 30 thn…skrg saya sering merasakan sakit dada n trasa panas n agak sesak..sktny tembus dr dada hingga k punggung..jantung sering brdebar tanpa jelas penyebabny…saya jg sering sakit kepala seperti dtusuk2..trs sering setiap kepala saya nunduk…telinga saya seperti berdengung seperti ada udara y masuk sampe k kepalaSaya bingung sebenarny saya sakit apa ?..Dokter saya mohon penjelasanny..terima kasih sebelumny..

    @Ela : keluhannya banyak sekali ya.. Apa sudah kontrol ke dokter? Ada baiknya konsultasi secara langsung..

  169. dok sy wanita usia 24 tahun
    saya memiliki riwayat penyakit bronkitis sudah hmpr 3 thn, dua bulan yg lalu saya smpat dirawat di rs krn sesak nafas dan nyeri di dada kiri yg kuat terasa spt ditusuk2 dan mengakibatkan sesak, nyeri ini menjalar hingga ke bagian punggung kiri. tp sebelum sy msk rs sy tdk prnh merasakan nyeri di dada kiri. hasil diagnosanya ada infeksi di sekitar paru atas dan oleh dokter yg merawat diberikan antibiotik melalui infus, mengenai nyeri dada sudah di ekg dan hasilnya normal. setelah plg dr rs kndisi sy jauh lebih stabil krn sy juga totally bed rest. tp setelah sy aktif bekerja kmbali dan terutama 1 bln belakangan ini, dada sebelah kiri selalu nyeri dan jg sy sering kembali sesak. apakah ini faktor bronkitis sy atau kah hnya otot tegang atau ada kemungkinan lainnya?
    terima kasih atas bantuannya dok

    @Mala : nyeri dada karena jantung lebih sering bersifat periodik dan memberat karena aktifitas. Dalam usia 24 tahun, agak jarang penyebabnya koroner. Namun ada baiknya konsultasi lagi dengan dokter Anda.

  170. aslm dok.
    semoga dokter tidak bosan menjawab pertanyaan saya:)

    atas keluhan saya seblumny sya pergi k ahli jantung, sudah di foto thorax,ekg dan tes treadmill
    ekg dan tes treadmill hasilny normal dan foto thorax dokter bilang ukuran jantung saya lebih besar.
    sampai skrg sakit dada nya msh terasa walaupn tdk separah dulu, tapi 3 hari belakangan ini badan sy sering terasa kesemutan dok,terutama tangan kiri,
    ap kesemutan it pengaruh dari nyeri dada saya dok?
    terima kash seblumnya dok
    selamat tahun baru:)

    @Astri : Wa’alaikum salam. Bisa saja berhubungan dengan gejala nyeri dada yang lama. Silakan kontak kembali dokter jantung Anda.

  171. Hallo Dokter,
    Saya ingin menanyakan soal Ibu saya. Ibu saya umur 50tahun dan dalam masa menopause. Berat 58kg, Tinggi 163cm. Belakangan ini beliau sering mengeluh sakit di dada tengah hingga dada bagian belakang tepatnya di tulang punggung tengah saat bangun pagi. Terasa nyeri yang sangat menusuk hingga badan susah digerakkan. Rasa sakit akan pelan2 menghilang setelah mulai digerakkan. Terkadang sakit juga terasa dibagian pangkal rusuk kiri kanan. Minggu lalu sudah dilakukan test darah, semua normal dan bagus.
    Mohon petunjuk dari Dokter untuk masalah yang Ibu saya alami ini. Dan kira2 harus konsultasi ke Dokter bagian apa untuk masalah ini?
    Terima kasih atas tanggapannya Dok…

    @Dannie : Nyeri yang dialami Ibu bisa disebabkan banyak hal. Salah satu gangguan lambung. Tetapi kelainan koroner juga bisa. Silakan ke kardiolog untuk berkonsultasi lebih lanjut..

  172. dok….saya wanita umur 32thn…bulan lalu pada malam hari saya mengalami dada sesak,dan menggigil.rasanya seperti mau meninggal…saya langsung dilarikan ke UGD..setalah diperiksa ternyata saya di diagnosa kena asam lambung… setelah diberi obat memang berkurang rasa sesaknya, tapi prosesnya sangat lama,sampe sekarang pun rasa sesak dada itu masih berasa.kadang jantung seperti jatuh…dan kadang suka seperti ditusuk2….waktu di RS saya minta di test jantung dengan EKG dan hasilnya jantung saya ga papa,di rontgen paru katanya bagian bawah paru buram,maksudnya apa yaa??
    kalau mau test general check up gimana yaa caranya??terima kasih

    @Pipit : ada banyak RS yang menawarkan paket check up, kalau bisa yang termasuk treadmill test..

  173. mlm dok…
    sy mo tanya, sy pnya ibu ber umur 63th ahir2 ini ibu sy mengalami sakit d dada sbelah kiri & d sertai rasa panas d skitar dada saking panasya sampe sy kompres pake air dingin. apa kira2 pnyebabnya dok? mohon pnjelasanya dok…. ibu sy pnya riwayat sakit mag jg darah tinggi prnah jg stroke ringan. terimakasih dok… sy tunggu blsnya…

    @Titan : melihat faktor resiko yang ada, ada kemungkinan nyeri dadanya terkait dengan koroner. meski bisa saja dari magg. silakan konsultasi dengan kardiolog..

  174. Dok ..
    beberapa hari ini saya suka sakit di dada sebelah kiri, tidak terlalu sakit tapi mengganggu, biasanya berlangsung 1-2 detik dan satu hari kadang 1 kali tapi kadang bisa berpuluh-puluh kali. Bernafas terasa berat, agak sesak dan kadang nyeri terasa sampai ke punggung, rasa berdebar-debar. Pernah juga kesemutan tangan kiri pada saat bangun tidur. Sudah periksa ke internist dan EKG, hasilnya normal … Apakah ini gejala sakit jantung atau lainnya ya Dok?

    @Erma : Nyerinya kok tidak terlalu khas untuk penyakit jantung koroner. Tapi ada baiknya konsultasi dengan kardiolog.

  175. usia saya 36 thn, saya merasakan nyeri di dada sudah 6 bulan terakhir, di bag tengah n kadang2 sampai saya sulit bernafas, sy periksa ke RSU n di EKG, 2 dktr pnykt dlm mengatakan sy positif jantung koroner, kmdian sy EKG ke RSUD ktnya ada kelainan, kmdian sy ke rmh skt swasta n di treatmeal ttp hslnya sehat ttp ada hsl yg aneh n hrs tm ulang di RSUD, selama sy skt yg sering bbrp bln sy mnm obt jantung dr dktr, rsnya agak smbh ttp lm2 ga trs, akhrnya sy ke dktr ahli jantung utk di EKO ttp hslnya baik semua, ttp sy disarankan tm ulang di RSUD, tp krn sebln sy mrs sht sy blm mlkkn tm ulg, tp skrg ini sy mrs skt lg, rsnya kl sy trll cpk atau bnyk fikiran pnykt itu dtg, tp dlm 6 bln ini brt bdn sy jd naik trs krn menghndri aktif, bagaimana sebaiknya yha dok? kr2 sy skt apa? krn smp skrg sy mrs tkt dgn diagnosa awal dktr yg mgtkn sy jntg crnr..smntra hsl lab sy bgs semua kecuali tensi sy yg srg rendah, mksh dok sblmnya..

    @Ida : Sebaiknya Anda menemui kembali dokter jantung Anda. Jika treadmill normal tetapi keluhan Anda masih ada, bisa saja dilakukan pemeriksaan lain untuk memastikan. Misalnya MSCT jantung. Silakan berkonsultasi dengan beliau.

  176. Sore dok….
    Saya pria berusia 31 thn 15 menit yang lalu dada kiri saya terasa sakit dan sekarang sakit itu hilang malah pergelangan sampai jari dan celah jari2 sakit gatal-gatal, yang seperti tu sering saya alami apalagi kalo sudah malam atau ketika sudah tidur, kadang sebentar kadang agak lama sekitar 20 menitan biasanya saya kompres pake air panas dan menarik napas yang dalam lalu di keluarkan lagi. saya mau tanya kata orang kalo dada kiri sering sakit dan jari kaki atau tangan sering gatal2 saya sudah terkena jantung, tapi saya belum percaya dan maka itu saya pun belum memeriksanya ke dokter, bagaimana menurut dokter? terima kasih

    @Donny : keluhan nyeri dada memang bisa jadi satu gejala sakit jantung. tapi tidak dengan gatal2nya.. silakan ke dokter terdekat untuk memastikan.

  177. Slamat siang Dokter,

    saya pria berusia 28 thn, sejak kemarin pagi dada sebelah kanan saya nyeri yg diikuti juga punggung sebelah kanan, sertai mual dan kadang2 batuk, nafas sesak dan badan jadi lemas saya coba sharing ke teman ktanya ada kmungkianan masuk angin dan saya sudah coba minum obat pembuang angin, namun sampai saat ini rasa nyeri blum kunjung sembuh, saya jadi kwatir kira2 ini gejala dari penyakit apa ya dokter…sekedar informasi akhir2 ini memang saya agak sering cemas oleh karena sesuatu hal.

    Terimakasih dokter atas responnya.

    Salam
    Yos

    Diagnosa bandingnya banyak. Tapi kurang khas untuk keluhan karena jantung. Silakan ke dokter ya..

  178. dok.. saya mau tanya. saya diserang nyeri dada dok, kadang kalau batuk rasa nyeri itu muncul, juga saat ditekan pakai tangan. saya juga suka batuk dok, batuk kering yang berkepanjangan, tapi tidak ada tanda2 penyakit TBC. kadang kalau batuk, biarpun minum obat batuk, ga sembuh2 dok sampai 1 bln lebih. nyerinya juga muncul kalo saya menoleh ke kiri atau ke kanan belakang diikuti bunyi “krek” dari dada (yg mungkin hanya saya yg mendengar). Kira2 saya kenapa dok?? soalnya saya takut ke dokter. apa sebaiknya saya rontgen saja?? tx y dok.. slmt malam.. tlng di reply..

    Ada baiknya ke dokter Mas. Tapi kurang khas utk nyeri dada koroner. Salah satu penunjang diagnosanya memang dengan foto rontgen.

  179. o iya dok.. umur saya 23 tahun. nyerinya udah setahun gitu.. awalnya sih karna suka tidur telungkup.. saya pikir karna itu.. tp ko suka batuk juga ya.. makanya jd kwatir.. tx

  180. pak sya mw tanya apakah terapi chragem itu bagus..?sya pria dng bb 45 tb 170 umur 24 th..
    Akhir2 ni dada sebelah kiri sya sering nyeri tp msh bsa d tahan..it kenapa ya pak..?

    Maaf, saya tidak bisa mengomentari terapi ceragem, karena belum membaca kepustakaan/penelitiannya.

  181. dok saya wanita umur 37 th… mengalami nyeri dada kiri sudah 4 hari ga bebes bergerak. serta sakit di punggung sebelah kiri dan tangan kiri terasa pegal2 kaya ga punya tenaga (lemah) … apa penyebabnya ya dok… tubuh saya bagian kiri terasa pegal dan nyeri pada tempat2 yg saya bilang tadi….. kadang punggu kanan juga nyeri…..
    maksih ya dok….
    saya menunggu jawaban dari dokter….

    Sepertinya nyeri otot. Silakan minum obat pereda nyeri atau kontrol ke Dr.

  182. q mau tanya…
    Be2rp tahun belakangan q sring ngrasain nyeri d da2 kanan agak k arah ketiak,
    tadinya c nyerinya cuma kya agak susah wt b’nafas j, tp belakangan ntu pas tidur da2nya jg suka nyeri, trz kalo tidurnya miring makin berasa nyeri, tp kalo tidurny lurus nyerinya agak berkurang,
    kira2 ntu gejala pa y?
    Makasih sebelum’a…

    Sepertinya nyeri otot. Silakan ke dokter utk memastikan.

  183. dokter, saya wanita, 37 tahun, tidak merokok dan jarang berolahraga. Saya mempunyai MVP dan PFO, yang menurut dokter yang memeriksa saya, tidak perlu dilakukan tindakan. Dua bulan belakangan ini, dada tengah saya berdetak, dan setiap kali detakan ini muncul, denyut nadi saya (yang terasa dileher saya) terhenti sejenak untuk kemudian berdenyut kembali. Kadangkala detakan di tengah dada (disekitar ulu hati) saya bisa terjadi 10 kali dalam waktu 1 menit. Oleh dokter yang merawat saya, saya diberi isoptin dan seloken (metropolol). Kadang obat2an ini membantu, kadang tidak juga. Pernah suatu kali, saat saya bangun tidur seminggu yang lalu, detakan didada tengah saya begitu banyak, dan tensi darah saya menunjukkan 135/89 dengan pulse 112. (tensi saya biasanya rendah, 100/70 atau 90/60). Saya langsung minum obat2an itu, dan langsung ke UGD. Di UGD tensi saya di cek oleh dokter, 90/tidak terdeteksi. Oleh dokter UGD, saya disarankan untuk terus mengkonsumsi obat2an tersebut. Saya jadi takut untuk minum obat dok, mengingat tensi saya yang menjadi sangat rendah, padahal saat itu saya sedang berada diluar kota. Sebelumnya, 2 minggu yang lalu saya baru test treadmill (saya hanya kuat 7 menit), tapi menurut dokter, hasil test treadmill saya bagus. Yang ingin saya tanyakan, apakah detakan dtengah dada (disekitar ulu hati) tersebut merupakan gangguan irama jantung. Apakah penyebabnya? Mengapa bisa muncul terus menerus, kadang bisa seharian, kadang bangun tidur, kadang mau tidur, kadang saat saya sedang berpikir, tetapi malah jarang muncul saat saya sibuk beraktifitas. Kalau detakan itu muncul, saya menjadi sangat ketakutan dan biasanya tensi saya bisa naik menjadi 130/80 dengan puse diatas 110. Saya juga tidak merasakan nyeri, hanya pernah dada kiri saya seperti tercubit. Saya sangat terganggu dengan detakan terbut dokter. Mohon penjelasannya. Terimakasih.

  184. DOK,
    Mau Tanya:
    Umur Saya 40 BB62/TB 168
    Pertama saya sampaikan Riwayat penyakit Saya
    1.Asam lambung ( maag/ grastitis kronic) sudah satu tahun
    2. SPasme spastic pada leher sebelah kiri. Sehingga menyebabkan lengan sampe jari2 kesemutan
    Check Up AGustus 2010 semua normal Termasuk EKG.
    Terus terang saya rutin EKG dan saya sering ditanya apakah punya sakit Maag ( dyspepsia?) saya jawab YA
    Yang Saya Alami, saya suka sakit di dada sebelah kiri, kadangsampai ketiak(keseringan seperti terasa ada gatal2 gtu ) kalau di tekan terasa sedikit sakit tp klo gak,seperti biasa 2saja, sehingga saya sering garuk2, pernah saya Tanya ke dokter Specialis Dalam Katanya hanya masalah otot saja, dan tidak di beriobat, sakitnya tidak mengganggu,Tidak seperti ditindih, ato menusuk. karena sebentar2 hilang, ya tidak sakit2 amat sih, cumin seperti nyeri saja, sepintas gtu, nafas biasa, tidak sesak,tapi kadang2 perut terasa seperti penuh, sehingga saya sering kentut, itu terjadinya terutama malam hari setelah makan ( terasa penuhnya) kadang2 juga spt kembung … Apakah ini gejala sakit jantung? Asam lambung , otot atau bekas pijitan?
    Terima kasih jawabannya dok

  185. Mau Tanya:
    Umur Saya 40 BB62/TB 168
    Pertama saya sampaikan Riwayat penyakit Saya
    1.Asam lambung ( maag/ grastitis kronic) sudah satu tahun
    2. SPasme spastic pada leher sebelah kiri. Sehingga menyebabkan lengan sampe jari2 kesemutan
    Check Up AGustus 2010 semua normal Termasuk EKG.
    Terus terang saya rutin EKG dan saya sering ditanya apakah punya sakit Maag ( dyspepsia?) saya jawab YA
    Yang Saya Alami, saya suka sakit di dada sebelah kiri, kadangsampai ketiak(keseringan seperti terasa ada gatal2 gtu ) kalau di tekan terasa sedikit sakit tp klo gak,seperti biasa 2saja, sehingga saya sering garuk2, pernah saya Tanya ke dokter Specialis Dalam Katanya hanya masalah otot saja, dan tidak di beriobat, sakitnya tidak mengganggu, karena sebentar2 hilang, ya tidak sakit2 amat sih, cumin seperti nyeri saja, sepintas gtu, nafas biasa, tidak sesak,tapi kadang2 perut terasa seperti penuh, sehingga saya sering kentut, itu terjadinya terutama malam hari setelah makan ( terasa penuhnya) kadang2 juga spt kembung … Apakah ini gejala sakit jantung? Asam lambung , otot atau bekas pijitan?
    Terima kasih jawabannya dok

  186. MAAF dok SAYA PAKE nama yg doubel sebab susah masuk pertamanya
    makasih

  187. dok, sya wanita umur 23 thn, tb 158, berat 72 kg..
    saya sering skali nyeri di bagian dada, sbelah kiri maupun kanan, tp lbih sering bagian kiri, punggung saya sebelah kiri pun sakit seperti tertimpa benda berat..dan kalau digerakan, nyerinya sampai ke dada sebelah kiri serta ketiak…terkadang tangan sebelah kiri sya jg suka ngilu..apa ini penyakit jantung dok??

  188. saya Laki 40 th/ BB63/168
    keluhan saya, saya kadang2 nyeri dada sebelah kiri atas tepatnya di atas bagian susu sampe ketiak, saya ada spasme pd leher kiri dan sempat dulu sampe kesemutan dari lengan atas sampe jari2, tapi sekarang sudah tidak lg setelah saya fisio therapy, pijat dan akuounktur sesuai saran dokter saraf, yg masih terasa adalah kadang2 nyeri dada sebelah kiri atas sekitas daerah atas susu sampe ketiak, klo di pijat atau di tekan terasa sedikit sakit, tapi sepertinya kaya semriwing gtu, nyerinya tidak pernah menjalar, saya juga ada sakit maag yg sudah lama, ya setahunan lah, dan daerah sekitar tulang punggung bagian tengah agak kebawah juga nyeri ( cuman di satu titik saja ) itupun saya sudah akupunktur dan pijat. apakah saya ada sakit jantung atau? krn maag, atau cuman spasme otot?

    terima kasih atas jawaban dokter

  189. DOk tanya:
    saya sering mengalami nyeri dada sebelah kiri disekitar susu kadang sampai ketiak, tapi tidak menjalar, sebentar2 hilang sebentar2 muncul. nyerinya masih bs di kenali, bukan samar2 tidak sesak, tidak merasa tertindih, tidak merasa ditusuk2 ato di remas2, kadang2 di sertai seperti gatal, saya ada asam lambung, apakah ada hubungannya dengan jantung ato dr asam lambung yang tingi?
    saat ini saya minum obat omeperasol dan racikan vometa dan frixitas( dr dokter ahli Gastro )
    tapi nyerinya tidak begitu menyiksa, hasil EKG normal
    terima kasih dok

  190. trims bwt info sehatnya..tp saya ingin konsultasi bwt penulis…
    sy waita berumur 24 tahun..(kadang) saya merasa dada saya seperti kaku rasanya tulang dada saya sakit seperti ditarik ke dalam, nafas normal tidak sesak dan biasanya hanya sebentar 2 menit kemudian berhenti dan muncul lagi.. dan setelah itu kembali normal…
    ini sebenarnya gejala apa ya..saya jadi agak cemas..
    terimakasih

  191. Pak Dok tanya,

    usia 30thn, bb 68 tinggi 168, tidak merokok/minum2. olahraga tiap minggu pagi mulai joging, sepeda, dan aerobik
    sebulan belakangan ini saya sering mengalami nyeri dada kiri dan tengah dari mulai ditusuk2 jarum, sampai disayat dan kadang muncul di dekat tulang rusuk kiri bawah, tapi hanya muncul beberapa saat saja paling lama 10 detik, tidak ada keluhan sesak nafas, tapi cukup sering terjadi terutama ketika saya berganti posisi badan. sebetulnya pas juli 2010 saya juga sempat mengalami penyakit seperti ini, sampai saya di bulan juli sempat cek darah, ekg, dan treadmill dan hasilnya normal. kebetulan pas juli saya juga habis operasi gigi geraham ujung dan dicabut dan sesudah dicabut tidak ada keluhan berarti, hanya sekarang2 ini mulai dirasakan kembali. apakah itu hanya masalah saraf/sendi, atau maag, atau ada hubungan dengan jantung? thanks

  192. Dokter yang budiman,
    Saya laki2 umur 46 tahun, 162 cm/ 67 kg. Saya mempunyai keluha sakit dada di sebelah kiri. Sakit ini terasa sesak dan menekan yang bersifat terus menerus. Sakit ini akan berkurang jika saya istirahat dan tidur. Sakit ini juga disertai dgn perut kembung ( jawa ‘mbesesek’) begitu.

    Beberapa terapi medis pernah saya lakukan, meliputi Ultrasonografi dan endoskopi. Bahkan uji medis jantung sudah sy lakukan meliputi EKG, check enzim, dan juga … kateter.

    Hasil pengujian bahwa jantung saya normal dan sehat. Diagnosa penyakit saya adalah heart burn (GERD). Penanganan medis dilakukan dengan obat antacid dan obat lainnya yang mem-basakan asam lambung. Dengan obat tersebut, lambung saya sembuh dan tidak mbesesk lagi. NAMUN …. sakit di dada saya masih terasa sakit. Sakit ini berlangsung hampir 3 bulan.

    Untuk ini saya mohon advis,
    1. Kira2 apa diagnosa penyakit ini?
    2. Bgmn advis untuk penyembuhannya?
    3. Klau bisa mohon dijelaskan secra sederhana, prosesnya, krn sya awam terhadap masalah kesehatan?

    terima kasih

  193. SAYA JUGA MENGALAMI YG SEPERTI DI ATAS DOK

  194. saya gafar dok usia 34th, sering sekali menagalami nyeri dada, tenggorokan rasa penuh, sakit punggung, sakit lengan kiri… jari2… dan masih banyak lagi…
    say juga bingung ini penyakit apa dok… kadang jantung berdebar kencang, serangan panik tiba2 tanpa ada pemicu…

  195. Dok mohon bantuannya. Umur saya 23th. 5 bln yg lalu saya keracunan krn stress berat dan konsumsi panadol merah 27 butir. Saya langsung opname selama 1 malam. Sejak itu, saya sering mengalami kejadian sbg berikut : tiba2 perut tidak enak, dilanjutkan dg jantung berdebar kencang, sesak nafas, lalu tangan kaki mulai berkeringat dan bila tidak segera mendapat oksigen di ugd, sekujur tubuh saya pelan2 mulai menjadi kaku. Itu terjadi sebulan 1x/2x, dan selalu terjadi pd malam hari. Kemarin saya sudah tes jantung, ekg dan usg, tp kata dokter tsb, tidak ada kaitan antara kejadian keracunan 5 bulan lalu dg yg sering saya alami skrg. Kata dokter tsb saya mengalami kelainan pd otot katup jantung. Pdhl sebelum keracunan saya tidak pernah mengalami keluhan seperti ini. Kira2 apa dokter mengetahui apa kaitannya antara yg sering saya alami skrg dg kejadian 5 bulan lalu itu dok? Krn saya benar2 tidak pernah mengalami ini sebelum saya keracunan 5 bulan lalu, dan saya kok yakin sekali bahwa ada kaitannya. Terima kasih sebelumnya pak dokter…

  196. Asslm. dok
    sy perempuan 23 th. 149/55. saya punya keluhan sudah lebih dari 2 bulan ini: napas sering berat. dada sering nyeri letaknya di atas payudara (kiri -kanan- kiri dekat ketiak,pindah2) hampir setiap hari. tenggorokkan seperti ada lendirnya. sering bersendawa. leher tegang tapi jarang. tapi kalo sedang kambuh lama. pundak seperti ada beban berat -jarang-kambuh kalo napas sangat sesak. rahang kaku (hiang2 timbul dan baru2 ini saja). kepala sakit di bagian belakang bawah-ini kambuh kalo leher tegang. detak jantung cukup sering tidak menentu padahal sedang tidak melakukan aktivitas berat dan semakin tidak beraturan kalo persaan tidak enak. ulu hati juga sakit dan kadang sampai kembung. badan sering lemas (akhir2 ini). mata sebelah kiri tidak nyaman.secara garis besar badan sebelah kiri tidak bisa dibilang tidak enak. kadang suka lemas tangan kirinya. sulit tidur malam,kalo sudah tertidur kadang suka terbangun dan sulit untuk tidur kembali. kadang pada malam hari saat tidur suka terbangun karena menggigil kaki gemetar. tapi setelah minum yang hangat dan disosok dengan minyak menggigil pun hilang dan bisa kembali tidur. terkadang punggung sebelah kiri sakit. tapi jika diurut akan bersendawa dan sakitnya hilang. dan bbrapa hari belakangan ini saya sering tidak enak badan, badan seperti lemas dan merasa melayang.
    sebagai info: sebelum ada keluhan ini saya sering begadang, jarang olah raga. saat ini sy sedang menjalani diet sudah hampir 1 bulan. diet ini juga karna da keluhan ini. selama ada keluhan ini sy juga sedang tidak beraktivitas tinggi. keluhan ini diawali dg nyeri dada kiri saat bernapas. bbrapa hari setelah nyeri itu badan mulai tidak enak, terutama saat sy berpikir yang tidak baik/gelisah.
    dan sy sudah ke dokter 3x.
    dokter I (puskesmas): katanya asam lambung saya tinggi dikasih obat magg dan vitamin.
    dokter II (klinik langganan): katanya saya kurang banyak minum air dan kurang makan sayur hijau.jd sy disuruh banyak minum air putih min 2L dan harus byk makan sayur hijau dan ikan. soalnya saya kurang zat besi. saya dikasih obat magg, biosanbe, idesaar plus, dan 2 obat racikan lain.
    dokter III (puskesmas lg): katanya sy ga knapa2. tapi saya bingung klo tidak ada apa2 knapa sy bisa mengalami keluhan ini? dan ketika sy mnta untuk di EKG, katanya ga usah. sy di kasih obat magg,renitidine, paracetamol dan satu obat racikan lagi. sekarang obat sudah habis. tapi sy masih merasakan nyeri dada dan napas berat juga badan lemas.
    kira2 berdasarkan keluhan sy ini menurut dokter sy sakit apa? dan apa yang harus sy lakukan? apa sy perlu periksa jantung sy krn berdsrkn pencarian d google smuanya menuju sakit jantung? selain itu 2 saudara papa meninggal karena penyakit jantung. trus klo mau periksa sebaiknya kebagian apa ya?
    sebelumnya maaf ya dok..karena tulisan sy panjang..dan mohon jawabannya..
    terima kasih

  197. Nama Saya Jaka Ardita,Umur 17th,
    saya sering nyeri pada dada sebelah kiri, sudah ada dua bulan ini saya sesring kaya gitu
    terkadang diwaktu beraktifitas dada saya sering nyeri dan yang paling sering yaitu saat akan tidur dada saya kadang2 nyeri tapi sebentar-sebentar hilang trus nyeri lagi. saya coba hitung detk jantung sayacuma 50 detakan per menit tapikadang juga 60-65.

    apakah itu gejala penyakit jantung?
    tips nya gimana dok?

  198. saya laki-laki, mau bertanya jika pada payudara saya ada benjolan cuma tidak terlalu besar, jika diraba/tekan agak sakit… lalu terkadang jantung saya berdenyut tidak seperti biasanya…
    kira-kira apa ya dok???

  199. Nama saya Hardiansyah. Jenis kelamin laki-laki. Saya berumur 17 tahun. Berat 46 kg, tinggi 162 cm, tekanan darah normal, mungkin ini membantu.

    Yang saya alami berupa nyeri dada di bagian kiri. possisinya kira-kira 1 jengkal dari bahu, dan satu jari dari tudang dada. nyeri ini terkadang saya alami secara mendadak, seperti ditusuk. Terkadang pula nyeri ini hanya bisa terasa saat saya menarik nafas panjang, terkadang pula nyeri ini muncul begitu saja. Biasanya terjadi sekitar 5 menit hingga 10 menit.

    Setelah seminggu nyeri dada kiri ini terasa, saya mulai merasa nyeri di lain tempat, yaitu di sekitar tulang taju pedang bagian dada, atau di bagian kanan dada saya, tetapi nyeri dio dada kanan ini jarang terjadi.

    saya sudah konsultasi ke dokter, katanya ini hanya karena lambung yang kembung. Mungkin ini benar karena saya orang yang mudah stres dan makan kurang teratur. Tetapi, saya belum benar-benar yakin hanya ini yang saya derita. Saya merasa masih ada penyakit lain yang membuat dada kiri saya ini sakit. Karena posisi nyeri ini tidak berada di sikitar lambung, melainkan mendekati jantung.

    Saya mohon bantuannya sebesar-besarnya. Kalau boleh, jawabannya di kirim ke ponsel atau email saya (sebisa mungkin melalui ponsel). nomor saya 085299446422 . alamat email saya kakkoi.yarou21@gmail.com . Terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga Allah S.W.T. Memberikan anda pahala yang sebesar-besarnya, Amin.

  200. mlm dok..
    sy mo konsul nieh.. blkangn ni dada kanan sy suka ujug2 sakit.. skitny ga nahan.smpe2 nagis,nti ilang.stlh ilang bdn sma lemas.. apa lg,kl da mslh kl sampe nangis.. dada ni kambuh sakkiiiit bgt..
    kira2 knp y dok.
    mksh,sy tunggu jwbny dok

  201. dok,, saya perempuan berusia 19 tahun, BB: 50kg, TB:160 cm..
    saya mau tnya dok,,dada saya kok sering berdebar tanpa sebab ya dok? rasanya sesak sekali seperti ditimpa beban,,nafas saya pun menjadi sesak,lemas dan keluar keringat dingin,, kejadian itu sering terjadi,, saya pernah di EKG dan hasilnya normal,, ituu saya terkena penyakit apa ya dok? terimakasih

  202. Dok,, sy adalah wanita dengn BB 62 kg TB 155 cm.. saya mau tanya Dok,, dada sy koq sering sakit y, pernah melakukan EKG alhamdulillah normal… skg juga batuk2 dokter… sy juga sedang mag,,, apakah karna mag itu y Dok? terima kasih dokter….

  203. Salam.
    Dear dokter,
    Saya laki-laki usia 27 tahun. Sudah 8 bulan ini terasa ada yg mengganjal di dada kiri saya. Awalnya hanya berdebar-debar saja dan ada yg mengganjal di dada bagian kiri, tapi lama kelamaan jd terasa ada yg mengganjal di dada bagian kanan. (saya sudah 2 bulan berhenti merokok). Saya juga sudah di EKG dan hasilnya normal.
    apa yg saya alami, dok?
    apakah ini penyakit/jantung?
    apa yg harus saya lakukan??

  204. (tulisan ini yang benar )
    Salam.
    Dear dokter,
    Saya laki-laki usia 27 tahun. Sudah 8 bulan ini terasa ada yg mengganjal di dada kiri saya. Awalnya hanya berdebar-debar saja dan ada yg mengganjal di dada bagian kanan, tapi lama kelamaan jd terasa ada yg mengganjal di dada bagian kiri. (saya sudah 2 bulan berhenti merokok). Saya juga sudah di EKG dan hasilnya normal.
    apa yg saya alami, dok?
    apakah ini penyakit/jantung?
    apa yg harus saya lakukan??

  205. pak doktr saya berusia 22 thn ,begini dok ,biasa nya saya kalo tidur sukanya tengkurap dan tangan saya di sekitar dada…nah setelah bangun ko tiba2 dada saya nyeri dan leher pun terasa sakit apakah itu penyebab jantung ataw gimana dok…mohon penjelasan nya..trimakasih.

  206. Dok,saat ini saya berusia 16 tahun.Saya kadang sering merasa nyeri di dada sebelah kiri.Saya juga sering berkeringat tidak wajar bahkan di ruangan ber AC.Khususnya di telapak tangan dan kaki sejak kecil.Saya juga sering pusing dan sakit kepala.Juga tanpa alasan,jantung saya sering berdebar-debar seperti gelisah.Jadi apakah gejala yang timbul karena lemah jantung? Trima kasih..

  207. Dok, saya merasakan nyeri dada sudah 6 bulan, lebih sering terasa sakit di bagian kanan atas dan sekitarnya,, terkadang hilang dan timbul, apakah berhubungan dengan sakit perut karna saya memang punya penyakit maag. sudah 2 kali saya melakukan pemeriksaan detak jantung di 2 rumah sakit berbeda kata dokter masih Normal, tapi saya sering merasakan sakit dada, Apa kah i ni penyakit jantung atau bukan?/

  208. mengalami sakit (nyeri) di bagian dada sebelah kiri,itu di akibat kan karena apa?
    dan bagimana cara penyembuhannya.
    terimakasih.

  209. Dok,

    suami saya 35 th, tidak merokok/alkohol, jarang olah raga, 160cm/58kg, sejak 2 tahun lalu jika kadar trigliserida-nya cukup tinggi, (beberapa kali cek lab sekitar 214, 204), nyeri dada sampai terasa menusuk ke belakang, kadang2 keringat dingin, lemas, bahkan kadang mau pingsan, kadang2 ada sesak nafas.th 2008 pernah uji EKG, rontgen, usg jantung, uji treadmill di RS Harapan kita jkt dinyatakan normal.
    Feb 2011 ini karena gejala tsb di atas sering terjadi,dia periksa di RSUD di daerah kami,EKG& rontgen, mnrt dkter dsana, dari hasil EKG dinyatakan dia positif menderita PJK, diresepkan Captopril, ISDN (isosorbid dinitrat) dan Aspirin selama 30 hari.
    pertanyaan saya, apakah diagnosis tsb benar?tiap meminum ISDN, kepalanya pusing hebat&mau pingsan, jadi skrg dy berhenti minum obat2 tsb dan hanya menjalani diet rendah kolesterol.
    tolong dijawab ya dok,
    terima kasih bnyk sblmnya.

  210. saya laki2 berumur 47tn, tb.176 bb 77, akhir2 ini sy mengalami sakit dada sblah kiri dan menjalar kepunggung kiri, sy periksa ke dr.Spd, di ekg hasilnya normal trus siperiksa darah,terutama kolesterol total,hdl, dan asam urat, sngat normal,sblum pemeriksaan darah sy dikasih obat penurun kolesterol dan pelancar darah jantung tapi obatinya ga cocok jadi pusing stelah itu obatnya sy stop, dan dadanya msh suka nyeri, sy putuskan ke dr sp jantung, kmbli sy diekg dan ktnya normal, sy minta ditreadmill, blm sy lakukan smntara itu sy dikasih obat penahan nyeri sm obat angioten 50, yg sy bingung tadinya sy ga pernah sesak skrg ko aga sesek klo sy jogging,? perlu dokter ketahui sy sdh berhenti meroko,kopi, sy olahrawan, tiap hari sy tidak pernh absen jogging,kadang2 sminggu skli renang dan tdk ada mslh dgn pernapasan, yg saya tanyakan apa sy punya penyakit jantung, apa mungkin krna pengaruh obat stlah minum obat ko aga sesek tapi itu klo jogging?, atw mungkin sy harus istirahat dulu jgn olah raga dulu slma minum obat itu? apa mungkin sy kena penyakit refluks gastroesofageal? dan terkhir sy tdk ada ktrnan pnyki jantung.. mohon saranya
    terima kasih sblumnya.

  211. saya wanita berusia 18th, kdang2 saya mengalami sakit dibagian dada kiri/kanan saat saya bernapas tersa sakit dan sesak banget, rasa sakit itu timbul biasanya saya terlalu banyak aktifitas kerjaan/ terlalu banyak beban permasalahn yang saya hadapi & tertkena asap rokok.
    rasa sakit itu seperti tertusuk jarum yg bnyak, sampai saya tidak dpat melakukan apa2.
    saya minta tolong,
    sakit apa yg saya derita ini, harap dijwab segera
    terimakasih.

  212. Saya, seorang laki-laki, satu minggu yang lalu orang tua saya (bapak) meninggal dunia karena sakit jantung, sedangkan ibu mempunyai riwayat penyakit darah tinggi, beberapa hari yang lalu tepatnya malam minggu saya sempat merasakan di dada sebelah kiri perasaan nyeri selama beberapa detik (2 kali) dalam waktu yang tidak terlalu jauh jaraknya, tindakan apakah yang seharusnya saya lakukan dok.

  213. saya seorang laki-laki usia 31 thn, tb165 bb 68 kg, sya pernah merokok selama 4 tahun namun sdh berhenti 6 thn yg lalu, sya menderita sakit di dada sebelah kiri, lengan kiri menjalar ke jari manis dan kelingking bahkan sampai kebelakang klo lg sakit terasa mual bahkan muntah. Sakit ini pertama terjadi thn 2006 langsung sya ke dokter jantung di cek EKG dan Rontgen hasilya NORMAL 1 tahun kemudian kambuh lagi jd saya ke dokter Jantung cek kembali EKG, Rontgen, cek darah dan Treadmil hasilya NORMAL, setiap tahun penyakit ini kambuh trus hingga skitar tanggal 19 April 2011 saya ke dokter penyakit dalam sya cek EKG, cek darah dan Ekokardiogram hasilnya jg NORMAL, menurut doktek penyakit dalam jantung saya hanya kurang listrik krn cemas, sya di ksi obat Pladogrel dan obat tidur masing2 15 butir 1 butir tiap hari ini sdh habis 10 hasilnya masih saja sakit.Dok waktu kecil sya sering jatuh dari Pohon bahkan pernah jg di timpa pohon punggung saya apa jg krn itu ya?.. , Dok Mohon Bantu sya menurut Dokter saya sakit apa? Saya sangat cemas dok, Trims Dok.

  214. Dok.
    saya seorang laki-laki usia 31 thn, tb165 bb 68 kg, sya pernah merokok selama 4 tahun namun sdh berhenti 6 thn yg lalu, sya menderita sakit di dada sebelah kiri, lengan kiri menjalar ke jari manis dan kelingking bahkan sampai kebelakang klo lg sakit terasa mual bahkan muntah. Sakit ini pertama terjadi thn 2006 langsung sya ke dokter jantung di cek EKG dan Rontgen hasilya NORMAL 1 tahun kemudian kambuh lagi jd saya ke dokter Jantung cek kembali EKG, Rontgen, cek darah dan Treadmil hasilya NORMAL, setiap tahun penyakit ini kambuh trus hingga skitar tanggal 19 April 2011 saya ke dokter penyakit dalam sya cek EKG, cek darah dan Ekokardiogram hasilnya jg NORMAL, menurut doktek penyakit dalam jantung saya hanya kurang listrik krn cemas, sya di ksi obat Pladogrel dan obat tidur masing2 15 butir 1 butir tiap hari ini sdh habis 10 hasilnya masih saja sakit.Dok waktu kecil sya sering jatuh dari Pohon bahkan pernah jg di timpa pohon punggung saya apa jg krn itu ya?.. , Dok Mohon Bantu sya menurut Dokter saya sakit apa? Saya sangat cemas dok, Trims Dok.

  215. Pagi dok…

    Saya angel, umur saya masih 17th
    Saya mau nanya, tiba” dada sebelah kiri saya sakit seprti ditusuk” bahkan sampai sulit bernafas karena tiap tarik nafas dada semakin sakit…
    Trs terkadang saya merasakan mual – mual seperti ingin muntah dan terkadang keringatan saat tidur malam…
    Saya sakit apa yaa dok?
    Thx

  216. dok, saya cowok umur 23 tahun.
    akhir2 ini dada kanan saya sakit ketika menelan makanan atau minum, sakitny sampai k rusuk sebelah kanan.
    kenapa dok?apa yg hrs saya lakukan sebelum k dokter?

  217. i

  218. Dok, saya pria umur 35 th,saya merasa kadang2 terasa sakit,clekit2,kadang sesak dan nafas seperti tidak plong langsung masuk ke paru2,tahun 2009 saya foto rontgen paru hasilnya katanya ada bronkitis tapi di salurana nafas, saya dikasih obat selama seminggu masih terasa.
    Kemudian di tahun yang sama saya cek ecocardiografi rujukan dokter jantung malang dan hasilnya bagus dan saat itu saya tidak dikasih obat apa2..kemudian saya biarkan aja kadang terasa kadang hilang..kemudian tahun 2010 saya cek treadmiil rujukan dokter di surabaya dan hasilnya baik juga saya cuma dikasih obat agar otot jantung tidak kaku. Kemudian saya biarkan saja hingga saya memilih ke alternatif tapi terkadang masih terasa hingga sekarang. Terakhir bulan April 2011 kemarin saya ke dokter jantung yang lain lagi di malang dan saya bawa semua hasil cek, dan disana saya diceramahi macam2, katanya saya terlalu banyak mikir yang tidak-tidak ,dan dengan hasil yang sama dan saya tidak dikasih obat ,katanya jantung saya tidak bermasalah dan foto dada saya juga dikatakan bukan bronkitis.
    Tetapi yang saya rasakan, apabila saya merasakan kaki kiri dan tangan kiri seperti lemas ( tetapi saya masih bisa beraktifitas) dada saya terasa nyaman, tetapi apabila rasa tidak nyaman di kaki/tangan kiri hilang,maka ganti dada kiri yang tidak nyaman…..
    Sebenarnya sakit apa saya Dok..Perlu diketahui tahun 2008 saya pernah foto MRI kepala karena sering mumet ,jalan seperti gak nyaman, hasilnya dari foto ada titik2 katanya sel2 saya ada yg mati ( stroke ) tapi dokter tidak tahu penyebabnya dan sampe sekarang saya masih beraktifitas dengan mengabaikan semua itu, dan saya juga jarang pusing tapi untuk rasa lemas di kaki/tangan kiri dan dada kiri masih terasa tidak nyaman secara gantian..trims jawabannya Dok….

  219. Dok, saya wanita 19tahun.
    Saya sering mengalami sakit spt ada yang menusuk di dada kiri, terkadang hingga tembus ke belakang. Dan saat nyeri itu terjadi, rasanya susah untuk ambil nafas panjang dalam2.
    Selama sekolah saya aktif olah raga rutin hampir tiap hari. Tapi 2 tahun ini saya brenti total. dan rasa nyeri itu semakin sering muncul. Tangan dan telapak kaki sering berkeringat sampai sesekali pernah saya lap dg tisu, tisunya lgsg lembek..
    Yang saya khawatirkan beberapa belakangn ini saya sering kecapaian dan sering sekali terasa nyeri di payudara kiri saya, dan siku kiri..
    Kira-kira ini wajar atau tidak dok?
    Trimakasih banyak dok.. Ditunggu balasannya..

  220. Dok, saya perempuan 36 tahun. 3 minggu yang lalu terkena laringitis dan flu batuk, juga maag/radang lambung. Bersamaan dengan sakit itu suka terasa nyeri/ngilu2 di dada, rasanya snut2 /tajam2 gitu, sebentar2 (2-5 detik) trus hilang lagi. Nyerinya berpindah-pindah, kadang di dada kanan, dada kiri, punggung kanan/kiri/tengah, bahu kanan/kiri , otot di bawah ketiak kanan/ kiri, pinggang, kadang2 di daerah tangan dan telapan tangan suka kerasa ngilu juga. Sebetulnya nyeri ini tidak parah, dada/jantung juga tidak berasa berdebar. Saya sempat ikut gerak jalan di kebun teh, 7 km, tetap senam aerobik, tapi tidak sesak nafas, tidak ngos2an banget, tidur tiap malam juga nyenyak. Tapi yang parah, saya jadi cemas membayangkan kemungkinan saya sakit jantung (karena ada nyeri di seputar dada), sudah saya EKG hasilnya normal, tapi belum saya cek dengan EKG treadmill…Was2 ini terus berkelanjutan, maagnya sudah sembuh, tapi tetap saya merasa ngilu2 itu…Sudah cek ke dua dokter, tapi kok masih cemas aja ya dok. Apa psikosomatis ya dok? Atau ada kemungkinan rematik, karena saya tinggal di daerah berhawa dingin? Perlukah minum penenang? Tapi saya takut ketergantungan…Terimakasih banyak.

  221. asslmlaikum
    dok saya brumur 17 th
    sya sudh 5 buln nyeri dada kiri
    skitnya sperti dtusuk tsuk tp hnya sbntar tdk smpai 1 mnit.
    apa sya mmiliki pnyakit jntung?

  222. Dok,sy gdis 14th.dada kanan dan/ kiri sy srg skit.rsanya sperti ditusuk-tusuk.aplgi jika batuk.biasanya sering kambuh pd pagi hari atau malam jam 6 sorean.selain itu,sendi-sendi juga sering ngilu.Dulu sy wktu kls 1 SD pernah terkena bronkhitis.selain itu,waktu sy kls 1 SMP sya kalo lari cepet.tapi sekarang kalau lari lambat,sering sulit bernafas dan dada serasa tertusuk-tusuk.Alm. kakek saya pernah punya penyakit dengan paru-paru.Melalui ciri-ciri tsb,kira-kira saya sakit ap y dok?n bagaimana cara mengatasinya??trims banyak

  223. dok,saya laki2 umur 29 th bb 63 ! sering nyeri di dada kiri n nafas tersengal sengal apakah itu gejala jantung ! pernah k dokter trs katanya asam lambung tinggi,benar ga dok ! thanks,saya hanya ingin memastikan saja..

  224. Terima kasih dok.. saya selalu tidak sempat untuk ke dokter..
    setelah membaca postingan ini cukup membuat saya lega, karena bukan tidak sampai sakit antung

  225. thank you,

  226. Dok,tolong beritahu saya donkk apa sebenarnya penyakit saya ini…
    Saya cowok ,dada saya sebelah kiri membesar,lain dengan yg sebelah kanan,rasanya nyeri,detak jantung g tratur g’ tau kenapa.
    Tolong bantu saya ya Dok….!
    Plzzz,…….

    Kalau benar2 membesar dengan detak jantung yang tidak teratur, ada baiknya kontrol ke spesialis jantung..

  227. Dok, tadi malam waktu saya menjagrak sepeda motor saya dengan jagrak tengah, karena ada sedikit masalah, saya melakukannya cara yang sedikit berbeda dan waktu saya mengangkat sepeda motor, langsung terasa nyeri di dada sebelah kanan seperti di tekan oleh sesuatu, apakah ini kondisi yang berbahaya dok? usia saya 23 tahun, dan bb saya mungkin 100 (saya gak pernah timbang dok). terima kasih sebelumnya.

    Sepertinya terkait dengan nyeri otot Mas.. Insya Allah gpp.

  228. dok, saya mau tanya dibagian bawah payudara atau ulu hati saya terasa sakit sekali kadang disertai sesak, sering berdebar-debar, sakitnya sampai tembus ke tulang belakang saya. Tulang belakang sering terasa sakit dan panas sekali, sering mual-mula juga tetapi tidak sampai muntah. Kira-kira menurut Dokter apa yang sedang saya alami ini ya dok?
    Apakah itu bisa dikatakan sakit jantung, liver, hati atau paru-paru? Mohon informasinya, terima kasih sebelumnya (usia saya 30 tahun)

    Dengan jenis kelamin wanita dan usia 30 tahun, kemungkinan penyakit jantung koroner cukup kecil. Mungkin lebih cenderung karena magg. Utk pastinya silakan ke dokter

  229. Makasih dor artikelnya sangat berarti buat saya…oh ya dr saya adalah salah satu pasien anda.oh dlm kesempatan kali ini saya jg mo bertanya kmrn saya berobat ke dr tensi saya 180/110 trs dari hasil rekam jantung katanya terlihat cepat tak beraturan trs krn sy terbatas keuanganya akhirnya dr memberi resep bisoporol amplodibin dan catropil 50mg,yg mo sy tanyakan ternyata setelah minum catropil saya batuk,ini gmn ya??????

    Pro Bu Hesti : Captoprilnya bisa dihentikan dulu. Nanti diganti dg gol lain.

  230. saya perempuan 16thn, 45kg, 149cm
    saya merasa sakit di dada tengah saat tari napas, sakitnya menusuk-nusuk, dan tidak ada keluhan lain sprt mual, sesak napas, dsb

    saya kenapa ya dok?
    bagaimana cara mengatasinya?
    terima kasih

    Nyeri dada saat menarik napas bisa disebabkan banyak hal. Yang tersering gastritis atau maagg, dan penyakit paru dan nyeri otot. Tapi bukan jantung. Coba konsultasi dg dokter ya…

  231. saya perempuan 28thn T165 B50kg. sudah beberapa hari ini suka sesak nafas terlebih kalau di tempat dingin, kena AC mobil langsung sesak nafas seluruh dada sakit tp stlh AC dimatikan sakitnya hilang. tadi pagi saya minum kopi 1 cangkir dan merokok dada kiri saya langsung nyeri pdhl saya hampir tiap hari minum kopi max. 1 cangkir dok. nyeri di dada kiri cukup lama tpi nafas normal. di dekat ketiak sblh kiri juga ngilu kalau digerakan dan di otot dua pangkal paha saya jg nyeri. saya perokok dok tpi tdk berat 5-6 batang sehari. kadang minum alkohol seminggu 1x atau 2x dicampur soda. sering pulang malam krn pekerjaan . waktu kecil pernah kena bronchitis tpi sembuh total.

    blm lama ini saya juga kena maag akut dok sampai keringat dingin sesak nafas kalau malam tpi ke dokter dan sembuh. pertanyaan saya :
    1. saya kenapa ya dok apa ada gejala jantung atau paru tpi saya tidak batuk2
    2 .apa beda maag akut sama gejala sakit jantung dok ..

    Jawab : 1. Belum bisa dipastikan. Ada arah ke kelainan paru. Coba berhenti merokok. 2. Maag akut sering membaik dengan makanan atau obat maag..

  232. dok.. saya pria 27 th, tb 183 bb 85 kg, setiap sore saya sering fitness , saya tidak merokok , dalam 4 hari belakangan ini dada kiri atas saya nyeri dan tidak hilang – hilang. nyerinya tidak begitu parah tapi mengganggu kegiatan saya, saya takut ini penyakit jantung, dalam bernafas saya biasa saja…. nyeri ini hilang hanya setelah bangun tidur saja

    Coba konsultasi dengan dokter Mas. Dari keluhan sepertinya tidak mengarah ke serangan jantung.

  233. Ass.dok sya upy umur 22 thn,ud lama dgn tiba2 jantung berdetak kncang tp bila mngatur prnafasan bsa normal lg,trkadang dada sebelah kiri sperti di ikat2 benang bila menarik nafas dalam,dan bila d gerakan k kanan k kiri dadanya timbul bunyi seperti nafas,,it penyakit apa ♡≈Ўªãª≈♡ :) dok,mohon balasanya,trimakasih

    Denyut jantung tidak teratur dan nyeri dada memang bisa berasal dari kelainan jantung. Silakan ke dokter jantung untuk periksa ya..

  234. dok… saya seorang ibu rumah tangga 40 thn, pada saat saya menjemput anak sekolah menggunakan motor, pada wkt itu pas hujan, jadi saya merasa keninginan sekali, tiba2 dada tengah saya terasa sakit hingga tembus kebelakang, rasanya seperti tertimpa benda yg sangat berat sehingga saya sulit sekali bernafas, berapa menit kemudian hilang, tetapi malam saat saya buang air besar terjadi seperti itu lagi… penyakit apa itu yah dok….terima kasih sebelumnya…

    Bu sinta, saya kira ada baiknya Ibu periksa ke dokter jantung terdekat. Gejala yang Ibu rasakan mirip dengan gejala Angina Pectoris. Nanti akan ditindaklanjuti.

  235. Mat sore dok…nama saya aldi,umur 26thn,bb 76kg,tinggi 163,saya mau tanya dok da hampir 4 bulan ini dada kiri saya sakit,sktnya biasa sj tdk menghmbat aktifitas saya,tapi sakit yg kualami ini 3minggu terahir jd menimbulkn dahak berdara,ingus2san,ud tes TB hsilny negatif,ud poto ronxen dr blng tdk apa2,uda tes darah hasilnya normal,pertanyaan saya kira2 saya kena penyakit apa dok,pernh diblng mngkn kesseleo at slh urat ko sampe menjalani 5 bln ni g ad perobahan,uda dipijit,g ad jg perobahan,dan kira2 saya hrs tes ap lg dok sp sy dpt hasil tentang penyakit saya ini,ap mungkin saya kena penyakit jntng mohon penjelasannya?mksh

    Agak jarang usia 26 th dg penyakit jantung koroner. Tapi bisa saja. Nyeri dadanya bisa juga karena jenis penyakit jantung yg lain. Silakan ke dokter jantung utk diperiksa. Minimal akan dilakukan tes EKG. Option lanjut adalah echocardiografi dan tes treadmill.

  236. Dok, sy pria 23th. sewaktu kecil, sy pernah didiagnosa jantung lemah. sekarang, kadang dada kiri saya terasa rada sakit dan sudah berlangsung berbulan2 yang lalu. telapak tangan saya juga selalu berkeringat. menurut dokter ini penyakit apa? dan apakah jantung lemah bisa disembuhkan secara alami? txs

    Saya kira yang terpenting menegakkan diagnosa Anda. Siapa tahu bukan penyakit jantung. COba ke dokter spesialis jantung terdekat..

  237. Malam Dok,
    Suami saya 42 thn mengalami sakit dada kiri hampir setahun lalu. Setelah pemeriksaan jantung mulai ekg, treadmill, echo, scan sampai kateterisasi sudah dijalani. Hasilnya ada penyempitan tapi sangat ringan. Hanya saja bentuk otot jantungnya ada yg menekuk/membelok jadi kemungkinan itu yang menyebabkan sakit.
    Sampai sekarang suami masih merasakan nyeri dada kiri yang hilang timbul tetapi lokasinya tetap di satu titik. Hal ini menimbulkan kecemasan mengingat beberapa waktu lalu ada artis dengan pemeriksaan jantung normal tetapi meninggal karena serangan jantung. Saya ingin memeriksakan kemungkinan sakit lain selain jantung tetapi saya bingung harus ke dokter spesialis apa. Mohon sarannya. Terima kasih.

    Jika sudah pemeriksaan lengkap masih nyeri dada, salah satu kemungkinan adalah dari faktor psikis..

  238. Dok. Awalnya kolesterol saya 251 akan tetapi skrg 127. Apakah kolesterol yg terlalu rendah berbahaya utk jantung? Krn stlh olah raga dada kiri sakit. Sdh 2x ekg hsl normal dan tdk ada penyumbatan. Apakah dgn ekg saja dpt diketahui ada penyumbatan attau tdk. Terima kasih Dok.

    Kolesterol rendah tidak berbahaya utk jantung. Dan EKG saja tidak cukup untuk melihat penyumbatan. Coba konsultasi ke dokter jantung terdekat.

  239. Malam dokter, 2 minggu lalu dokter memberi saya CPG75, pada hr ke 7 dada saya sakit dan paginya bgn kepala berat dan pusing. Hr ke 10 saya kena takikardi. Saya sdh bhenti mengkonsumsi cpg. Tapi sampai hari ini dada saya msh sakit. Apakah itu efek dr cpg atau jantung saya bermasalah. Hsl ekg normal. Apa yg dimaksud waktu parüh obat? Makasih dökter

    Pasti ada alasan mengapa dokter memberikan CPG. Coba konsul ke dokter yg memberikan agar dipertimbangkan ulang.

  240. Siang dok

    Sejak pagi ini dada kiri saya kadang suka nyeri, hanya beberapa detik lalu hilang, tapi sampai siang ini masih terasa nyeri (beberapa detik) lalu hilang lagi, apakah ini tanda penyakit jantung

    Insya Allah bukan Pak. Biasanya nyeri dada karena jantung berlangsung lebih lama..

  241. Dok.. istri saya (33th) mengalami pembengkakan jantung setelah melahirkan anak ke-3. Mengalami sesak napas dan kaki bengkak setelah 2 bulan lahiran. Pembengkakan pada kaki, perut, dikarena darah/cairan dalam tubuh tidak tersirkulasi dengan baik. Paru2 sudah mulai kemasukan cairan. Istri saya di opname, diberi obat lavik utk mengeluarkan cairan tersebut. dan juga dilakukan test Echo dimana hasilnya dibawah 35. Hasil dibawah 35 apa bisa dibilang kritis dok? apa perlu istri saya dimasukan kedalam ruangan observasi atau bagaimana dok? mohon penjelasan dok, terimakasih

    Hasil EF kurang dari 35% menunjukkan kalau fungsi jantung menurun. Dokter jantung akan menilai kondisi klinis istri Bapak. Jika memang perlu, pasti akan dipindah ke ruang intensif.

  242. Dok,saya pria 30 tahun,punya kbiasaan begadang malam di depan komputer. Kebetulan komputer saya di ruang terbuka. Skitar sebulan lalu saya begadang sampai jam 2 malam,dalam kondisi tidak pakai baju dan terkena angin malam langsung yg dingin. Besoknya dada kiri saya suka nyeri. Bentuk nyerinya spt sengkrang2, atau clekit. Lokasinya pindah2, kadang di bag atas,di samping dkt ketiak,di tengah,ato dada bawah,tapi smua di dada kiri.Pernah juga dada kanan,tp jarang. Durasi muncul nyeri ada yg sesaat,ada yg bbrp menit (5 menit mngkin),setelah itu hilang. Tapi frekuensi munculnya cukup sering,tiap hari pasti muncul. Selama 1-2 minggu tiap hari saya minum tolak angin (2x) dan Pharmaton F (1x),nyerinya berangsur2 hilang. Tapi sampai sekarang kadang di dada kiri msh muncul,tp sudah jarang,tidak tiap hari,dan hanya bbrp saat. Itu kenapa ya dok?

    Oh ya,saya tidak merasakan gejala lain spt nafas sesak,dada tertekan,keringat dingin,atau mual,dll. Hanya saja saat saya ketakutan berpikiran kalau jantung saya terganggu,baru deh muncul keringat dingin dan mual, tp stelah ketakutan itu hilang,keringat dan mualnya juga hilang. Apakah ada hub dengan jantung dok? Atau kira2 sakit dada karena apa?
    Terima kasih dok.

  243. sore dok.
    maaf sblmnya mengganggu.
    saya ingin bertanya..
    sudah lama sekali saya mengalami salit dada dibagian kiri.. kadang rasa sakit itu benar” menikam..
    hingga skrng saya sedang mengalami.
    jantung saya berdetak disertai rasa nyeri didada.
    kepala saya akhir” ini rasa sakit yg begitu hebat, berat serasa ditusuk”, mual, tubuhpun lemas dan jika disuruh berjalan kadang saya hilang keseimbangan.
    kalau boleh tau saya sedang mengalami apa ya dok? terimakasih..

  244. Selamat mlm Dok, saya Erliana usia 22th.
    Mau tanya ini Dok, bbrp hari ini saya merasa nyeri di dada, rasanya sakit spt menahan tangis tp nafas saya normal. Nyeri di dada sblh kiri dan tembus smpai punggung dan rasanya perih spt ditusuk. Tenggorokan tidak ada gangguan, denyut jantung 90bpm. Nyeri akan sedikit berkurang ketika sendawa. Kira2 knp ya Dok?
    Apa karena banyak pikiran atau ada kaitannya dg aktifitas jantung?
    Mohon untuk segera dibalas dan diberi penjelasan supaya saya lebih tenang.

    Trimakasih dokter, saya tunggu balasannya.

  245. Salam dokter…sy ingin brtanya apkh sy mndeita pnykit jantung..sy wanita 26tnn bb 70tb 168..akhir2 ini trasa nyeri dada sebelah kiri sprti terbakar kdng sprti kejutan listrik biasanya nyeri ini hanya 2 – 5 mnit tp kmrn trasa hampir sepanjang hari saa beraktivitas..nyri dada ptma kali saat umur 23.. Hasil ekg di dokter umum adlh rbbb 1 incomplete..umur 24 sy ekg
    lg 2 kali dan hasilny tidak apa2 kmgknn hny gangguan ira..sy diberi vit b

  246. Saya pernah merasakan nyeri di dada sblah kiri saya selama 5 hr 5 mlm. Nyeri sakit nya sprti dicubit pelan aja. Setelah itu saya gampang lelah, dan irama jntung saya lumayan cpt. Saya mw tnya dok, apakah itu trmasuk dlm kategori pnykit jntung? Trimakasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 811 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: